cara menarik minat pelanggan dengan katalog

7 Cara Menarik Minat Pelanggan Dengan Katalog Online

Katalog adalah salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh para pemilik usaha. Cara menarik minat pelanggan dengan katalog online masih menjadi informasi yang banyak di cari hingga hari ini. Terlebih di era digital, katalog yang tadinya berbentuk kertas mulai beralih ke katalog online. Katalog online ini dapat memudahkan pelanggan anda untuk mencari produk dimana pun dan kapan pun. Namun anda memerlukan desain katalog menarik agar katalog produk anda dapat dilihat oleh calon pembeli produk anda.

Penggunaan katalog online kini lebih diminati karena selain dapat melakukan promosi ke lebih banyak pengguna internet, penggunaan katalog online juga dapat menekan biaya untuk promosi menjadi lebih rendah.

Cara Menarik Minat Pelanggan Dengan Katalog Online

Tetapi membuat sebuah katalog bukanlah hal yang mudah. Salah satu cara menarik minat pelanggan adalah dengan membuat sebuah katalog yang menarik. Ada banyak contoh katalog yang menarik di internet, anda dapat melihat contoh tersebut sebagai inspirasi anda. Meskipun begitu, anda tidak bisa menjiplak keseluruhan dari contoh katalog tersebut. Dibawah ini ada 7 cara menarik minat pelanggan dengan katalog online yang dapat Anda coba dan terapkan nantinya:

1. Menggunakan Foto yang Menarik

cara menarik minat pelanggan dengan katalog online (menggunakan foto yang menarik)
Image Source: unsplash.com

Penggunaan foto yang berkualitas dapat berpengaruh pada katalog promosi produk anda. Buatlah foto anda yang menarik perhatian, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan kamera DSLR atau menyewa fotografer.

Kini, anda dapat menggunakan handphone dan tripod untuk menghasilkan foto yang bagus. Potret foto produk anda tidak hanya dari satu sisi, ambilah detail dari produk anda dan atur juga cahaya dalam pengambilan foto.

2. Kumpulkan Referensi Visual

cara menarik minat pelanggan dengan katalog (referensi visual)
Image Source: pexels.com

Anda mungkin memerlukan referensi saat proses pengambilan foto, anda dapat melihat ke aplikasi seperti pinterest untuk mendapatkan inspirasi foto yang kreatif dan dapat menarik minat pembeli. Meskipun melihat referensi, anda tidak boleh untuk menjiplak karya tersebut, lakukanlah improvisasi dari referensi tersebut.

3. Menentukan Informasi Katalog

cara menarik minat pelanggan dengan katalog (menentukan informasi katalog)
Image Source: pexels.com

Salah satu yang paling penting selain membuat desain katalog menarik adalah dengan memasukan informasi yang lengkap pada katalog. Selain memasukan foto dan deskripsi produk, tampilkan juga dengan lengkap nama brand, logo, informasi kontak, website hingga alamat. Dengan menambahkan informasi perusahaan seperti itu, pelanggan juga dapat lebih mudah menghubungi anda.

4. Cantumkan Cara Membeli

cara menarik minat pelanggan dengan katalog (cara membeli)
Image Source: pexels.com

Karena katalog bertujuan untuk mempromosikan produk anda, maka cara menarik minat pelanggan selanjutnya adalah jangan lupa untuk mencantumkan cara membeli produk anda. Anda dapat menaruh form pembelian, kontak yang dapat dihubungi untuk memesan produk anda, atau dengan cara lainnya. Anda dapat menaruh semua informasi tersebut pada akhir halaman dari katalog.

5. Merangkai Isi Dengan Rapi

cara menarik minat pelanggan dengan katalog (daftar isi katalog)
Image Source: design.tutsplus.com

Rangkailah isi dari katalog anda dengan rapi, tentukan besaran gambar hingga font yang anda gunakan. Pastikan anda menaruh deskripsi dengan baik dan juga nyaman dipandang oleh pembacanya. Gunakanlah font dan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Setelah itu, pastikan juga semua hal tersusun dengan rapi sehingga tidak menyebabkan pembacanya bingung.

6. Memperhatikan Desain Katalog

cara menarik minat pelanggan dengan katalog (desain katalog)
Image Source: design.tutsplus.com

Salah satu hal yang paling penting yang harus anda perhatikan adalah penggunaan desain katalog menarik. Perhatikan nilai estetika dari katalog yang anda buat, sesuaikan design tersebut dengan produk atau brand anda. Pilihlah warna yang sesuai dan selaras dengan produk anda. Penggunaan warna desain yang salah dapat membuat pelanggan anda tidak ingin melihat katalog anda.

7. Perhatikan Jangka Waktu

cara menarik minat pelanggan dengan katalog (jangka waktu dan jasa pembuatan katalog produk)
Image Source: unsplash.com

Buatlah katalog yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, meskipun dapat digunakan dalam waktu yang lama, anda juga dapat rutin mengupdate foto dari produk anda. Segera edit katalog anda apabila terdapat produk baru atau informasi mengenai diskon terbaru dari produk anda. Hapus juga produk yang sudah sold out ataupun diskon atau promosi yang sudah lewat waktunya.

Pembuatan sebuah katalog produk memang bukan hal yang mudah dilakukan dan memakan cukup banyak waktu. Apabila anda merasa tidak mudah untuk melakukan hal-hal tersebut sendiri, maka anda dapat menggunakan jasa pembuatan katalog online ataupun cetak di Soocadesign.

Kami siap membantu Anda mulai dari isi konten, fotografi bahkan hingga cetak dengan harga yang bersaing.

Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut perihal jasa pembuatan katalog online atau cetak dari soocadesign? Klik DI SINI.

 

 

Referensi :

store.sirclo.com/blog/cara-membuat-katalog-online/

zilingotrade.id/id/blog/BLGCREATEONLINECATALOG

qiscus.com/id/blog/tips-membuat-katalog-produk-yang-menarik-di-whatsapp-business/

GRATIS Mini Course

Kategori