tips menyusun annual report lembaga non profit

4 Tips Menyusun Annual Report Lembaga non Profit

Ada beberapa tips menyusun annual report lembaga non profit yang perlu diketahui. Tips ini dapat memudahkan Anda menyusun annual report yang baik untuk berbagai jenis lembaga non profit.

Perlu diketahui, annual report atau laporan tahunan tidak harus dibuat oleh lembaga non profit atau nirlaba. Hal ini berbeda dengan perusahaan publik yang harus membuat annual report jelang akhir tahun.

Meski begitu, penyusunan annual report tidak boleh diabaikan begitu saja oleh lembaga non profit. Penyusunan annual report dapat ditujukan kepada para donatur saat ini dan calon donatur yang berpotensi menyuntikkan dana untuk lembaga non profit yang bersangkutan. Oleh karenanya, bagian annual report yang perlu di-highlight adalah pencapaian lembaga non profit.

Tips Menyusun Annual Report Lembaga non Profit

4 tips menyusun annual report lembaga non profit
image source: freepik.com

Cara paling mudah tentu saja menggunakan jasa pembuatan annual report lembaga non profit yang berpengalaman dan profesional. Namun sebelum melangkah kesana, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips dari Sooca Design yang satu ini. Berikut kami bagikan 4 tips menyusun annual report lembaga non profit yang baik. Mari kita ulas bersama!

1. Fokus pada Pencapaian Lembaga

Seperti yang disebutkan di atas, bagian laporan tahunan lembaga non profit yang perlu di-highlight adalah pencapaian atau prestasi. Namun, selama ini acap kali lembaga non profit keliru meletakkan fokus utama. Tidak sedikit lembaga non profit yang menaruh fokus utama pada laporan berbagai kegiatan selama setahun terakhir, bukan pencapaiannya.

Padahal, pembaca lebih suka menyoroti hasil atau capaian dari berbagai kegiatan yang dilakukan lembaga non profit. Selain itu, pembaca juga lebih suka mengetahui cara lembaga non profit mencapai hasil tersebut. Oleh karenanya, meng-highlight pencapaian dan cara mendapatkannya penting dilakukan dalam penyusunan annual report lembaga non profit.

2. Tidak Perlu Menekankan Penggalangan Dana

Ketahuilah, penggalangan dana yang berjumlah besar dalam waktu singkat bukanlah pencapaian yang harus ditonjolkan dalam annual report lembaga non profit. Memang hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi lembaga non profit. Namun ketahuilah pembaca lebih menyukai bagaimana lembaga mengelola dana berjumlah besar yang berhasil dikumpulkannya itu.

Oleh karenanya, dalam penyusunan annual report, Anda tidak perlu menekankan pada usaha penggalangan dana. Cukup taruh pembahasan itu pada bagian akhir laporan.

3. Tampilkan Dokumentasi Kegiatan

Tidak sedikit pembaca yang melewatkan halaman demi halaman annual report untuk dibaca. Namun, pembaca biasanya tidak akan melewatkan bagian yang berisikan dokumentasi kegiatan selama setahun terakhir. Jadi, tips menyusun annual report lembaga non profit berikutnya adalah menampilkan dokumentasi kegiatan.

Dokumentasi kegiatan sebaiknya disuguhkan dalam bentuk foto. Jangan lupa menambahkan deskripsi dari foto-foto yang dimuat. Kemudian, hubungkan dengan pencapaian lembaga non profit yang bersangkutan. Cara penyuguhan dokumentasi kegiatan seperti ini akan menambah nilai kemenarikan bagi pembaca.

4. Jelaskan Pengelolaan Keuangan dengan Baik

Tidak sedikit pembaca yang memberikan perhatian ‘singkat’ pada bagian laporan keuangan annual report lembaga non profit. Oleh karenanya, Anda sebaiknya menjelaskan pengelolaan keuangan lembaga secara singkat namun jelas dan mendetail.

Penjelasan pengelolaan keuangan ini dapat berupa cara atau strategi lembaga non profit dalam memperoleh dana, pemanfaatan dana dan strategi menghemat dana dalam setahun terakhir. Agar mudah dipahami pembaca, Anda bisa menambahkan tabel, bagan, infografis dan sejenisnya. Jadi, sebaiknya jangan hanya menyajikan laporan keuangan dalam bentuk teks.

Itulah beberapa tips menyusun annual report lembaga non profit yang baik. Dari tips di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa annual report yang baik untuk lembaga non profit menekankan pada pencapaian selama setahun terakhir. Kendati begitu, beberapa hal lain seperti pengelolaan dana dan dokumentasi kegiatan tidak boleh disepelekan begitu saja.

Jika Anda kesulitan atau tidak memiliki banyak waktu untuk menyusun annual report, Anda dapat menggunakan jasa pihak lain, Sooca Design memberikan layanan terbaik untuk jasa pembuatan annual report lembaga non profit dan tentunya juga untuk pembuatan sustainability report-nya.

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori