Tata kelola berkelanjutan bagi perusahaan

Tata Kelola Berkelanjutan untuk Pertumbuhan Perusahaan

Tata kelola berkelanjutan yang baik tidak hanya penting bagi perusahaan, tetapi juga penting bagi masyarakat. Ada hubungan erat antara tata kelola berkelanjutan perusahaan dan pertumbuhan perusahaan di masa mendatang. Laporan sustainability memiliki sejumlah keuntungan yang juga mencakup tata kelola berkelanjutan. 

Tata Kelola Berkelanjutan Dalam Penerapan Sustainability Report

tata kelola berkelanjutan bagi pertumbuhan perusahaan
Image by Pexels

Tata kelola berkelanjutan tentu menjadi pilar utama dalam pembuatan sustainability report (laporan keberlanjutan). Berikut adalah sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan melalui pembuatan laporan sustainability:

  1. Memberikan informasi kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal

Manajemen perusahaan yang berorientasi ke masa depan perlu mengomunikasikan upaya keberlanjutannya kepada pemangku kepentingan secara efektif. Tak sekadar normatif, laporan sustainability berisi bermacam-macam angka detil dari upaya-upaya keberlanjutan yang dilakukan oleh perusahaan, misalnya perhitungan emisi karbon.

Para pemangku kepentingan terdiri dari orang-orang dengan beragam latar belakang. Bisa jadi di antara mereka memahami angka-angka detil tersebut. Para pemangku mungkin saja bersikap kritis terhadap angka-angka yang ditampilkan.

Tapi, perusahaan setidaknya dapat meningkatkan hubungannya dengan para pemangku kepentingan melalui laporan sustainability. 

  1. Menunjukkan komitmen terhadap transparansi

Pelaporan keberlanjutan bahwa suatu perusahaan berkomitmen terhadap transparansi. Transparansi juga mampu meningkatkan kepercayaan antara perusahaan dan pemangku kepentingan. Ini juga membantu perusahaan untuk menemukan solusi inovatif baru dan dipandang sebagai tanda kepemimpinan yang baik.

Sebaliknya, perusahaan yang tidak transparan dapat menanggung akibat yang lebih besar. Angka emisi karbon yang tidak ditampilkan dalam laporan sustainability, misalnya, dapat menimbulkan kecurigaan bagi para pemangku kepentingan. Kecurigaan ini nantinya bisa menjurus pada persepsi miring tentang perusahaan.

  1. Mengukur dampak untuk meningkatkan kinerja

Keuntungan laporan sustainability berikutnya terkait dampak dan kinerja. Mengukur dampak memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Apa saja dampak dari upaya-upaya keberlanjutan yang telah dilakukan oleh perusahaan? Apakah dampak tersebut menuju ke arah positif atau sebaliknya? 

Jawaban seperti pertanyaan-pertanyaan di atas bisa menjadi landasan dalam peningkatan kinerja ke depannya. Strategi akan dipertajam. Kekurangan akan digantikan dengan solusi. Pada akhirnya, peningkatan kinerja bisa berdampak pada bertumbuhnya keuntungan perusahaan.

  1. Memperjelas visi 

Bayangkan memiliki visi yang jelas dan terperinci tentang semua operasi di dalam perusahaan dan rantai nilainya? Ini akan memungkinkan perusahaan menyusun strategi untuk langkah selanjutnya jauh lebih baik, bukan?

Visi yang lebih jelas pada gilirannya akan memungkinkan bisnis perusahaan berkembang tidak hanya hari ini, tetapi juga di masa depan. Tapi, ini dengan syarat manajemen perusahaan membuat keputusan yang lebih efektif dengan dampak jangka panjang yang positif. Ini bisa diawali dari kejelasan visi.

  1. Memotivasi karyawan

Perusahaan yang menerbitkan laporan sustainability memiliki keuntungan lain, yakni motivasi para pekerjnya menguat. Para pekerja saat ini–yang didominasi generasi Z dan milenial–ingin bekerja dalam perusahaan yang berbagi nilai-nilai pribadi mereka. Para pekerja ini semakin tertarik dengan cara perusahaan tempatnya bekerja juga memperhatikan sekitar lingkungan kerjanya.

