Pentingnya Sustainability Report Bagi Perkembangan Perusahaan

Laporan keberlanjutan atau yang lebih dikenal sebagai Sustainability Report merupakan sebuah laporan yang wajib disertakan perusahaan sebagai salah satu administrasi agar terhindar dari permasalahan sosial dan lingkungan. Laporan ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, dan dievaluasi setiap tahun.

Sustainability Report juga hadir sebagai wujud transparansi perusahaan atas kegiatan-kegiatan operasional yang dilakukannya kepada masyarakat sosial di lingkungannya. Melalui laporan ini, perusahaan dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap sosial dan lingkungannya. Dengan demikian, masyarakat dapat mengawasi peran perusahaan untuk lingkungan.

Pentingnya Sustainability Report Bagi Perkembangan Perusahaan

Lantas, apa pentingnya Sustainability Report?  Ada beberapa poin penting yang menjawab pertanyaan ini. Jika perusahaan Anda ingin lebih berkelanjutan saat ini—dengan kata lain ingin terus menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang—perusahaan harus mulai memikirkan penyusunan Sustainability Report. Apa alasannya? Berikut ini adalah jawabannya:

1. Memperjelas strategi perusahaan

Sebagai penggerak perusahaan, Anda adalah pihak yang dapat mengukur dampak dari kegiatan perusahaan. Sustainability Report membantu perusahaan untuk mengetahui dan memvisualisasikan faktor dan kegiatan apa yang harus dipertahankan atau mungkin dimodifikasi pada strategi perusahaan yang sedang agar perusahaan dapat berkembang ke arah keberlanjutan (sustainable).

pentingnya sustainability report
Sumber gambar: Jojonomic

Misalnya, jika perusahaan Anda memiliki dampak negatif terhadap masyarakat sekitar dan hal itu disebutkan dalam laporan, maka akan ada ruang untuk modifikasi pada strategi bisnis untuk mengubah aspek tersebut dan pada akhirnya akan membuat perusahaan untuk bertindak lebih baik terhadap lingkungan.

2. Meningkatkan komunikasi dengan pemangku kepentingan

Selama beberapa tahun, perusahaan telah memanfaatkan laporan keberlanjutan sebagai suatu sarana untuk saling mengkomunikasikan manajemen mereka kepada para pemangku kepentingan masing-masing, menciptakan kepercayaan, interaksi yang lebih personal, serta peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan di masing-masing pihak.

pentingnya sustainability report bagi perusahaan
Sumber gambar: Trust Indiana

Bahkan, melalui Sustainability Report, perusahaan telah berhasil terhubung secara transparan dengan kolaborator, masyarakat sosial, pemasok, lembaga publik, LSM, dan konsumen, yang menurut survei yang dilakukan oleh Unilever pada tahun 2017, 33% dari mereka lebih memilih untuk mengakuisisi produk dari perusahaan yang memiliki tujuan sosial atau lingkungan daripada perusahaan yang tidak memiliki peran atau tujuan sosial sama sekali. Itu adalah salah satu contoh pentingnya Sustainability Report di Indonesia.

3. Mencapai profitabilitas jangka panjang

Perusahaan yang melaporkan praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola mereka pada umumnya memiliki kegiatan operasional yang lebih berkelanjutan dan, tentunya, menghasilkan profitabilitas yang lebih tinggi dan peningkatan nilai pasar dari waktu ke waktu. Hal ini sudah banyak terbukti dan tercatat, serta dapat dilihat pada Sustainability Report masing-masing perusahaan.

pentingnya sustainability report bagi perkembangan perusahaan
Sumber gambar: EAIE

Selain itu, salah satu keunggulannya adalah aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola telah menjadi faktor yang sangat dihargai oleh investor. Hal ini tentunya secara langsung akan mempengaruhi kesehatan keuangan organisasi di masa depan. Bahkan, sebuah penelitian menilai beberapa perusahaan selama 18 tahun dan menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang mengurus aspek-aspek di atas memiliki peningkatan 46,4% nilai saham mereka dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang tidak menjaga aspek-aspek tersebut.

4. Pengelolaan risiko dengan lebih efektif

Ketika perusahaan Anda melaporkan Sustainability Report, Anda tidak hanya menyelesaikan administrasi perusahaan saja, namun juga melakukan pekerjaan internal untuk mengidentifikasi dan mengatur semua proses bisnis Anda, yang memungkinkan Anda untuk mencegah dan mengelola faktor risiko terkait keberlanjutan dengan cara terbaik. Selain itu, dengan Sustainability Report, Anda dapat mengidentifikasi peluang bisnis, mengkonsolidasikan berbagai keunggulan yang kompetitif, dan memperoleh alat manajemen yang kuat.

jasa pembuatan sustainability report
Sumber Gambar: The Business Journals

SOOCADESIGN merupakan salah satu agensi reporting terbaik yang dapat menjadi pilihan utama Anda sebagai penyedia jasa pembuatan Sustainability Report.

Mulai dari perusahaan lokal hingga perusahaan multinasional, SOOCADESIGN siap menjawab berbagai kebutuhan pelaporan Annual Report atau Sustainability Report Anda dan menyajikannya dalam tampilan design yang menarik.

Ingin mendapatkan penawaran jasa pembuatan sustainability report BPR dan pedoman GCG perusahaan dari kami? Langsung saja kunjungi website SOOCA di soocadesign.com untuk mendapatkan penawaran spesialnya sekarang juga.

GRATIS Mini Course

Kategori