Dampak Penyusunan Laporan Keberlanjutan Sustainability report atau laporan keberlanjutan adalah laporan non keuangan yang terdiri dari enam unsur kinerja, yaitu ekonomi, lingkungan, hak asasi manusia, praktek tenaga kerja dan pekerjaan layak, sosial dan tanggung jawab produk. Penerapan laporan keberlanjutan memperlihatkan komitmen perusahaan dalam menghadapi isu sosial dan lingkungan serta menunjukkan transparansi data untuk memenuhi tuntutan dari pemangku kepentingan.

Mengenal Dampak Penyusunan Laporan Keberlanjutan Terhadap Perusahaan

dampak penyusunan laporan keberlanjutanSebuah laporan keberlanjutan membantu perusahaan untuk mengukur, mengerti dan mengomunikasikan dampak yang dihasilkan dari segi ekonomi, lingkungan, sosial dan performanya kepada stakeholders. Dampak penyusunan laporan keberlanjutan yaitu memudahkan perusahaan menyusun goals dan memanage perubahan secara efektif. Sebuah laporan keberlanjutan adalah kunci bagi perusahaan untuk mengabarkan perencanaan dan dampak yang dihasilkan baik itu positif maupun negatif.

Laporan keberlanjutan merupakan laporan tambahan yang disajikan perusahaan bersifat sukarela dan mengungkapkan 3 segi pengungkapan, yaitu pengungkapan segi ekonomi, segi lingkungan dan segi sosial. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat, laporan ini menjadi sebuah hal yang popular dan wajib ada. Laporan ini digunakan sebagai pertanggungjawaban perusahaan kepada masyarakat luas atas apa yang telah dilakukan dan dampak program yang ditimbulkan. Laporan berkelanjutan mengandung informasi kinerja keuangan dan informasi kinerja non keuangan yang meliputi aspek sosial dan lingkungan yang dapat memungkinkan perusahaan berjalan berkesinambungan (Elkington, 1997).

Dampak penyusunan laporan keberlanjutan meningkatkan kinerja keuangan dengan meningkatkan profit dan likuiditas perusahaan (Tarigan dan Samuel, 2014). Menurut Ernst & Young, laporan keberlanjutan dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan konsumen yang akan menimbulkan loyalitas konsumen dan akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

Pengaruh Pengungkapan Segi Ekonomi Pada Laporan Keberlanjutan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Dampak penyusunan laporan keberlanjutan dapat dipeharuhi oleh pengungkapan segi ekonominya. Pengungkapan segi ekonomi dalam laporan keberlanjutan dapat membantu stakeholder yakin bahwa sumber daya modal yang kompetitif memiliki tingkat resiko yang rendah. Kepercayaan ini memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja keuangannya. Perusahaan yang memberikan pengaruh pada ekonomi makro dan mikro akan menarik pihak berkepentingan untuk menjadi penyumbang dana maupun pengguna produk sehingga operasionalnya dapat meningkat lebih baik (Nofianto & Agustina, 2014).

Pihak berkepentingan menganggap informasi pada kinerja ekonomi lebih transparan dan lebih tinggi keakuratannya untuk memprediksi dan menganalisis informasi yang risikonya lebih rendah jika dibandingkan dengan kinerja keuangan perusahaan.

Pengaruh Pengungkapan Segi Lingkungan Pada Laporan Keberlanjutan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Kinerja lingkungan merupakan faktor penting untuk menunjukkan eksistensi dan keikutsertaan perusahaan dalam menangani masalah lingkungan sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan dimana perusahaan beroperasi (Nofianto dan Agustina, 2014)

Jika operasi perusahaan terus berjalan maka laba perusahaan akan meningkat. Pengungkapan kinerja lingkungan dapat memberikan dampak terhadap kinerja keuangan pada tingkat pengembalian tahunan dibanding dengan pengembalian industri yang tentunya akan berpengaruh terhadap citra perusahaan lewat nilai perusahaan. Semakin baik pengungkapan lingkungan maka semakin baik kinerja keuangan perusahaan, karena perolehan pendapatan dan efisiensi biaya dapat mendorong profitabilitas perusahaan.

Pengaruh Pengungkapan Segi Sosial Pada Laporan Keberlanjutan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Dengan mengungkapkan kinerja sosial perusahaan, diharapkan investor tertarik untuk menginvestasikan uangnya kepada perusahaan agar kelanjutan hidup entitas dapat terjamin dalam jangka panjang. Jika perusahaan dapat berlangsung dalam jangka panjang, perusahaan akan mendapat legitimasi dari masyarakat sekitar.

Dengan adanya penerimaan dari masyarakat, diharapkan dapat membantu bertambahnya citra entitas, menarik simpati masyarakat sehingga masyarakat lebih loyal dan menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Pengungkapan sosial termasuk informasi nyata atas kegiatan produksi yang dilakukan organisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan saja, melainkan peduli pada lingkungan dan sosial sehingga menambah kepercayaan stakeholder dan mempengaruhi bertambahnya nilai perusahaan yang dibarengi peningkatan profitabilitas. Kinerja sosial mempunyai dampak baik terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA (Return On Assets).

Laporan Keberlanjutan Meningkatkan Nilai Perusahaan Di Mata Investor

dampak penyusunan laporan keberlanjutan terhadap perusahaan

Sumber gambar: www.pexels.com

Dampak penyusunan laporan keberlanjutan juga bisa dirasakan dalam bentuk peningkatan nilai perusahaan di mata investor. Nilai perusahaan dapat meningkat melalui reputasi dan loyalitas konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Harga saham mencerminkan nilai perusahaan, investor menginginkan harga saham terus meningkat agar mendapat profit saham yang diterima juga meningkat. Penerapan laporan keberlanjutan dapat meningkatkan return saham melalui peningkatan nilai perusahaan yang tercermin dari nilai saham.

Perusahaan mengungkapkan laporan keberlanjutannya sebagai salah satu cara menarik investor karena meningkatnya tren investor yang memikirkan hal lain saat menginvestasikan uangnya pada sebuah perusahaan (ethical investing).

Membangun dan mempertahankan kepercayaan sebuah perusahaan merupakan hal yang krusial. Kepercayaan dibangun dari strategi dan pilihan yang dampaknya tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, akan tetapi juga oleh stakeholder. Sebuah keputusan tidak dapat hanya bersandarkan pada satu aspek saja. Dengan pembuatan sustainability report atau laporan berkelanjutan, perusahaan dapat melihat berbagai aspek dalam pengambilan keputusan. Perusahaan akan mempertimbangkan semua aspek yang ada. Dan perusahaan juga akan terlihat lebih transparan karena berani menunjukkan kepada publik permasalahan, dampak dan risiko yang dihadapi dalam operasional sehari-hari.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.