software ESG soocadesign x convene (bantu proses pembuatan sustainability report dan ESG)

Software ESG untuk Permudah Tata Kelola Keberlanjutan Perusahaan

Software ESG sebagai Sustainability Reporting Tools

Software ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) digunakan untuk menganalisis dan melacak kinerja perusahaan dalam hal keberlanjutan lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola perusahaan. Alat ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengelola risiko yang terkait dengan masalah ESG, dan juga dapat digunakan oleh investor dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengevaluasi kinerja ESG perusahaan. Beberapa contoh alat perangkat lunak ESG meliputi perangkat lunak laporan keberlanjutan, perangkat lunak akuntansi karbon, dan perangkat lunak manajemen rantai pasokan. Alat ini juga dapat digunakan untuk menilai kinerja portofolio perusahaan atau sektor tertentu, untuk membantu investor dan pemangku kepentingan lainnya membuat keputusan yang tepat berdasarkan kinerja ESG perusahaan.

Software ESG dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, investor, dan pemangku kepentingan lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengelola risiko lingkungan dan sosial

Software ESG dapat digunakan untuk mengidentifikasi risiko lingkungan dan sosial yang mungkin dihadapi perusahaan, seperti risiko bencana alam atau risiko reputasi.

2. Membantu perusahaan dalam mengejar sasaran keberlanjutan

Software ESG dapat membantu perusahaan dalam mengejar sasaran keberlanjutan, seperti mengurangi emisi gas rumah kaca atau meningkatkan kualitas lingkungan kerja.

3. Memudahkan pelaporan keberlanjutan

Software ESG dapat memudahkan perusahaan dalam melaporkan kinerja keberlanjutan mereka kepada pemangku kepentingan, seperti investor, pemerintah, atau masyarakat.

4. Memudahkan evaluasi kinerja ESG perusahaan

Investor dan pemangku kepentingan lainnya dapat menggunakan software ESG untuk mengevaluasi kinerja ESG perusahaan, seperti mengevaluasi kinerja lingkungan atau kinerja sosial perusahaan.

5. Membantu dalam pengambilan keputusan investasi yang lebih baik

Software ESG dapat membantu investor dalam pengambilan keputusan investasi yang lebih baik dengan memperhitungkan faktor ESG dalam analisis investasi mereka.

6. Sebagai Sustainability Reporting Tools

Software ESG dapat membantu perusahaan dalam memudahkan menyusun sustaiability report dengan cepat dan tepat. Banyaknya aspek yang harus disusun dan dilaporkan dalam sustainability report, menjadikan sebagian tim dalam perusahaan kerepotan, namun dengan adanya sebuah software ESG, problem tersebut dapat lebih diringankan.

Contoh Software ESG di Pasaran

Beberapa contoh software ESG yang digunakan saat ini diantaranya:

  1. Carbon Tracker: Software ini digunakan untuk mengukur dan mengoptimalkan kinerja lingkungan perusahaan, termasuk mengukur emisi gas rumah kaca dan mengevaluasi risiko karbon.
  2. SASB Standards: Software ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam hal tata kelola, hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, dan tanggung jawab sosial.
  3. GRI Standards: Software ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam hal keberlanjutan, termasuk mengevaluasi dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi perusahaan.
  4. ENCORE: Software ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam hal keberlanjutan, termasuk mengevaluasi dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi perusahaan.
  5. Vigeo Eiris: Software ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam hal keberlanjutan, termasuk mengevaluasi dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi perusahaan.
  6. Convene ESG: perusahaan yang didedikasikan untuk membantu perusahaan digitally transformed, salah satunya adalah dalam proses pembuatan sustainability reporting. Dengan Convene, perusahaan Bapak/Ibu dapat :
  • Melihat proses sustainability progress dari internal perusahaan
  • Tidak perlu meng-update data dan angka menggunakan Ms Excel (Manual), sedangkan Bapak/Ibu dapat dengan mudah memasukkan data pada platform Convene. Ditambah lagi, Bapak/Ibu dapat assign specific people untuk mengisi data tersebut.
  • Sudah menyesuaikan dengan peraturan local (OJK), dan standard international (GRI, TCFD, ISSB, Etc)
    Auto calculation for carbon calculator
  • Dapat melakukan review secara berkala (quarterly) tanpa menambah cost yang signifikan (karena kita real-time update)

Itu hanyalah beberapa contoh dari software ESG yang tersedia saat ini, ada banyak lagi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau investor.

Kerjasama Sooca dengan Convene ESG

Melalui kemitraan strategisnya dengan Convene, Sooca kini telah mampu menyediakan layanan profesional untuk membantu proses pembuatan sustainability report dalam skala global. Tidak hanya sustainability report maupun sustainability report BPR, Sooca juga menyediakan jasa pembuatan GCG bagi perusahaan Anda. Pengerjaannya pun sudah disesuaikan dengan peraturan lokal (OJK) dan standar internasional seperti GRI, TCFD, ISSB, dll. Adapun fitur tambahan lainnya seperti auto calculation for carbon calculator dan review berkala (quarterly) secara real-time. Setiap data yang masuk juga dapat ditracking dari waktu ke waktu, sehingga lebih memudahkan dalam pembuatan report kedepannya. Update ini sangat diperlukan, mengingat selama ini, kasus data yang tidak update dan tidak terkelola dengan baik masih menjadi masalah yang sering dijumpai dalam pembuatan report perusahaan.

Sehingga pada akhirnya, setiap perusahaan yang mempercayakan proses pengerjaannya laporan keberlanjutannya kepada Sooca akan mampu menghasilkan report yang baik untuk meningkatkan citra mereka di mata publik dan investor. Layanan ini juga secara efisien akan membantu mengukur dan meningkatkan kinerja perusahaan dalam berbagai aspek, termasuk lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam lingkup lokal maupun internasional.

Apakah saat ini perusahaan Anda sudah memiliki sustainability report dengan ESG yang baik?

GRATIS Mini Course

Kategori