Lazimnya, laporan tahunan juga memuat ikhtisar pencapaian. Ikhtisar pencapaian pada annual report merupakan rangkuman dari berbagai pencapaian penting perusahaan selama satu tahun terakhir.

Apa saja yang perlu disampaikan dalam ikhtisar pencapaian? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pemberitaan terkait salah satu bank terbesar di tanah air.

Bank X membukukan pertumbuhan laba bersih sepanjang tahun 2019 mencapai Rpx triliun. Angka ini lebih tinggi x persen dari periode sama tahun lalu yang hanya sebesar Rpx triliun.

Laba bersih ini ditopang dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya sebesar Rpx triliun. Angka ini berarti tumbuh x persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Kemudian, pendapatan bunga bersih mencapai Rpx triliun atau tumbuh x persen. Sementara itu, pendapatan operasional juga tumbuh x persen menjadi Rpx triliun.

 Pencapaian Bank X ini juga tidak terlepas dari beberapa keunggulan bisnisnya di Perseroan. Keunggulan bisnis ini terutama berasal dari transaksi perbankan dan penyaluran kredit. Lebih spesifik, dana giro dan tabungan (CASA) tumbuh mencapai x persen mencapai Rpx triliun, sedangkan total kredit meningkat x persen menjadi Rpx  triliun.

 Sejumlah segmen bisnis Bank X menunjang pertumbuhan kredit perbankan, seperti kredit koorporosi tumbuh x persen menjadi Rpx triliun dan kredit komersil serta SME sebesar x persen menjadi Rpx triliun.

 Selain itu, kredit konsumen mencapai Rpx triliun. Kredit konsumen ini bersumber dari segmen KPR yang tumbuh Rpx triliun. Namun, kredit kendaraan bermotor (KBB) turun x triliun menjadi Rpx triliun. Lalu, ada pula outstanding kartu kredit yang tumbuh menjadi Rpx triliun.

 Selain itu, Non Performing Loan (NPL) tercatat pada level x persen di Desember 2019, dibandingkan x persen pada tahun sebelumnya.

Penggalan berita di atas memuat sebagian informasi dalam ikhtisar pencapaian. Perusahaan yang bergerak di bidang usaha selain perbankan tentu bisa menambah atau menghilangkan sebagian informasi ditas sesuai dengan bidang usahanya. Sejumlah informasi lainnya yang bisa ditambahkan antara lain tingkat Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA), volume produksi, penjualan, penghargaan hingga sertifikasi.

Penyampaian Ikhtisar Pencapaian Pada Annual Report

ikhtisar pencapaian pada annual report (infografis ikhtisar pencapaian)Secara garis besar, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian ikhtisar pencapaian pada annual report, yakni:

Penting

Menukil dari https://kbbi.web.id, ikhtisar dapat diartikan sebagai pemandangan secara ringkas (yang penting-penting saja). Ikhtisar hanya berupa teks pendek sehingga harus menggunakan kalimat efektif. Ikhtisar tidak memperhatikan urutan pada teks asli. Jadi, dapat dikatakan bahwa ikhtisar hanya mementingkan peringkasan materi pada teks sebelumnya.

Perusahaan didorong untuk memilah informasi penting mana saja yang perlu dimasukkan pada ikhtisar pencapaian. Informasi yang dinilai kurang penting dapat dimasukkan di bagian-bagian lain pada laporan tahunan.

Related post: Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Profil Perusahaan

Sederhana

Di atas sempat disebutkan bahwa ikhtisar harus menggunakan kalimat efektif. Sebuah kalimat dikatakan efektif bila pesan yang hendak disampaikan oleh komunikator dipahami dengan tepat oleh si komunikan. Nah, kalimat efektif ini bisa dihasilkan dari penerapan kalimat sederhana.

Tidak sulit untuk menghasilkan kalimat sederhana. Kalimat sederhana hanya memuat satu ide pokok. Dengan kata lain, gunakan kalimat tunggal. Hindarilah kalimat majemuk bila dirasa kurang perlu. Sebisa mungkin hindari pula istilah-istilah teknis yang hanya dimengerti oleh kalangan tertentu. Jika perlu, perjelaslah istilah teknis dalam tanda kurung atau kalimat lain berikutnya.

Ada satu cara lain untuk menyederhanakan tumpukan data di ikhtisar pencapaian, yakni menggunakan infografis. Infografis ini bisa beragam jenis, seperti pie chart, periode waktu, perbandingan, angka dan sebagainya.

Infografis sangat membantu dalam menjelaskan suatu pembahasan. Terlebih bila pembahasan tersebut memuat banyak angka. Hal ini karena penyampaian informasi secara visual mampu membuat kita lebih cepat paham dibandingkan penjelasan dengan teks saja.

ikhtisar pencapaian pada annual report

sumber gambar: www.pexels.com

 

Manfaat Infografis Ikhtisar Pencapaian Pada Annual Report

  1. Pesan lebih mudah dipahami

Informasi rumit yang berisi angka-angka menjadi lebih mudah dipahami melalui infografis. Dengan menggunakan infografis, maka pembaca bisa langsung mengetahui inti data yang disampaikan dengan cepat. Pembaca tidak bersusah payah terlebih dahulu untuk memahami inti pesan yang disampaikan. Selain itu, mata pun akan ‘dimanjakan’ dengan estetika berbagai elemen visual di dalamnya.

  1. Meningkatkan minat membaca

Dengan tampilan visual yang menarik, maka akan mampu juga meningkatkan minat pembaca. Hal ini biasanya terjadi pada sebuah blog yang melakukan pembahasan ringan sampai pembahasan ilmiah mengenai suatu persoalan yang perlu diketahui banyak orang. Umumnya infografis akan diletakan setelah beberapa paragraf yang sesuai dengan pembahasan infografis tersebut. Semakin berbobot pembahasan, maka sebaiknya dibuat menjadi lebih ringan, yaitu dengan mengubahnya menjadi infografis.

  1. Lebih mudah diingat

Infografis ikhtisar pencapaian akan lebih mudah diingat dibandingkan pembahasan yang hanya menggunakan teks saja. Hal ini telah terjadi dari zaman dahulu sampai sekarang. Berbagai penelitian juga menyampaikan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingan teks.

  1. Meningkatkan citra

Data yang tersusun rapi dan menarik tak hanya ‘memanjakan’ pembaca, namun dapat meningkatkan citra (image) perusahaan. Hal ini disebabkan infografis ikhtisar pencapaian yang menarik perhatian menggambarkan profesionalisme perusahaan. Citra yang baik mampu mendorong kepercayaan publik kepada perusahaan tersebut.

  1. Berpotensi menjadi data yang viral

Era digital memungkin informasi tertentu menjadi viral. Tak terkecuali infografis yang menyajikan data yang ‘luar biasa’, misalnya pendapatan sebuah perusahaan yang melonjak drastis. Potensi infografis menjadi viral makin besar bila membahas informasi yang sedang trending topics atau informasi umum terbaru yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Jika Anda kesulitan untuk membuat infografis ikhtisar pencapaian pada annual report, serahkan saja pada ahlinya. Anda bisa bekerjasama dengan jasa pembuatan annual report yang profesional seperti Sooca Design. Tidak hanya membuat desainnya, tim Sooca juga menyediakan layanan pelengkap lainnya seperti penulisan, penerjemahan, fotografi hingga cetak.

 

Sumber:

pranataprinting.com/pengertian-dan-manfaat-infografis/

koinworks.com/blog/tips-membuat-profil-perusahaan-yang-menjual/





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.