Para pekerja tentu juga ingin berkontribusi untuk membangun masa depan yang lebih cerah dan lebih berkelanjutan. Itulah sebabnya komunikasi tentang inisiatif keberlanjutan akan berfungsi sebagai alat yang efektif dalam memotivasi karyawan. Inilah keuntungan laporan sustainability berikutnya.

  1. Membuat citra bertambah baik 

Citra adalah gambaran di benak publik mengenai sesuatu. Dalam konteks ini adalah perusahaan. Laporan sustainability menyajikan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam kontribusinya terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. 

Informasi-informasi yang menerpa publik akan membentuk persepsi dan gambaran mereka terhadap perusahaan. Mereka bisa saja menilai perusahaan itu peduli dan bekerja secara aktif untuk mencapai keberlanjutan. 

  1. Menarik modal dan investasi

Keuntungan laporan sustainability selanjutnya adalah memperoleh investasi modal. Modal adalah elemen penting untuk hampir seluruh bisnis. Seorang investor yang bijaksana ingin mengetahui risiko yang terkait dengan investasi mereka. Tidak memiliki gambaran yang jelas tentang profil risiko perusahaan tertentu akan membuat investor mundur perlahan-lahan.

  1. Peningkatan keterlibatan pemangku kepentingan

Keterlibatan pemangku kepentingan kadang-kadang bisa sedikit rumit karena ada begitu banyak kelompok pemangku kepentingan yang beragam yang biasanya membutuhkan jenis informasi yang berbeda. Laporan sustainability yang dijalankan secara profesional meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan. 

Tak hanya itu, laporan sustainability juga menawarkan keuntungan berupa sumber informasi relevan yang berkualitas tinggi, komprehensif, dan tersedia dengan mudah bagi pemangku kepentingan.

  1. Keunggulan kompetitif

Saat ini, mengomunikasikan upaya keberlanjutan perusahaan secara transparan menjadi lebih penting dari sebelumnya. Hal ini semakin dituntut oleh semua pemangku kepentingan, seperti pelanggan, konsumen, karyawan, pemasok, asuransi, pemberi pinjaman, investor, dan masyarakat secara keseluruhan.

Laporan sustainability memenuhi tuntutan ini dengan cara yang otentik, transparan, dan standardisasi dengan memberikan wawasan yang relevan kepada semua pemangku kepentingan. Dengan kata lain, laporan sustainability memberi perusahaan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan kompetitornya.

  1. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi

Identifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan menjadi keuntungan laporan sustainability lainnya. Laporan sustainability yang tersusun dengan baik memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi area kekuatan dalam operasinya, tetapi juga untuk menemukan kekurangannya. Ini berarti masih ada beberapa ruang untuk perbaikan.

  1. Menarik bakat baru 

Semakin banyak profesional yang ingin bekerja untuk perusahaan yang nilai-nilainya sejalan dengan nilai mereka. Hubungan kerja berdasarkan nilai-nilai bersama adalah hubungan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ini berarti kesempatan menarik bakat baru dari eksternal perusahaan. Ini juga berarti mengurangi biaya yang terkait dengan rekrutmen. Selain itu, karyawan yang berkomitmen diketahui berkinerja lebih baik di tempat kerja.

  1. Peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Telah diamati dalam beberapa penelitian bahwa komitmen kuat perusahaan terhadap program tanggung jawab sosial perusahaan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang terukur. Keberlanjutan perusahaan menjadi ekspektasi dasar konsumen, bukan pengecualian.

Jasa Pembuatan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report)

laporan keberlanjutan (sustainability report)
Image by Pexels

Dengan penjelasan di atas, maka perusahaan bisa merencanakan tata kelola berkelanjutan yang baik guna membantu proses pembuatan sustainability report.

Tidak perlu khawatir, Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan keberlanjutan secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik di skala lokal maupun internasional.

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaaan atau organisasi ternama di tanah air.

Kunjungi segera Soocadesign di www.soocadesign.com.

 

Resources:

greenly.earth/en-us/blog/company-guide/what-is-sustainability-reporting-and-why-is-it-important

www.bioregional.com/news-and-opinion/6-business-benefits-of-sustainability-reporting

GRATIS Mini Course

Kategori