cara meningkatkan brand awareness produk dengan desain yang bagus

Cara Meningkatkan Brand Awareness Produk

Apa itu brand awareness? Ketika ada seseorang yang membawa sebuah cup minuman dengan logo wanita-duyung, atau seseorang yang membawa sebuah paper bag dengan logo H&M yang besar. Atau ketika melihat sebuah gadget, handphone, laptop atau tablet dengan logo apel yang digigit, Anda pasti dapat menebak dan langsung tahu merk dari barang-barang tersebut. Jadi, inilah yang dikenal sebagai brand awareness produk.

cara meningkatkan brand awareness produk
Photo by Omar Lopez on Unsplash

Pada artikel kali ini, SOOCADESIGN akan membahas dan memberikan gambaran mengenai apa itu brand awareness sekaligus manfaatnya bagi pemilik brand.

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah elemen desain. Misalnya seperti warna, simbol, serta logo dapat mambangun dan mengasosiasikan sebuah ingatan tertentu serta perspektif terhadap sebuah merek dari produk tertentu kepada seseorang. Berikut cara yang bisa Anda tiru untuk meningkatkan brand awareness produk.

Apa Itu Brand Awareness?

Di Indonesia, brand awareness lebih dikenal dengan sebutan kesadaran merek. Lalu, sebenarnya apa itu brand awareness?  Secara harafiah, brand awareness adalah kemampuan konsumen dan masyarakat untuk mengenali dan mengingat suatu merek secara langsung hanya dengan melihat ciri khas berupa perpaduan warna, ikon, gambar, dan sebagainya yang menggambarkan dan menjadi sebuah trademark dalam identitas sebuah brand tententu.

Kemampuan konsumen dan masyarakat dalam mengenali serta mengingat merek ini sangat diperlukan. Mengapa? Karena kemampuan tersebut akan menjadi faktor utama yang dapat menentukan perilaku positif konsumen dan pasar dalam pengambilan keputusan ketika akan melakukan suatu pembelian.

Pengaruh Desain Kemasan yang Bagus Terhadap Brand Awareness Produk

desain kemasan yang bagus membantu meningkatkan brand awareness
Photo by Unsplash

Merujuk terhadap hasil penelitian Bo Rundh dalam literatur dengan judul How Packaging Is Influencing the Marketing Strategy, desain kemasan yang bagus yang dimiliki sebuah produk memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya dapat menarik perhatian masyarakat terhadap brand tersebut, dapat meningkatkan image, juga membentuk persepsi masyarakat mengenai produk yang ditawarkan.

Pada saat yang bersamaan, penting juga bagi pemilik brand juga untuk mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan awareness konsumen terhadap produk dan jasa mereka. Hal ini dilakukan sekaligus sebagai sebuah pengembangan strategi untuk promosi, penjualan, bahkan strategi selaku pengembangan usaha sebuah brand secara holistik.

Jika melihat kebelakang, kemasan dari sebuah brand seperti kemasan produk perawatan kulit, makanan, minuman atau kemasan produk lainnya lebih menitikberatkan fungsi dasarnya yang hanya sekedar sebagai pembungkus. Sehingga, kemasan harus bisa membuat first impression yang kuat dan spontan yang akan mempengaruhi tindakan positif konsumen ditempat penjualan produk.

Saat ini, pengaruh suatu desain kemasan yang bagus terhadap keputusan dan minat beli konsumen telah disadari oleh produsen selaku pemilik brand. Bukan hanya memiliki fungsi untuk melindungi dan membungkus produknya, tetapi jauh lebih dari itu.

Diantara persaingan produk serupa yang semakin ketat di pasar dan konsumen, produsen diharuskan untuk meningkatkan fungsi kemasan. Sehingga, dapat membantu meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk mereka.

Hal itu disampaikan melalui aspek warna, grafis, bentuk maupun desainnya yang begitu artistik. Nantinya aspek-aspek tersebut dapat membantu menciptakan brand awareness produk yang akan dijual.

Desain kemasan yang bagus tentu akan membuat konsumen merasa lebih bangga dan senang ketika membawa produk yang telah dibelinya sambil bepergian kemanpun. Oleh karena itu, suatu bentuk produk juga harus memiliki desain dengan mempertimbangkan unsur praktis bagi konsumen yang akan membawanya dalam jangka waktu cukup lama.

Tidak sedikit konsumen yang membeli suatu produk secara sadar akan rasa ketertarikannya tersebut karena alasan warna atau bentuk desain kemasan dari suatu produk. Tidak sedikit pula konsumen yang membeli karena impulse buying, yang disebabkan karena desain yang menarik. Sehingga desain kemasan yang bagus menjadi salah satu faktor efektif untuk membuat konsumen mau membeli suatu produk.

Jasa Desain Logo & Kemasan

Seperti yang sudah kita bahas bersama, logo dan desain kemasan yang bagus berperan penting dalam membentuk brand awareness di masyarakat. Dengan menggunakan jasa desain logo dan kemasan yang profesional, Anda bisa membuatnya dengan lebih spektakuler. Pastikan logo dan desain kemasan produk Anda akan mampu diingat oleh calon pembeli. Sehingga tidak tenggelam dengan brand kompetitor lainnya.

Butuh konsultasi lebih lanjut mengenai cara meningkatkan brand awareness produk, atau ingin langsung mendapatkan penawaran jasa desain logo & kemasan yang profesional?

Langsung saja hubungi SOOCADESIGN melalui kontak yang ada di bawah ini:

JASA DESAIN LOGO & KEMASAN

GRATIS Mini Course

Kategori