Fungsi Sekretaris Perusahaan dalam Penyusunan Laporan Tahunan

Fungsi Sekretaris Perusahaan dalam Penyusunan Laporan Tahunan

Sekretaris perusahaan adalah pejabat kepatuhan perusahaan. Dewan, serta ketua, mengandalkan sekretaris perusahaan untuk memberi tahu mereka tentang tugas mereka berdasarkan undang-undang, persyaratan tata kelola perusahaan, kepatuhan terhadap aturan pencatatan, dan melakukan rapat yang diwajibkan secara hukum secara tepat waktu dan tepat. Lantas, apa fungsi sekretaris perusahaan dalam penyusunan laporan? Tunggu sebentar, mari kita ulas terlebih dahulu tentang persyaratan penunjukan sekretaris perusahaan.

Pasal 88 Companies (Amandemen) Act 2014 menyatakan bahwa setiap perusahaan di Singapura harus menunjuk satu atau lebih Sekretaris Perusahaan. Persyaratan Sekretaris Perusahaan harus:

  1. Orang yang alami; dan
  2. Seorang penduduk Singapura

Bagaimana jika orang asing ingin menjadi sekretaris perusahaan di Singapura? Bagian ini juga menyatakan bahwa direktur suatu perusahaan, ketika mengangkat seorang sekretaris harus memastikan bahwa sekretaris tersebut memiliki pengalaman, kualifikasi akademik dan profesional yang diperlukan.

Perusahaan tidak dapat menunjuk seseorang sebagai sekretaris perusahaan jika orang tersebut memiliki perintah pencekalan terhadapnya oleh Panitera, pada tanggal pengangkatan. Panitera dapat mencekal sekretaris yang melanggar salah satu bagian yang relevan dari Undang-undang. Sebuah perusahaan tidak dapat menunjuk seorang direktur sebagai Sekretaris Perusahaan jika dia adalah satu-satunya direktur organisasi. Kantor Sekretaris tidak boleh dibiarkan kosong selama lebih dari 6 bulan setiap saat. Sebagian besar pendiri akan menunjuk Sekretaris Perusahaan pada saat yang sama ketika menggabungkan perusahaan mereka.

Mengenal Semua Fungsi Sekretaris Perusahaan dalam Penyusunan Laporan Tahunan Perusahaan

fungsi sekretaris perusahaan dalam penyusunan laporan tahunan
photo created by snowing

Peran sekretaris perusahaan telah berkembang dari waktu ke waktu untuk memasukkan banyak tugas administratif dan manajerial. Termasuk salah satunya yaitu fungsi sekretaris perusahaan dalam penyusunan laporan tahunan. Tata kelola perusahaan penting bagi perusahaan publik karena memberikan mereka ketergantungan untuk memastikan kepatuhan perusahaan dan untuk menangani inisiatif pemegang saham aktivis. Dengan berkomitmen pada tata kelola yang baik, perusahaan menunjukkan bahwa mereka berinvestasi dalam produktivitas, meningkatkan hubungan masyarakat, dan lebih terlibat dalam komunitas mereka. Antara lain, tata kelola yang baik mendukung karyawan dan memberikan jalan bagi dewan untuk meningkatkan nilai pemegang saham.

Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

Peran sekretaris perusahaan telah berkembang dari waktu ke waktu. Akibatnya, 10 tanggung jawab paling penting dari sekretaris perusahaan juga telah berkembang dan mereka sangat berbeda hari ini daripada 10 tahun yang lalu. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab sekretaris perusahaan saat ini:

1. Memastikan bahwa Dewan memiliki sumber daya untuk memenuhi kewajiban fidusia kepada pemegang saham perusahaan.

2. Mempersiapkan risalah tindakan dewan selama rapat dewan dan komite untuk mencerminkan pelaksanaan tugas fidusia dewan secara tepat.

3. Melayani sebagai konsultan kunci untuk dewan direksi dan tim manajemen eksekutif.

4. Sekretaris perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kerangka tata kelola perusahaan untuk perusahaan dirancang, diterapkan, dan dipelihara dengan benar.

5. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab atas pengelolaan tata kelola badan hukum.

6. Sekretaris Perusahaan juga bertanggung jawab untuk terlibat dan menjadi penghubung bagi penyedia layanan tata kelola perusahaan pihak ketiga.

7. Sekretaris perusahaan bertanggung jawab atas program tata kelola perusahaan dan pengembangan serta peningkatan proses.

8. Sekretaris perusahaan bertanggung jawab untuk pelatihan dan pengembangan dewan direktur.

9. Sekretaris perusahaan memainkan peran integral dalam berkolaborasi dengan tim eksekutif.

10. Sekretaris perusahaan adalah penjaga dan orang yang mengarahkan semua dokumen perusahaan.

Demikianlah beberapa informasi tentang fungsi sekretaris perusahaan dalam penyusunan laporan tahunan. Apabila saat ini perusahaan Anda sedang berencana untuk mengerjakan laporan tahunan, konsultasikan segera kepada ahlinya yaitu SOOCADESIGN.

GRATIS Mini Course

Kategori