peran sustainability report dan tujuan sustainability report

Peran Sustainability Report dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Perusahaan atau organisasi dapat memiliki berbagai laporan untuk berbagai keperluan. Salah satu laporan yang bisa dibuat oleh perusahaan adalah laporan berkelanjutan (sustainability report). Apa yang dimaksud dengan sustainability report? Bagaimana peran sustainability report dan apa tujuannya bagi perusahaan?

Isu keberlanjutan semakin menjadi sebuah concern di kalangan masyarakat. Dalam perspektif korporasi, keuntungan bukan menjadi satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Korporasi juga dituntut menjaga kelestarian alam dan meningkatkan kehidupan sosial masyarakat. 

Sebuah perusahaan boleh saja tetap mengedepankan keuntungan ekonomi dan mengesampingkan urusan lingkungan serta sosial. Tapi, dalam beberapa kasus, perusahaan semacam ini tidak bertahan lama alias tidak berkelanjutan.

Apa Itu Sustainability Report?

jasa pembuatan sustainability report
Image Source: Pexels.com

Sustainability report merupakan laporan yang tidak hanya memuat informasi kinerja keuangan, melainkan juga informasi nonkeuangan. Sustainability report terdiri dari informasi kegiatan sosial dan lingkungan yang memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja yang berkelanjutan.

Sustainability report adalah alat utama yang tersedia bagi organisasi atau perusahaan untuk mengkomunikasikan kinerja dan dampaknya–positif atau negatif–dalam masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, dan governance/ESG).

Tujuan Sustainability Report

peran sustainability report
Image Source: Pexels.com

Berikut adalah beberapa tujuan sustainability report:

  1. Memperjelas strategi perusahaan

Saat menyiapkan sustainability report, manajemen perusahaan berarti akan memperjelas strategi perusahaan dari berbagai aspek. Strategi yang jelas mampu menjawab apa saja yang harus dipertahankan atau diarahkan dalam strategi perusahaan saat ini untuk bergerak menuju pembangunan yang lebih berkelanjutan?

Misalnya, jika perusahaan Anda memiliki dampak negatif terhadap masyarakat sekitar dan hal itu disebutkan dalam laporan, hal itu memberi ruang untuk modifikasi strategi bisnis guna mengubah aspek tersebut dan bertindak lebih baik terhadap lingkungan. Jadi, tujuan sustainability report mampu memperjelas strategi perusahaan.

  1. Meningkatkan komunikasi dengan pemangku kepentingan

Dalam banyak kasus, perusahaan menghadapi suatu masalah yang terdengar remeh, tapi krusial. Masalah itu adalah komunikasi. Peran penting komunikasi sering diabaikan. Padahal, masalah komunikasi bisa berdampak pada hal yang lebih besar, misalnya citra buruk.

Sustainability report dapat mengkomunikasikan berbagai hal kepada seluruh pemangku kepentingan. Komunikasi yang intens bisa membuat interaksi yang lebih personal. Interaksi yang harmonis pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan dan pengembangan perusahaan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Unilever pada tahun 2017, 33% dari responden lebih memilih untuk memperoleh produk dari perusahaan yang memiliki tujuan sosial. Tujuan sosial yang sampai ke mereka tentu dikomunikasikan. Salah satu medianya melalui sustainability report.

  1. Mencapai profitabilitas jangka panjang

Perusahaan yang melaporkan praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola mereka memiliki operasi yang lebih berkelanjutan dan menghasilkan profitabilitas yang lebih tinggi. Selain itu, perusahaan semacam ini akan mengalami peningkatan nilai pasar dari waktu ke waktu.

Aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola telah menjadi faktor yang sangat diapresiasi oleh investor. Secara langsung, hal ini mempengaruhi kesehatan keuangan organisasi di masa depan.

Sebuah penelitian oleh Harvard menilai beberapa perusahaan selama 18 tahun. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa perusahaan yang memperhatikan aspek-aspek di atas mengalami peningkatan nilai sahamnya sebesar 46,4% dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memperhatikan aspek-aspek tersebut.

  1. Mengelola risiko dengan lebih efektif

Tujuan lain sustainability report adalah terkait mitigasi risiko. Mitigasi risiko merupakan tugas internal perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengatur semua proses bisnisnya. Ini berarti memungkinkan manajemen perusahaan mencegah dan mengelola faktor risiko terkait keberlanjutan dengan cara terbaik.

Tidak peduli seberapa baik manajemen perusahaan merencanakan, semua bisnis menghadapi risiko yang melekat. Ini bahkan lebih terasa selama masa ketidakpastian, seperti saat krisis global atau pandemi Covid-19. 

Proyek melebihi anggaran, hasil proyek yang mengecewakan, tenggat waktu yang terlewat, reputasi memburuk, dan kerugian finansial adalah sebagian risiko yang selalu ‘menghantui’ perusahaan dalam mengarungi persaingan.

Mitigasi risiko dapat membantu perusahaan menavigasi kondisi yang tidak pasti dengan mengurangi risiko-risiko yang tidak perlu untuk kelangsungan bisnis.

  1. Meningkatkan reputasi dan kepercayaan

Tujuan sustainability report berikutnya adalah terkait citra. Bila perusahaan ingin meningkatkan reputasinya, maka sustainability report dapat menjadi salah satu caranya. 

Reputasi perusahaan dibangun di atas kinerja yang konsisten dan bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan publik. Dalam sudut pandang ekonomi, ‘siapa’ jauh lebih penting ketimbang ‘apa’ yang dijual. 

Mengapa konsumen dengan banyak pilihan lebih memilih satu merek daripada yang lain? Apakah hanya kualitas dan harga yang menentukan pembelian atau simpati untuk beberapa produk?

Tentu saja tidak. Etika perusahaan juga memainkan peran penting. New York Reputation Institute menemukan bahwa 60% responden memilih suatu produk berdasarkan kesadaran dan reputasi merek. 

Konsumen peduli dengan reputasi. Semakin banyak konsumen yang terhubung ke internet di pasar negara berkembang dan di tempat lain secara progresif membuat hubungan antara reputasi perusahaan dan merek produknya.

Suatu perusahaan atau organisasi bisa memiliki satu atau lebih tujuan di atas melalui sustainability report. Meski begitu, menyusun sustainability report bukan perkara mudah. Yang sering terjadi adalah kesenjangan antara persepsi dan realitas keberlanjutan itu sendiri. Artinya, persepsi masih jauh dari kata sesuai dengan realitas atau sebaliknya.

Soocadesign dapat membantu perusahaan atau organisasi yang hendak menyusun sustainability report sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. 

Klik DI SINI untuk melihat portfolio kami.

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copywriting sustainability report, hingga design graphic untuk bisnis dan korporasi.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air dalam perihal dunia reporting.

Hubungi segera tim SOOCADESIGN untuk mendapatkan penawaran spesialnya:

Jasa Pembuatan Sustainability Report.

 

Sumber:

askelsustainabilitysolutions.com/benefits-of-sustainability-reporting

flagshipimpact.com/tpost/2zvy50ihs1-does-sustainability-have-an-impact-on-co

GRATIS Mini Course

Kategori