Pedoman GCG, Harus Diterapkan!

Sebagai Tim profesional penyedia jasa pembuatan buku Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang baik (GCG),
Sooca menyediakan layanan terlengkap dan terbaik meliputi Konsultan Penyusunan, art directing, layouting, design, copywriting, translate & print.
Lengkap & Terintegrasi

 – MENGAPA PERUSAHAAN MEMBUTUHKAN GCG? –

“Banyak perusahaan terpuruk karena tata kelolaannya yang buruk.

Akibatnya, minat investor dan kepercayaan pelanggan menurun.

Tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance adalah sebuah struktur & mekanisme yang mengatur manajemen perusahaan untuk menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang dan berkelanjutan bagi pemegang saham dan stakeholder.

Penerapan GCG berkontribusi dalam meningkatkan kinerja, mengarahkan, mengendalikan serta memastikan bahwa perusahaan dikelola dengan baik dalam segi proses, prosedur maupun kebijakan yang dilaksanakan sesuai dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas.”

PRINSIP TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GCG)

Penerapan GCG di Indonesia

Mengacu pada data laporan World Competitiveness Report periode Mei 2015, penerapan GCG di Indonesia berada pada urutan ke 59 dari total 60 negara yang telah di survei sebagai negara-negara yang mendukung penerapan GCG secara baik. Dalam upaya peningkatan GCG di Indonesia, pada tahun 1999 BUMN telah menetapkan agenda penerapan GCG di tanah air. Agenda tersebut mencakup penetapan kebijakan nasional, penyempurnaan kerangka nasional dan pembangunan inisiatif sektor swasta. Penerapan GCG di Indonesia semakin di dukung oleh keberadaan Komite Nasional Kebijakan Governance yang pertama kali diresmikan oleh Presiden BJ Habibie pada tahun 1999. KNKG dibentuk atas dasar keputusan Menko Ekuin Nomor: KEP/31/M.EKUIN/08/1999 dan telah mengeluarkan pedoman GCG pertamanya. Tujuan dari penerapan GCG di Indonesia ini adalah untuk semakin menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi secara berkesinambungan.

TAHAP-TAHAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE

  • Awarness Building (Pembangunan kesadaran pada pentingnya GCG dan membangun komitmen bersama dalam penerapannya)
  • GCG Assesment (Pengukuran kesiapan perusahaan dalam pada masa sekarang untuk melakukan penerapan GCG)
  • GCG Manual Building (Penyusunan GCG secara manual yang dapat dibantu oleh tenaga ahli independen dari luar perusahaan)
  • Sosialisasi (Memperkenalkan aspek-aspek yang terkait dengan implementasi GCG kepada seluruh anggota perusahaan dibawah pengawasan direkrut utama)
  • Implementasi (Melakukan kegiatan yang sejalan dengan pedoman GCG dan bersifat top down approach yang melibatkan dewan komisaris dan direksi perusahaan)
  • Internalisasi (Tahap jangka panjang dari implementasi. Upaya ini memastikan bahwa penerapan GCG terlaksana secara efektif dalam keseluruhan aktivitas perusahaan)
  • Dilakukan secara teratur dari waktu ke waktu untuk mengukur efektivitas dari GCG yang telah dilakukan oleh perusahaan. Bisa melalui audit implementasi dan scoring dari pihak independen maupun perusahaan konsultan. Proses evaluasi juga dapat dilakukan secara mandatory seperti yang sudah diterapkan pada lingungan BUMN.

Tata Kelola Sumber Daya Manusia

Selain tata kelola perusahaan, pengelolaan SDM juga menjadi bagian penting dalam mewujudkan organisasi / perusahaan yang bergerak pada arah visi, misi, dan tujuan yang sesuai. Apabila dikelola dengan baik, Sumber Daya Manusia dapat menjadi rangkaian penentu efektivitas organisasi tersebut mencapai visi, misi, serta rencana tujuan di masa depan. Untuk mendukungan kapasitas SDM, setiap perusahaan memerlukan pedoman dan rujukan dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia. Usaha peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh melalui pelatihan dan pembuatan buku pedoman tata kelola Sumber Daya Manusia.

