5 Ide Merayakan Ulang Tahun Perusahaan Berkonsep ESG

Ulang tahun merupakan suatu momen berkesan yang paling ditunggu-tunggu satu kali dalam setahun. Tidak berbeda pula dengan perusahaan. Bagi seluruh sektor lini perusahaan, hari ulang tahun perusahaan adalah hari dimana suasana perusahaan terasa lebih meriah. Alangkah baiknya, perayaan ulang tahun perusahaan dirayakan dengan kegiatan-kegiatan yang membawa banyak benefit, salah satunya adalah kegiatan berbasis ESG (Environmental, Social, and Government).

Ide Menarik Merayakan Ulang Tahun Perusahaan Dengan Konsep ESG

Di masa pandemi Covid-19 sekarang, merayakan event dalam keramaian sangatlah tidak dianjurkan. Karena itu, kegiatan perayaan ulang tahun kantor akan memerlukan sedikit modifikasi kreatif. Lalu bagaimana cara agar dapat menggabungkan konsep perayaan ulang tahun kantor di tengah pandemi dengan konsep ESG? Tetap tenang! Berikut ini adalah 5 ide kreatif ulang tahun kantor yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda. Simak ulasannya berikut!

1. Melakukan Event Virtual Berbasis ESG

Sejak merebak-nya pandemic virus Covid-19, aktivitas offline seperti kegiatan belajar mengajar, bisnis perkantoran, hingga perbelanjaan dialihkan menjadi kegiatan online. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menggelar event seperti training atau online course dengan tema yang berkaitan dengan ESG. Beberapa contoh kegiatan tersebut diantaranya adalah pelatihan pengolahan limbah secara rinci, tutorial melamar pekerjaan, pembuatan CV secara online bagi usia remaja siap kerja di lingkungan, dan sebagainya. Dengan demikian, kantor Anda sudah melaksanakan acara ulang tahun perusahaan virtual dengan basis ESG yang akan memberi keuntungan bagi banyak pihak.

5 Ide Menarik Merayakan Ulang Tahun Perusahaan
Sumber: Codemi

2. Acara Penghijauan Pribadi atau Self-Green Project

Salah satu konsep ide menarik untuk merayakan ulang tahun kantor adalah dengan menggelar kegiatan penghijauan pribadi atau yang biasa juga disebut Self-Green Project. Konsep acara ini sudah kerap kali dilakukan di berbagai perusahaan di luar negeri. Perusahaan akan memberikan masing-masing karyawan satu hingga dua bibit pohon, yang kemudian akan dibawa pulang oleh pekerja ke kediaman masing-masing. Kemudian, bibit tersebut harus ditanam di bagian mana saja yang dirasa dapat dijadikan tempat berkembang pohon tersebut nantinya. Pekerja yang berhasil merawat bibit tersebut dalam jangka panjang kemudian akan mendapatkan reward, dan banyak dari bibit tersebut akan menjadi pohon di waktu yang akan datang.

Ide Menarik Merayakan Ulang Tahun Perusahaan
Sumber: 99.co

3. Green Outdoor

Ide menarik lainnya untuk merayakan ulang tahun kantor selain dengan acara penanaman seperti poin sebelumnya adalah dengan menggalang konsep green outdoor. Green outdoor yang dimaksud lebih mengacu pada kegiatan kebersihan di lingkungan masyarakat yang berdomisili sekitar perusahaan. Pihak perusahaan dapat membuat jadwal untuk bekerjasama dengan warga sekitar melakukan kerja bakti dan pembersihan di wilayah warga, terutama daerah terdampak limbah perusahaan. Tentunya untuk menyelenggarakan kegiatan ini diperlukan pengawasan yang cukup ketat terkait protokol kesehatan Covid-19 agar acara green outdoor ini dapat terlaksana dengan baik.

5 Ide Menarik Merayakan Ulang Tahun Perusahaan berkonsep ESG
Sumber: detikNews

4. Donor Darah

Meskipun sudah cukup umum dilakukan, kegiatan berbasis ESG seperti donor darah tidak akan pernah bisa ditolak. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, perusahaan dapat menambah jumlah stock darah PMI dengan cara menyumbangkan darah. Kegiatan ini juga dapat dibuka untuk warga sekitar, sehingga yang berminat dan memenuhi syarat dapat ikut berpartisipasi.

Ide Merayakan Ulang Tahun Perusahaan berkonsep ESG
Sumber: Pertamina

5. Bakti Sosial

Kegiatan terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah bakti sosial. Kegiatan ini dapat dieksekusi dengan berbagai cara. Misalnya, karyawan diwajibkan menyumbangkan baju bekas layak pakai yang kemudian akan dikumpulkan lalu dikemas untuk nantinya disumbangkan kepada yayasan tertentu. Contoh lainnya adalah menggelar acara donasi untuk pembangunan rumah ibadah, partisipasi dalam proyek perbaikan jalan rusak di wilayah sekitar perusahaan, dan lain sebagainya.

Ide Merayakan Ulang Tahun Perusahaan berkonsep ESG
Sumber: Republika

Memanfaatkan acara ulang tahun kantor untuk melaksanakan acara berbasis ESG tentunya akan mendatangkan banyak review positif bagi perusahaan. Dalam aktualisasi-nya, akan diperlukan pelaporan yang baik dan mendetail. Sama halnya dengan pembuatan Sustainability Report (SR).

Tidak mudah untuk membuat Sustainability Report yang tepat sasaran sekaligus menarik dalam waktu yang bersamaan. Maka dari itu, Anda bisa bekerjasama dengan SOOCADESIGN dalam jasa pembuatan sustainability report yang profesional. Selain itu, Soocadesign juga menyediakan jasa pembuatan sustainability report BPR dan jasa pembuatan GCG perusahaan.

Cukup dengan klik DI SINI, maka kami akan mengirimkan penawaran menarik mengenai jasa pembuatan Sustainability Report.

GRATIS Mini Course

Kategori