Tips membuat katalog produk agar tampil menarik

Ingin Katalog Produk Tampil Menarik? Ini Tips-nya!

 

Bersumber pada riset yang dilakukan oleh eBay Research Labs, para peneliti menemukan jika toko yang memakai foto berkualitas tinggi berpotensi menggandakan tingkatan penjualan mereka. Jadi untuk hal ini mempelajari tips membuat katalog produk penting untuk diketahui.

Untuk mereka yang menyediakan foto tambahan melalui fitur slideshow bisa meningkatkan  konversi penjualan sampai 65%. Hal ini menampilkan pembeli online menyangka gambar produk senantiasa lebih penting dibanding informasi, pembahasan, serta evaluasi produk.

Gambar produk Anda berperan seperti etalase toko, dan ketika berjualan produk secara online, khususnya item fashion, katalog produk yang dirancang dengan rapi nyatanya akan membantu Anda memasarkan produk Anda dengan lebih baik.

Bila disajikan dengan konsep yang baik, elemen, properti serta posisi pemotretan yang sesuai, produk Anda akan tampak kian menarik, yang bisa tingkatkan keinginan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian.

Tips Membuat Katalog Produk

Tips membuat katalog produk
Image Source: pexels.com

Berikut ini beberapa tips membuat katalog produk supaya terlihat menarik, yaitu :

Kumpulkan Produk

Produk apa saja yang mau Anda jual di katalog ini? Apa saja warna serta ukurannya? Atur SKU (Stock Keeping Unit) masing-masing produk dengan rapi terlebih dulu saat sebelum beranjak ke sesi berikutnya. Ini juga saat yang tepat untuk Anda merapikan stok supaya tidak tercampur satu sama lain. Catat atribut tiap produk (rinci ukuran serta warna) pada aplikasi word untuk Anda simpan sebagai petunjuk.

Mengendalikan Isi Katalog

Poin penting yang lain! Anda wajib memastikan besar katalog, besar foto, banyak halaman serta letak menyimpan deskripsi supaya tertata dengan baik serta nyaman dilihat. Sebab ini merupakan katalog online, jangan sampai produk Anda sangat kecil sehingga konsumen sulit melihat keterangannya.

Tampilkan Sisi Terbaik dari Produk

Saat berbelanja online, pernah Anda berharap bisa membalik foto produk untuk melihat sisi lain dari produk tersebut? Mengambil sudut pandang pelanggan, pikirkan sisi mana dari produk Anda yang sangat mereka minati. Sediakan gambar produk dari bermacam sisi, khususnya untuk item fashion.

Dalam suatu katalog sangat penting untuk menyakinkan pelanggan ataupun calon pembeli menguasai betul keunggulan produk yang Anda tawarkan. Tidak hanya seluruh sisi (depan, samping, serta belakang), gambar close-up juga dibutuhkan untuk menunjukkan rincian kain, bahan, serta pola jahitan yang ada.

Pencahayaan yang Baik Menghasilkan Foto yang Baik

Keadaan pencahayaan yang baik tingkatkan atmosfer pemotretan secara merata serta menempatkan produk dalam sorotan. Sehingga membolehkan pelanggan untuk mempunyai gagasan yang jelas produk tampak di kehidupan nyata.

Jadi, yakinkan pada saat membuat katalog produk ada banyak sinar cerah serta alami di gambar Anda buat hasil terbaik. Yakinkan sudut pencahayaan tidak menghasilkan bayangan, serta bila ragu, senantiasa pakai warna yang lebih terang, dibanding hitam. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak mengekspos gambar Anda secara berlebihan.

Tentukan Elemen yang Seragam

Anda tentu mau menyajikan gambar produk Anda sebagai suatu koleksi. Yakinkan tiap produk mempunyai ukuran yang sama serta tiap gambar diambil dengan style yang sama. Yakinkan gambar mempunyai pola yang sama sesuai dengan aktivitas branding serta pesan perusahaan Anda. Apabila mencukupi, pilih satu tempat di kantor ataupun gudang Anda sebagai latar belakang untuk melindungi konsistensi gambar di seluruh lini produk.

Memakai Latar Belakang yang Kreatif

Tips membuat katalog produk yang selanjutnya adalah menggunakan latar belakang yang unik. Opsi warna latar belakang sangat penting saat memastikan tampilan totalitas suatu produk, demikian juga dengan desain katalog produk. Perlu warna yang tepat agar katalog produk Anda bisa tampil stand-out.

Cek Kembali Hasil Katalog Produk

jasa pembuatan desain katalog produk
Image Source:
pexels.com

Saat sebelum Anda mengunggah hasil gambar katalog ke website Anda, perhatikan kembali katalog Anda secara seksama. Hal ini terdengar simple tetapi langkah tambahan ini bisa membantu mengetahui hal yang bisa jadi Anda lewati.

Meninjau hasil gambar itu lagi saat sebelum diunggah membantu membenarkan kalau gambar produk Anda tidak buram, tidak di tengah ataupun overexposed. Namun sesuai dengan harapan Anda serta para calon pelanggan Anda.

Inilah beberapa tips membuat katalog produk supaya lebih menarik. Jika Anda berminat membuat katalog yang menarik maka Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan katalog produk seperti di soocadesign.

Kami memiliki layanan jasa pembuatan katalog produk yang lengkap mulai dari desain hingga cetak. Tunggu apa lagi, segera hubungi kami di sini.

GRATIS Mini Course

Kategori