tips sukses melakukan program charity untuk perusahaan

5 Tips Sukses Melakukan Program Charity untuk Perusahaan

Apa itu charity? Program charity adalah salah satu bagian dari aspek Corporate Social Responsibility yang berfokus pada kegiatan amal atau penggalangan dana sebagai bagian dari partisipasi aktif perusahaan terhadap kegiatan sosial masyarakat. Program ini merupakan cara yang bagus untuk melibatkan berbagai orang dan komunitas yang berbeda untuk memberi manfaat bagi perusahaan Anda. 

Tips Sukses Melakukan Program Charity Perusahaan

5 tips sukses melakukan program charity untuk perusahaan
Image Source: Freepik

Selain meningkatkan kesadaran untuk tujuan perusahaan dengan cara yang inklusif dan menyenangkan, kegiatan charity dapat membantu menciptakan basis dukungan yang lebih luas dengan menjangkau audiens baru. Namun, penggalangan dana perlu direncanakan dan diatur dengan hati-hati untuk memaksimalkan keberhasilan acara. Berikut adalah 5 tips untuk mencapai kesuksesan program charity perusahaan. 

1. Atur waktu program charity dengan benar 

Pilih tanggal dan waktu acara program dengan hati-hati. Jika peserta cenderung membawa anak-anak, pastikan tidak tumpang tindih dengan waktu makan atau terlalu larut malam. Pastikan juga perusahaan mempertimbangkan acara lain yang terjadi pada hari itu, seperti pertandingan olahraga besar, untuk memastikan tidak bentrok. 

Selalu siapkan rencana darurat jika terjadi cuaca buruk. Penjualan kue, undian, dan penjualan lainnya biasanya dapat dilakukan di dalam ruangan, tetapi jika Anda memiliki jenis kegiatan lain seperti permainan luar ruangan atau olahraga dalam konsep acara charity Anda, pikirkan alternatif lain untuk menggantinya ketika terjadi cuaca buruk. 

2. Promosikan program charity perusahaan Anda 

Promosi adalah kunci untuk memastikan program charity event Anda sukses. Media sosial memberi jangkauan yang sangat luas dengan biaya yang sangat kecil. Jadi, buatlah agenda acara di Facebook, sebarkan berita di Twitter, dan minta teman untuk memposting ulang lewat media sosial mereka dan beri tautan ke halaman acara. 

3. Beri tahu pendonor mengenai apa yang akan dicapai donasi mereka 

Komunikasikan hasil donasi yang terukur pada acara tersebut. Misalnya, “hadiah sebesar Rp. 20.000.000, – dapat menyediakan konsumsi sembako untuk satu keluarga selama satu tahun penuh”. Penyumbang atau pendonor tentu ingin tahu ke mana perginya uang mereka dan perubahan yang mungkin terjadi, dan menggunakan angka seperti di atas akan memberikan indikasi berapa banyak yang dapat mereka sumbangkan.  

4. Asuransikan dari yang tak terduga 

Meskipun sebagian besar acara berjalan tanpa hambatan, selalu ada kemungkinan terjadi kesalahan dan kendala. Karena itu, ada baiknya mengambil asuransi yang dapat melindungi perusahaan dari skenario ini. Cuaca buruk dapat membuat jalan dan tangga licin, dan jika peserta atau sukarelawan melukai diri mereka sendiri, mereka dapat mengambil tindakan hukum terhadap perusahaan Anda.  

5. Ucapkan terima kasih kepada para penyumbang 

Terakhir, jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada para donatur. Setelah acara, posting pembaruan di media sosial, kirim email ke semua donor dan tulis beberapa kalimat di buletin perusahaan berikutnya yang mengumumkan total dana charity yang terkumpul. Berterima kasih kepada para donor merupakan salah satu cara paling efektif untuk membangun hubungan jangka panjang yang baik dan berkelanjutan. 

Contoh Program Charity 

5 tips sukses melakukan program charity untuk perusahaan
Image Source: Freepik

Beberapa contoh kegiatan charity yang dapat digelar sebagai wujud corporate charity adalah dengan mengadakan penjualan item seperti kue, jajanan, atau merchandise. Tentunya seluruh atau sepersekian dari hasil keuntungan akan disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan, seperti yayasan atau rumah anak yatim piatu, pusat rehabilitasi, dan sebagainya.  

Contoh lainnya adalah mengadakan turnamen olahraga, konser, atau acara lain yang memanfaatkan keuntungan dari penjualan tiket. Acara yang dimaksud sebaiknya tidak memerlukan pengeluaran charge yang besar, sehingga tidak akan membawa defisit bagi perekonomian perusahaan. Hasil dari penjualan tiket akan dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai dana donasi. Pastikan untuk memberi informasi mengenai hal ini di promosi event atau berbagai media sebelum acara dimulai, sehingga pihak yang mengikuti tahu bahwa acara tersebut ditujukan untuk charity program. 

Pada tahap selanjutnya, dokumentasi dari pelaksanaan program charity perusahaan juga dapat dimasukkan ke dalam laporan keberlanjutan atau sustainability report. Bingung bagaimana cara memadukan gambar dokumentasi dengan isi laporan keberlanjutan? Serahkan pada ahlinya yaitu SOOCADESIGN.

Kami dapat mewujudkan desain laporan keberlanjutan yang dinamis serta menarik bagi perusahaan atau organisasi Anda. Dengan penawaran yang menarik, kami siap menghasilkan desain laporan yang maksimal dan menyesuaikan kebutuhan Anda. Sooca Design tidak hanya menyediakan layanan jasa pembuatan sustainability report tetapi juga menawarkan layanan jasa pembuatann pedoman GCG bagi perusahaan Anda.

Ingin melihat contoh hasil desain laporan keberlanjutan dari soocadesign? Jangan ragu untuk berkunjung ke portofolio SR di official website kami dan segera hubungi tim marketing kamu DI SINI.

GRATIS Mini Course

Kategori