pentingnya melakukan csr bagi perusahaan

Pentingnya Melakukan CSR Bagi Perusahaan

Corporate Social Responsibility atau yang lebih sering dikenal dengan istilah CSR adalah suatu wujud bentuk pertanggungjawaban oleh perusahaan terhadap sosial dan lingkungan di sekitarnya. Istilah CSR sendiri telah berkembang jauh, dari yang awalnya berfokus pada kegiatan yang berkaitan dengan filantropi perusahaan, menjadi suatu standar baru yang memiliki fokus dan manfaat tersendiri.  

Mengenal Pentingnya Melakukan CSR Bagi Perusahaan

Saat ini, CSR dari suatu perusahaan memiliki wadah dan wujud yang sangat beragam. Berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan program CSR, tentunya dengan berbagai tujuan. Terlepas dari berbagai tujuan tersebut, CSR memegang peranan yang sangat vital bagi perusahaan. Ada beberapa manfaat yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi berkembang atau tidaknya suatu perusahaan di daerah tersebut. Berikut ini beberapa manfaat CSR bagi perusahaan: 

1. Pendekatan Terhadap Karyawan

Meskipun berbagai macam program CSR berorientasi ke luar perusahaan, sektor utama yang terdampak ternyata berada pada internal perusahaan, khususnya para karyawan dan pekerja di dalam perusahaan. Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan dan pengembangan usaha kecil di sekitar perusahaan yang ditangani langsung oleh karyawan terbukti mengembangkan soft skill dan hard skill semua yang terlibat di dalamnya. Hal ini juga tentunya meningkatkan kepuasan karyawan.  

pentingnya melakukan csr bagi perusahaanSumber: LinovHR 

2. Sebagai Salah Satu Wujud Support Perusahaan Terhadap Komunitas Lokal dan Global 

Suatu perusahaan pada umumnya akan terdiri dari sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Menemukan sebuah kegiatan atau program CSR yang senada dengan tujuan perusahaan akan menciptakan berbagai kesempatan untuk memberi dampak positif dalam berbagai sektor komunitas lokal maupun global. Salah satu contoh adalah kegiatan vaksinasi Covid-19 gratis yang disediakan oleh perusahaan startup berbasis kesehatan seperti Halodoc.  

corporate social responsibility
Sumber: Dallas Morning News

3. Bentuk Branding Bagi Perusahaan 

Salah satu pentingnya CSR bagi perusahaan adalah membentuk branding yang baik di mata komunitas. Branding yang baik, atau dalam kata lain image yang positif dari stakeholder akan membuka banyak peluang dan menghadirkan opsi-opsi bisnis yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan. Kegiatan-kegiatan seperti pengembangan minat dan bakat masyarakat, pemeliharaan kesehatan lingkungan sekitar, dan bakti sosial akan memberikan pengaruh yang besar terhadap jalannya perusahaan. 

sustainability report

Sumber: Fabrik Brands 

4. Kontrol Lepas Terhadap Kepuasan dan Kesetiaan Konsumen. 

Yang dimaksud kontrol lepas adalah suatu bentuk parameter atau tolak ukur yang dapat dinilai. Kepuasan dan kesetiaan, juga tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dapat terlihat dari seberapa aktif mereka terlibat dalam inisiasi dan pengembangan kegiatan-kegiatan CSR yang dijalankan oleh perusahaan. Dengan CSR, perusahaan dapat memanfaatkan beberapa momen-momen penting untuk mengambil keputusan terhadap tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.  

csr bagi perusahaanSumber: CMO Australia  

5. Menjembatani dan menjalin hubungan yang baik antar stakeholder 

Stakeholder yang terdiri dari masyarakat, pemerintah, karyawan, konsumen, dan para pemegang saham. Manfaat CSR bagi perusahaan akan terasa di seluruh bidang. 

Sebagai contoh, kegiatan CSR seperti pengembangan UMKM menjadi penghubung yang baik bagi pemerintah dapat menjalankan berbagai macam program yang menyangkut ekonomi.  

sustainability report perusahaanSumber: Evening Standard 

Berbagai program dan kegiatan CSR yang dijalankan tentunya tak lepas dari aspek pelaporan. Salah satu pelaporan yang juga tidak kalah penting adalah Sustainability Report. 

Sustainability Report ini sendiri merupakan suatu bentuk laporan yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kinerja perusahaan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

Sustainability Report akan menjadi parameter tersendiri untuk menilai dampak yang dihasilkan dari segala jenis kegiatan, termasuk kegiatan CSR, yang telah dilaksanakan oleh perusahaan. 

Pembuatan Sustainability Report tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada begitu banyak aspek dan perhitungan yang perlu dilakukan, serta banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti profil perusahaan, komitmen, keterlibatan, dan tata kelola perusahaan.

Karena itu, diperlukan ahli dalam pembuatannya. Sooca Design merupakan salah satu pilihan terbaik Anda dalam penyusunan Sustainability Report, SR BPR dan GCG Perusahaan dengan berbagai kemampuan yang tidak dapat diragukan lagi.

Kunjungi soocadesign.com untuk mendapatkan penawaran terbaik sekarang juga! 

GRATIS Mini Course

Kategori