Riwayat singkat perusahaan atau profil perusahaan pada annual report juga penting untuk diperhatikan. Pada bagian profil, khalayak dapat mengetahui berbagai informasi mengenai sebuah perusahaan. Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang melihat profil sebuah perusahaan sehingga turut memberi dampak nyata ke depannya.

Profil perusahaan pada annual report (laporan tahunan) adalah suatu deskripsi mengenai perusahaan yang disusun secara ringkas. Mengingat disusun secara singkat, profil perusahaan harus menciptakan first impression yang membuat pembaca ingin membalikkan halaman demi halaman selanjutnya pada annual report. Lantas, informasi seperti apa yang sebaiknya perlu dicantumkan pada profil perusahaan?

pentingnya profil perusahaan pada annual report

Daftar Isi Profil Perusahaan Pada Annual Report

Untuk membuat profil perusahaan di annual report, tentunya harus diawali dengan apa saja yang harus ada dalam sebuah profil perusahaan. Berikut elemen yang harus ada dalam setiap penulisan atau pembuatan profil perusahaan:

Sejarah berdirinya perusahaan

Informasi mengenai awal berdirinya perusahaan hingga kondisinya sekarang harus ditampilkan dalam laporan tahunan. Informasi ini begitu penting untuk dilewatkan. Pada profil perusahaan, dapat juga disisipkan tonggak sejarah (milestone) perusahaan. Milestone merupakan ‘jejak-jejak’ bersejarah penting bagi perusahaan. Selain awal berdirinya perusahaan, tonggak sejarah ini, contoh lainnya adalah, saat mendirikan anak perusahaan, berekspansi ke bidang bisnis baru, mengakuisisi perusahaan, memutuskan untuk IPO dan sebagainya. ‘Jejak-jejak’ bersejarah ini menggambarkan perjalanan usaha perusahaan dari awal berdiri sampai kondisinya terkini. Informasi lainnya yang bisa ditampilkan adalah filosofi, landasan, atau dasar perusahaan. Filosofi ini penting untuk menyampaikan nilai-nilai apa saja yang coba ditanamkan perusahaan kepada tiap individu di dalamnya. Nilai-nilai yang tertanam kuat dan berlangsung lama ini sangat berpotensi menjadi budaya perusahaan. Budaya perusahaan inilah yang diharapkan tercermin dalam perilaku atau tindakan tiap individu perusahaan tiap harinya. Bila hal-hal tersebut termuat di profil perusahaan, khalayak akan menerima gambaran utuh mengenai perusahaan tersebut.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi bisa diartikan sebagai impian, cita-cita, atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Dengan kata lain, visi menjadi tujuan masa depan suatu perusahaan (what to be). Sementara itu, misi adalah cara, proses, atau tahapan untuk mewujudkan visi tersebut (how to be). Visi juga bisa dimaknai sebagai penjabaran dari suatu visi. Jika visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas. Tujuannya supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh.

Struktur Organisasi Perusahaan

Di sinilah pembaca atau calon konsumen bisa melihat susunan organisasi atau perusahaan serta tanggungjawab para individu di dalamnya. Tujuan menampilkan struktur atau hirarki perusahaan adalah untuk menampilkan individu-individu yang berperang penting di perusahaan tersebut sehingga calon konsumen bisa melihat secara langsung.

Kinerja Perusahaan

Kinerja perusahaan bisa dilihat atau dibuat dengan beberapa cara. Namun, elemen yang harus terdapat di profil perusahaan adalah kualitas. Kualitas perusahaan dapat menunjang citra (image) perusahaan di mata khalayak luas. Elemen lain adalah pengalaman pekerjaan. Maksudnya, profil perusahaan menampilkan pekerjaan apa saja yang sudah ditangani oleh perusahaan dengan baik bisa berupa tulisan, grafik, gambar, foto dan lain-lain. Selain itu, laporan keuangan perusahaan juga penting untuk ditampilkan sebagai bukti yang menggambarkan kinerja perusahaan. Pastinya, laporan keuangan perusahaan akan ditampilkan jika jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan ada hubungannya seperti perusahaan saham atau investasi dimana laporan keuangan dijadikan pertimbangan bagi calon konsumen untuk mengetahui detil dan kinerja perusahaan. Jika perusahaan tidak bergerak di bidang yang berhubungan dengan keuangan, maka laporan keuangan tidak perlu untuk ditampilkan.

Nilai Produk

Ini adalah nilai-nilai produk atau jasa yang dibuat atau ditawarkan oleh perusahaan. Ada beberapa elemen yang bisa ditampilkan, seperti produk, strategi memasarkan produk, mendistribusikan produk, pelayanan hingga bentuk fisik perusahaan dan berbagai fasilitas penunjang lainnya (physical evidence).

Related post: Jasa Pembuatan Company Profile Terbaik

profil perusahaan pada annual report

Gambar oleh David Schwarzenberg – Pixabay

Jika Anda ingin menyusun profil perusahaan secara baik, maka Anda harus menuliskannya dengan narasi yang dapat dimengerti oleh banyak orang tanpa melupakan elemen-elemen penting di atas. Penyusunan narasi yang terstruktur sistematis dan mudah dipahami dapat memudahkan khalayak terhadap pesan yang disampaikan.

Fungsi Profil Perusahaan Pada Annual Report

Pada dasarnya, profil perusahaan pada annual report berfungsi sebagai berikut:

Media Komunikasi

Melalui profil inilah suatu perusahaan dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait mengenai kondisi internal dan eksternal perusahaan. Sebagai media komunikasi, profil perusahaan sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar menarik minat khalayak untuk mengetahuinya lebih jauh.

Representasi Perusahaan

Profil ini juga bisa difungsikan sebagai representasi dari perusahaan. Anda bisa melihat kondisi suatu perusahaan hanya melalui profilnya saja sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut. Profil yang tertera nantinya di media tentunya menggambarkan keseluruhan dari perusahaan. Produk dari perusahaan ternama yang telah dikenal oleh masyarakat luas selalu lebih dipercaya memiliki kualitas terbaik. Usaha yang dilakukan oleh perusahaan dengan profil yang baik bisa lebih tepat sasaran sehingga target bisa dicapai dengan lebih mudah.

Alat Pemasaran

Seringkali keberhasilan penjualan suatu produk turut dipengaruhi oleh nama dan jenis perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Semakin dikenal gambaran suatu perusahaan, maka semakin besar peluang bagi perusahaan tersebut untuk memasarkan produk yang dijualnya. Hal ini karena mayoritas konsumen lebih memilih untuk melakukan pembelian produk perusahaan yang sudah dikenal luas.

Syarat Kegiatan Lainnya yang Berkaitan Dengan Kelangsungan Perusahaan

Syarat ini, contohnya, untuk mengakses dana perbankan. Syarat ini dapat juga dibutuhkan pada saat perusahaan akan mengadakan atau mengikuti event tertentu, misalnya investor gathering.

Materi Publikasi

Masyarakat bisa mengenal perusahaan secara lebih dekat mengenai kegiatan publikasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk menghasilkan profil perusahaan yang baik dan menarik dalam sebuah laporan tahunan. Caranya yaitu dengan menggunakan jasa pembuatan annual report yang telah berpengalaman dan terbukti profesional. Umumnya agensi yang menyediakan jasa pembuatan annual report ini memiliki layanan yang lengkap, seperti copywriting, translasi, fotografi hingga cetak.

 

Sumber:

www.jojonomic.com/blog/profil-perusahaan/

koinworks.com/blog/tips-membuat-profil-perusahaan-yang-menjual/





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.