Sooca Design

Kami Hadir Menyediakan Solusi Kebutuhan Jasa Pembuatan Pedoman Tata Kelola Perusahaan & Pedoman Tata Kelola Sumber Daya Manusia Terbaik Untuk Anda!

Anda terlibat dalam tim pembuatan Buku Pedoman Tata Kelola Perusahaan atau Buku Tata Kelola Pedoman Karyawan / SDM ?

Tentu melibatkan agency, konsultan, maupun tim profesional akan membuat pekerjaan dapat selesai lebih cepat dengan hasil maksimal?

Serahkan saja pada Tim Ahli!

Sooca Design telah memiliki lebih dari 9 tahun pengalaman dalam industri penyusunan buku internal perusahaan.

Dikerjakan oleh tim kreatif yang profesional, Sooca Design siap membantu segala kebutuhan pembuatan buku pedoman tata kelola perusahaan / tata kelola SDM untuk perusahaan Anda.

 

Hal yang Sering Ditanyakan

Mungkin Anda memiliki pertanyaan yang sama? Please kindly check these.

Layanan apa yang ditawarkan Sooca?

Sooca Design menyediakan jasa penyusunan, penulisan, desain, translate, fotografi dan cetak. Buku Pedoman Tata Kelola Anda akan menjadi buku yang tidak cuma sebagai syarat, namun juga berfungsi sebagai pedoman untuk diimplementasikan

Berapa lama durasi pengerjaan buku pedoman tata kelola perusahaan?

Beri kami cukup waktu untuk menghasilkan karya yang tepat untuk kemajuan bisnis dan marketing Anda, kurang lebih 3 minggu, maksimal 1 bulan, tergantung pada load pekerjaan, dan tentu bergantung pada ketersediaan data yang akan masuk kedalam pedoman tata kelola perusahaan / SDM.

Dimana lokasi studio Sooca Design?

Kami dapat mengerjakan project Anda dari mana saja. Kantor kami berlokasi di Jakarta, Semarang dan Surabaya. Tim kami paling banyak berkantor di Semarang, namun jangan sungkan jika hendak bertemu tim kami di Jakarta atau Surabaya.

note: pada masa pandemi, kami menerapkan protocol kesehatan dengan memaksimalkan teknologi komunikasi jarak jauh (phone, chat WA, email, video conference, dsb)

Bagaimana sistem pengerjaannya?

Pengerjaan dilakukan di kantor pusat, untuk proses review dapat dilakukan secara online.

Berapa batas revisi maksimal yang diberikan?

Kami menyediakan revisi tanpa batasan jumlah namun kami sangat mempertimbangkan waktu pengerjaan. Kami berkomitmen untuk memaksimalkan waktu pengerjaan, kami harap Anda juga demikian.

Berapa harga yang ditawarkan Sooca Design?

Kami menawarkan harga sesuai kebutuhan yang ingin dipesan oleh perusahaan. Detail rinciannya kami sertakan pada proposal penawaran setelah lingkup pekerjaan kami dapatkan

Apakah bisa meeting di luar kota?

Saat ini kami berusaha untuk memaksimalkan media komunikasi modern agar lebih efisien. Akan tetapi, meeting di lokasi yang Anda kehendaki juga masih memungkinkan, asalkan sudah membuat janji terlebih dahulu minimal 2 hari sebelumnya, serta pertimbangan urgensi dan ruang lingkup projectnya.

Siapa konsultan pembuatan Pedoman GCG dan Konsultan Panduan SDM?

Kami bekerjasama dengan Profesional di bidangnya masing-masing. Kami akan mengirimkan CV tim yang terlibat nantinya, bersamaan dengan proposal penawaran, setelah data kebutuhan dan lingkup pekerjaan kami peroleh.

Apakah Konsultan GCG dan Konsultan SDM adalah orang yang sama?

Tidak, kami menerapkan right men in the right place, kami menjalin kerjasama dengan tim profesional di bidangnya, baik untuk Pedoman GCG maupun untuk Buku Pedoman Karyawan.

Bidang Industri yang Telah Ditangani

List Icon Design 01 soocadesign scaled

Butuh Jasa Pembuatan Tata Kelola Perusahaan / Pedoman Tata Kelola Sumber Daya Manusia? Temukan Disini!