3 manfaat utama perusahaan melakukan CSR

Terutama! Inilah 3 Manfaat Penerapan CSR di Perusahaan

Bagi pelaksana bisnis dan perusahaan, CSR yang merupakan singkatan dari Corporate Social Responsibility tentunya bukanlah suatu hal yang asing. Seperti terjemahan harafiah dari namanya, CSR merupakan bentuk tindakan tanggung jawab dan komitmen dari perusahaan terhadap sosial dan lingkungan di sekitarnya.

CSR ada sebagai wujud timbal balik yang seharusnya bersifat saling menguntungkan antara perusahaan, sosial, dan lingkungan. Begitu pentingnya CSR, sehingga menjadi standar dan kriteria bagi para investor untuk mempertimbangkan investasi-nya pada sebuah perusahaan. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat CSR bagi perusahaan? Simak pembahasan-nya berikut ini.

Manfaat Utama Penerapan CSR di Perusahaan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kegiatan CSR merupakan kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan. Pentingnya CSR ini disebabkan oleh manfaat-manfaat yang dihadirkan-nya begitu terasa bagi keberlangsungan perusahaan. Berikut ini 3 manfaat penerapan CSR bagi perusahaan:

1. Sarana branding untuk memberikan image yang baik bagi perusahaan

Manfaat penerapan CSR di perusahaan akan terasa apabila diterapkan dan dijalankan dengan maksimal. Pertama yaitu mendapatkan reputasi yang baik. Reputasi yang baik didapatkan oleh pengakuan banyak pihak. Pengakuan orang banyak terhadap baiknya suatu perusahaan merupakan suatu keuntungan besar yang memiliki dampak jangka panjang.

manfaat penerapan csr di perusahaan
SUmber gambar: Becakmabur

Perusahaan yang dinilai baik akan mendapatkan kelancaran dalam berbagai pengurusan administrasi dan berbagai hal lainnya yang berurusan dengan banyak pihak. Selain itu, citra positif yang dihasilkan dari menjalankan kegiatan CSR di perusahaan akan meminimalisir hambatan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

2. Membuka banyak peluang kerja sama dengan berbagai pihak

Manfaat penerapan CSR di perusahaan yang kedua yaitu membuka banyak peluang kerja sama dengan berbagai pihak. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Sebagai contoh, salah satu kegiatan berbasis CSR yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah ikut ambil andil dalam pengembangan masyarakat. Maka, tercipta-lah kesempatan untuk berhubungan langsung dengan masyarakat lewat tindakan langsung yang diambil, misalnya penyelenggaraan training atau pelatihan kerajinan berbahan baku lokal bagi masyarakat sekitar.

penerapan csr di perusahaan
Sumber Gambar: Tribun Batam

Contoh lainnya adalah dengan memanfaatkan peluang untuk menjalin kerjasama dengan produsen bahan baku lokal berkualitas yang menjunjung tinggi nilai lingkungan hidup. Dengan melakukan hal ini, perusahaan sudah turut serta dalam menjaga kelangsungan lingkungan hidup, sambil memaksimalkan sektor ekonomi perusahaan.

3. Sarana peran serta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, perusahaan yang menjalankan CSR berarti telah berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Mengapa demikian? Salah satu unsur penting dalam CSR adalah lingkungan. Karena itu, tentunya beberapa kegiatan-kegiatan berbasis CSR yang dilaksanakan akan mengusung tema lingkungan.

jasa penyusunan sustainability report
Sumber Gambar: Glints

Sebagai contoh, beberapa kegiatan CSR yang dapat dilakukan oleh perusahaan terkait lingkungan adalah pembangunan lahan, program penghijauan, dan pengelolaan limbah. Pembangunan lahan dapat berfokus pada lahan bekas daerah operasional perusahaan, atau mungkin lahan milik masyarakat yang kemudian dijadikan ruang hijau yang dapat dimanfaatkan bersama oleh publik. Hal tersebut sudah merupakan contoh penerapan CSR pada perusahaan.

3 hal yang sudah disebutkan di atas merupakan manfaat langsung yang dapat dirasakan oleh tidak hanya pihak perusahaan, namun juga pihak masyarakat, lingkungan, dan segala yang terlibat di dalamnya. Karena itu, CSR sangat wajib untuk dijalankan dengan semaksimal mungkin.

Kegiatan CSR pada perusahaan tentunya tidak lepas dari Sustainability Report, dimana pada akhirnya, ketika CSR yang dijalankan dievaluasi, akan ada penilaian apakah kegiatan tersebut terhubung dengan hal-hal yang sustainable atau tidak. Apabila tidak, maka penilaian yang diberikan tidak akan maksimal terhadap perusahaan.

Untuk itu, diperlukan partner yang dapat membantu Anda dalam penyusunan Sustainability Report. Dengan mengunjungi website kami di soocadesign.com, maka Anda dapat dengan mudah memperoleh penawaran jasa penyusunan sustainability report yang terpercaya.

Selain berpengalaman di bidangnya, SOOCADESIGN memiliki banyak tenaga ahli dan profesional untuk menghasilkan Sustainability Report BPR dan pembuatan pedoman GCG perusahaan yang sangat penting dalam Sustainability Report.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi sekarang dan dapatkan penawaran jasa penyusunan sustainability report spesial dari kami!

GRATIS Mini Course

Kategori