inisiatif kegiatan csr perusahaan

10 Inisiatif Kegiatan CSR Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) adalah ketika perusahaan memperhitungkan dampak keseluruhan aktivitas produksinya secara sosial, ekonomi, dan lingkungan, serta meluncurkan inisiatif untuk memastikan dampak positifnya. Perusahaan harus menyusun strategi praktik CSR yang selaras dengan misi keseluruhan organisasi dan membantu mendukung tujuan tersebut. Inisiatif kegiatan CSR perusahaan merupakan langkah penting yang tak boleh terlewatkan di masa-masa seperti sekarang.

Perusahaan dan individu sama-sama diharuskan bertanggung jawab dalam perilaku mereka untuk memperbaiki dunia di sekitar mereka. Mari simak lebih lanjut tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan bagaimana organisasi dapat mengimplementasikan-nya, serta contoh CSR perusahaan.

Inisiatif Kegiatan CSR Perusahaan (Corporate Social Responsibility)

inisiatif kegiatan csr perusahaan
Image Source by Freepik

Secara luas, CSR melibatkan individu dalam perusahaan atau organisasi yang sadar akan suatu permasalahan atau isu dan kemudian merancang solusi untuk bersama-sama mengatasinya. Setiap inisiatif CSR beranjak dari pemahaman tersebut.

Saat ini, Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan. Kegiatan CSR adalah berbagai inisiatif yang diambil oleh perusahaan untuk memberi kembali kepada masyarakat yang telah membantu perusahaan mencapai posisi mereka saat ini. Ada begitu banyak program CSR perusahaan di Indonesia, dan berikut 10 contoh inisiatif kegiatan CSR perusahaan terbaik yang dapat diapkikasikan dalam bisnis Anda:

1. Membangun sekolah di pedesaan

Karena kurangnya kualitas pendidikan dasar di daerah pedesaan, perusahaan dapat membangun dan mengelola sekolah di desa, serta mempekerjakan guru yang berkualitas dengan latar belakang tinggi di mata pelajaran mereka. Perusahaan juga dapat menyediakan sanitasi yang baik, seragam untuk siswa, peralatan tulis menulis yang memadai, dan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.

2. Menyediakan komputer dan pelatihan gratis untuk siswa di daerah pedesaan

Perusahaan dapat menyumbangkan komputer ke sekolah-sekolah di daerah pedesaan dan juga memberikan pelatihan komputer gratis kepada siswa. Jadi, mereka dapat belajar dan meningkatkan keterampilan teknologi dan informasi tanpa terhalang keterbatasan sosial.

3. Berafiliasi dengan LSM

Perusahaan yang melakukan kegiatan CSR dapat bergandengan tangan dengan LSM dan membantu mereka dengan cara memberikan dana dan sejenisnya. Karyawan perusahaan juga dapat bergabung dengan LSM di berbagai kegiatan untuk area yang ditargetkan.

4. Kamp medis gratis untuk daerah terbelakang

Perusahaan dapat bekerja sama dengan rumah sakit yang produktif dan memberikan pemeriksaan kesehatan gratis di pedesaan. Terkadang bisa untuk tujuan medis tertentu, seperti vaksinasi polio pada anak-anak, vaksinasi kanker serviks pada wanita, vaksinasi covid-19, dan lain sebagainya.

5. Kamp Donor Darah

Apapun jenis kegiatan CSR dan contohnya, donor darah tidak akan pernah bisa dihilangkan dari program CSR. Kamp donor darah adalah salah satu cara terbaik untuk memberi kembali kepada masyarakat. Perusahaan dapat menyelenggarakan-nya dan mengajak masyarakat umum untuk mendonorkan darah bersama karyawan.

6. Sumbangan Alat Olah Raga di Sekolah

Dengan meningkatnya kesadaran kebugaran dan atletik, menyumbangkan peralatan kebugaran dan olahraga yang berkualitas tidak hanya akan mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat, tetapi juga akan menampilkan perusahaan sebagai lembaga yang mempromosikan kesehatan dan kebugaran.

7. Program Literasi Dewasa

Begitu banyak orang dewasa mampu yang menganggur karena buta huruf dan belum mendapatkan penghasilan yang layak pendidikan. Jadi, program ini adalah inisiatif yang dapat meningkatkan tingkat pekerjaan di seluruh negara dan menurunkan tingkat kemiskinan.

8. Beasiswa Internasional untuk siswa dari daerah terbelakang

Untuk siswa dari brilian secara akademik tetapi tidak ada sarana untuk memenuhi potensi mereka di luar negeri, perusahaan dapat menyediakan dana untuk biaya sekolah, biaya akomodasi dan biaya hidup sehari-hari bagi siswa tersebut. Dengan demikian, perusahaan menyediakan kesempatan yang sulit dimiliki bagi orang-orang yang sebenarnya layak menerimanya.

9. Food Camp

Perusahaan dapat mengajak masyarakat umum untuk berdonasi makanan sebanyak yang mereka mau ke sebuah kamp makanan (food camp), yang nantinya akan diberikan kepada panti asuhan atau didistribusikan di desa yang membutuhkan. Hal ini juga merupakan salah satu contoh kegiatan CSR perusahaan kecil.

10. Donasi ke Panti Asuhan

Karyawan dapat menyumbangkan sejumlah uang, pakaian baru, mainan, dan sebagainya ke panti asuhan. Mereka juga dapat diminta untuk mengunjungi panti asuhan dan menghabiskan waktu dengan anak-anak di sana secara berkala, misalnya sebulan sekali.

Pengaruh Positif Inisiatif Kegiatan CSR

pembuatan sustainability report
Image Source by Freepik

Menghasilkan produk dan layanan berkualitas saja tidak lagi menjadi satu-satunya faktor penentu yang mendorong datangnya konsumen sejak adanya program CSR 2020. Inisiatif kegiatan CSR perusahaan membantu membawa perubahan positif di banyak tingkatan dan memungkinkan organisasi atau individu untuk mengejar tujuan mereka sambil tetap mempertahankan laba yang sehat bagi perusahaan. Nantinya, dokumentasi kegiatan CSR ini dapat menjadi materi penunjang laporan keberlanjutan atau dikenal dengan Sustainability Report.

Jika Anda dan organisasi Anda siap untuk menjadikan CSR sebagai prioritas, pertimbangkan untuk memilih Soocadesign untuk membantu mengumpulkan, meninjau, dan menghadirkan Sustainability Report & Sustainability Report BPR yang terbaik. Kami juga membantu Anda dalam pembuatan pedoman GCG perusahaan. Kunjungi halaman soocadesign.com sekarang dan dapatkan informasi lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori