Cara Efektif Meningkatkan Peringkat PROPER Perusahaan (jasa penyusunan sustainability report)

Cara Efektif Meningkatkan Peringkat PROPER Perusahaan

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Public Disclosure Program for Environmental Compliance) atau yang lebih sering dikenali dengan istilah PROPER adalah suatu program yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Program ini bertujuan untuk membuat perusahaan bergerak aktif dalam upaya pengelolaan lingkungan. Dikeluarkan pada tahun 1995, PROPER digagas sebagai salah satu strategi negara untuk menjalankan good governance. 

cara efektif meningkatkan peringkat PROPER perusahaan
Sumber Gambar: Synersia

Dalam penilaian-nya, PROPER mengandalkan 2 kategori sebagai kriteria utama. 2 kriteria tersebut adalah penilaian ketaatan dan penilaian lanjutan. Untuk meningkatkan peringkat PROPER perusahaan, 2 penilaian ini tentu tidak boleh dianggap sepele. Untuk itu, simak tabel di bawah untuk mengetahui detail masing-masing kriteria yang sudah disebutkan tersebut. 

No.  Penilaian Ketaatan  Penilaian Lanjutan 
1.  Pengendalian pencemaran (terdiri dari pencemaran udara, air, dan air laut)  Program pengurangan emisi 
2.  Pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)  Implementasi 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) pada limbah B3 dan limbah non B3 
3.  Dokumen administrasi lingkungan perusahaan  Efisiensi energi 
4.  Potensi kerusakan lahan  Pengembangan masyarakat 

Faktor-faktor yang dinilai pada penilaian lanjutan mungkin saja mengalami tambahan selain dari yang tertera pada tabel di atas. Sebab, penilaian lanjutan didasarkan pada diskusi oleh berbagai pihak terlebih dahulu, di antaranya pemerintah terkait, badan atau asosiasi industrial, perusahaan terkait, Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM, dan dewan pertimbangan.  

cara efektif meningkatkan peringkat PROPER perusahaan
Sumber Gambar: Synersia

Setelah melewati proses penilaian yang cukup panjang, perusahaan akan diberikan peringkat sesuai dengan hasil penilaian yang sudah dilakukan. Peringkat-peringkat tersebut terdiri dari Emas, Hijau, Biru, Merah, dan Hitam, dengan peringkat Emas sebagai peringkat tertinggi. Memiliki reputasi peringkat Emas dalam PROPER merupakan suatu pencapaian yang sangat berarti. Sebab, itu berarti perusahaan sudah melaksanakan tanggung jawabnya dalam berperan aktif menjaga dan mengelola lingkungan serta konsisten berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya.  

cara efektif meningkatkan peringkat PROPER perusahaan

cara efektif meningkatkan peringkat PROPER perusahaan
Sumber Gambar: dislh.sumutprov.go.id

Cara Efektif Meningkatkan Peringkat PROPER Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu PROPER, lantas bagaimana cara efektif meningkatkan peringkat PROPER perusahaan? Sebenarnya ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan, namun kami akan merangkumnya ke dalam dua bagian. Diantaranya sebagai berikut: 

1. Penerapan Eco-Efficiency 

cara efektif meningkatkan peringkat PROPER perusahaan
Sumber Gambar: iStock

Eco-efficiency adalah sebuah program yang mengusung konsep efektifitas dan efisiensi ekonomi dalam berjalannya perusahaan dengan berbasis ramah lingkungan (eco-friendly). Konsep ini juga dapat disebut sebagai strategi gerak perusahaan untuk dapat menghasilkan produk yang lebih optimal atau lebih baik dari sebelumnya, dengan meminimalisir penggunaan sumber daya alam dan energi (menghindari penggunaan sumber daya alam dan energi yang berlebih). 

Faktor yang dijadikan parameter dalam konsep ini adalah lingkungan, organisasi, dan ekonomi. Tiga hal ini akan saling berkaitan satu sama lain, yang mana organisasi memegang peranan paling penting dalam menjamin berjalannya konsep ini dengan baik dan benar. Secara singkat, konsep eco-efficiency yang berhasil akan membawa perusahaan mengalami kemajuan secara ekonomi dan organisasi, tanpa membawa kerusakan pada lingkungan, bahkan membuat lingkungan menjadi lebih baik.  

Salah satu contoh nyata dari konsep ini adalah pembuatan instalasi pengolahan limbah terpadu di perusahaan industri pabrik dan sejenisnya. Adanya instalasi pengolahan limbah akan mengurangi polusi lingkungan sekitar. Bahkan, instalasi pengolahan limbah dengan teknologi terbarukan dapat membawa perusahaan melakukan daur ulang dengan rekayasa produksi, sehingga aspek ekonomi dalam bahan baku dapat diminimalisir yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya ekonomi perusahaan.  

2. Program Efisiensi Energi dan Pengurangan Emisi 

jasa penyusunan sustainability report
Sumber Gambar: Environment Indonesia Center

Secara garis besar, program ini digerakkan untuk berperan serta dalam memerangi dampak negatif perubahan iklim. Efisiensi energi yang dimaksud tidak jauh dari hal-hal sederhana seperti meminimalisir penggunaan air, listrik, dan energi lainnya ketika tidak sedang digunakan. Selain itu, dorongan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi bermotor, penggunaan tas daur ulang yang re-usable (dapat dipakai berkali-kali), pengolahan limbah asap, dan sebagainya juga menjadi tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peringkat PROPER perusahaan. 

Setelah menyadari betapa pentingnya meningkatkan peringkat PROPER perusahaan, perusahaan akan saling berpacu untuk bergerak demi mencapai kriteria yang diinginkan. Penyusunan PROPER tidak jauh lepas dari penyusunan Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan.

Dalam hal ini, SOOCADESIGN merupakan pilihan terbaik Anda. Hanya dengan mengunjungi website kami di soocadesign.com, maka Anda akan dengan mudah memperoleh penawaran menarik dalam jasa penyusunan Sustainability Report. Hubungi kami segera dan tingkatkan peringkat PROPER perusahaan Anda sekarang juga! 

GRATIS Mini Course

Kategori