perbedaan ide desain kemasan makanan, desain kemasan minuman, desain kemasan minuman

Perbedaan Ide Desain Kemasan Makanan, Minuman & Pakaian

Berbicara tentang ide desain kemasan, tentu setiap produk memiliki kebutuhan dan ciri khas desain yang berbeda satu dengan lainnya. Apabila Anda baru membuka usaha atau merambah bidang baru yang berbeda dengan bidang usaha sebelumnya, maka Anda harus mengenali adanya perbedaan ide desain kemasan makanan, ide desain kemasan minuman dan ide desain kemasan pakaian.

Ketiga produk tersebut adalah produk yang paling banyak memiliki kompetitor, sehingga perlu keunikan tersendiri agar dapat tampil menonjol. Karena tidak mudah dikerjakan seorang diri, maka Anda bisa memanfaatkan jasa desain kemasan makanan, minuman, dan pakaian. Minimal, konsultasi terlebih dahulu agar tahu gambaran ide desain kemasan seperti apa yang Anda inginkan.

Perbedaan Ide Desain Kemasan Makanan, Desain Kemasan Minuman, Desain Kemasan Pakaian

Ketiga produk tersebut memang sama-sama dianggap sebagai fast moving consumer goods (FMCG). Namun, ketika kita memutuskan untuk membuat desain kemasan dan tidak tepat atau tidak sesuai, bersiaplah hasilnya tidak akan sesuai ekspektasi Anda. Sebuah visual desain kemasan dalam hal ini merupakan nilai plus dari produk yang ditawarkan.

1. Desain Kemasan Makanan

jasa desain kemasan makanan
Photo by Brett Jordan on Unsplash

Ide desain kemasan yang digunakan sebagai kemasan untuk makanan sebaiknya menggunakan warna-warna bold dan terang dengan menonjolkan komposisi utama yang terdapat pada bahan pembuatnya.

Misalnya sebuah produk makanan menawarkan menu vegetarian dengan kaldu jamur yang rasanya tidak kalah dari broth bone (kaldu tulang baik daging maupun ayam). Maka, buatlah gambar jamur menjadi salah satu yang mendominasi.

Kemudian masukan pula apa saja signature yang menjadi ciri khas dibanding produk sejenis milik kompetitor. Gunakanlah warna merah, kuning, dan warna-warna terang lainnya. Design packaging dari jasa desain kemasan makanan yang digunakan, serta hasil cetak kemasan makanan harus memiliki kualitas yang baik dan aman serta sesuai dengan aturan food grade.

2. Desain Kemasan Minuman

ide desain kemasan minuman
Photo by Johnny Z on Unsplash

Sebenarnya, ide desain kemasan minuman tidak jauh berbeda dengan ide kemasan pada makanan. Hanya saja, untuk sebuah kemasan minuman, gunakanlah warna-warna yang menjadi ciri khas dan warna dasar air.

Seperti warna biru laut yang digunakan untuk kemasan minuman isotonik, hijau lime untuk minuman dengan perisa lime atau lemon. Selain itu, desain kemasan untuk minuman sebaiknya memiliki desain yang ergonomis dan praktis.

Adapun ergonomi adalah interaksi manusia dengan sistem, profesi, prinsip, data, dan metode dalam rangka merancang sistem tersebut agar sesuai dengan kebutuhan, keterbatasan, serta keterampilan manusia.

Dengan kata lain, ergonomi merupakan ilmu yang membicarakan desain untuk manusia. Secara sederhana, istilah ini dapat diartikan sebagai sebuah upaya menyesuaikan lingkungan kerja dengan kebutuhan pengguna atau manusianya.

Tidak lupa, sebuah desain kemasan minuman juga harus praktis. Artinya ketika sebuah botol atau kaleng atau design berbentuk lain minuman, itu akan memudahkan untuk dibawa kemananapun atau dimasukan ke dalam tas kecil.

Hal itu karena pada fitrahnya, manusia akan senantiasa membutuhkan minuman kapanpun dan dimanapun. Penggunaan material yang dipilih untuk kemasan minuman juga diatur sedemikian ketat oleh pemerintah. Khususnya apabila menggunakan bahan kemasan dari plastik maka ada persayaratan dan logo tertentu yang aman dan bisa digunakan sebagai kemasan.

3. Desain Kemasan Pakaian

perbedaan desain kemasan makanan, desain kemasan minuman, desain kemasan minuman
Photo by Pinterest

Terakhir, kita akan mencari sebuah ide mengenai desain kemasan pakaian. Seiring dengan perkembangan zaman, makin banyak desain kemasan pakaian yang ditawarkan oleh para pengusaha. Mayoritas desain kemasan pakaian akan sesuai dengan apa yang ditawarkannya atau segmen pasarnya.

Jika pakaian itu menjual pakaian anak laki-laki, maka akan memiliki desain yang tidak jauh dari warna biru laut, motif kapal, dan sejenisnya. Untuk anak perempuan akan cenderung lebih feminim dan menawarkan warna-warna kalem seperti pink yang bernuansa bunga atau pita.

Sedangkan untuk remaja atau dewasa, akan baik itu laki-laki atau perempuan akan lebih banyak menggunakan warna-warna desain kemasan yang lebih netral atau bahkan monokrom.

Pemilik brand juga akan berlomba untuk menyediakan kemasan pakaian yang lebih memiliki daya guna serta ramah lingkungan.

Jasa Desain Kemasan Makanan, Minuman & Pakaian

Seperti yang sudah disampaikan di atas, ada beberapa perbedaan ide desain kemasan pada ketiga produk tersebut. Dalam pengaplikasiannya, mungkin Anda membutuhkan jasa desain kemasan makanan, minuman, dan pakaian yang profesional seperti SOOCADESIGN.

Tidak hanya memberikan ide desain kemasan, kami juga akan memberikan opsi desain yang unik dan berkarakter sesuai dengan citra brand Anda. Selain desain, kami juga memiliki layanan lainnya seperti fotografi dan cetak.

Ingin mendapatkan penawaran jasa desain kemasan makanan, minuman atau pakaian? Hubungi segera SOOCADESIGN.

JASA DESAIN KEMASAN MAKANAN

JASA DESAIN KEMASAN MINUMAN

JASA DESAIN KEMASAN PAKAIAN

GRATIS Mini Course

Kategori