Mengapa Annual Report Penting Bagi Perusahaan?

Ada beberapa alasan mengapa annual report penting bagi perusahaan. Nah, bagi Anda yang baru merintis perusahaan, Anda harus memahami beberapa alasan pentingnya pembuatan annual report ini. Mari simak dengan saksama!

Setiap perusahaan publik yang terdaftar di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wajib membuat annual report. Annual report atau laporan tahunan ini biasanya dibuat jelang pengujung tahun. Jadi, perusahaan publik yang legal tidak akan melupakan pembuatan annual report setiap tahunnya.

Annual report akan memberi tahu Anda apa yang telah dilakukan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan ini, apa strateginya dan apakah kinerja ini akan bertahan lama atau tidak.

Annual report adalah gudang informasi kualitatif yang sangat penting dalam membuat keputusan investasi. Informasi tersebut mencakup hal-hal berikut:

Tim diskusi dan analisis manajemen, serta pidato pimpinan: Dua bagian ini menceritakan aspirasi perusahaan dan di mana ia ingin berada di masa depan. Ini menggambarkan kompetensi inti perusahaan dan di mana perusahaan menghabiskan untuk membangun kemampuan. Tim diskusi dan analisis manajemen tidak hanya memberikan gambaran tentang strategi masa depan perusahaan, tetapi juga memberi tahu Anda apakah manajemen benar-benar menjalankannya. Dengan membaca annual report laporan tahun-tahun sebelumnya, maka Anda akan dapat memeriksa apakah perusahaan terjebak pada rencananya atau sering menyimpang dari jalur strategi yang seharusnya.

Annual report ditujukan untuk pengguna eksternal, yakni pihak yang berada di luar perusahaan yang ingin mengetahui informasi internal perusahaan. Pengguna eksternal dapat menjadikan annual report sebagai bahan analisis guna menentukan keputusan bisnis. Adapun salah satu pengguna eksternal adalah investor. Mereka menjadikan annual report untuk menentukan apakah perusahaan itu layak mendapatkan suntikan dana atau tidak.

Mengenal Annual Report Lebih Dekat

mengapa annual report penting bagi perusahaan
sumber gambar: istock.com

Sebelum mengetahui alasan mengapa annual report penting bagi perusahaan, Anda harus memahami pengertian dari annual report itu sendiri. Annual report adalah laporan tahunan yang memuat berbagai aktivitas dan perkembangan perusahaan serta laporan keuangan dalam rentang waktu satu tahun.

Selain yang disebutkan di atas, annual report juga memuat informasi-informasi penting tentang perusahaan secara komprehensif. Di antaranya: kondisi perusahaan terkini, pencapaian perusahaan setahun terakhir, tantangan yang dihadapi perusahaan, prospek perusahaan di masa depannya dan lain sebagainya.

Nah, perusahaan pada umumnya mempublikasikan laporan tahunan dalam bentuk konvensional maupun digital. Publikasi pada dua ‘wadah’ yang berbeda ini penting dilakukan guna mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Mengapa Annual Report Penting Bagi Perusahaan?

Sedikitnya ada empat alasan mengapa annual report penting bagi perusahaan. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Acuan Penilaian Performa Perusahaan

Annual report atau laporan tahunan dapat dijadikan sebagai acuan penilaian performa perusahaan oleh perusahaan itu sendiri. Jadi, orang-orang di dalam perusahaan atau pihak internal dapat mengetahui seperti apa kinerjanya selama satu tahun terakhir.

Di sisi lain, annual report juga dapat dijadikan sebagai acuan penilaian performa perusahaan oleh pengguna eksternal. Bagi investor, annual report adalah sumber penting untuk mengetahui seberapa menguntungkannya jika berinvestasi di perusahaan tersebut. Adapun bagi publik, annual report dapat dijadikan informasi terkait manfaat dari membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan perusahan.

  1. Sebagai Sarana Memperoleh Kepercayaan Publik

Kredibilitas dan profesionalitas perusahaan termuat dalam annual report. Hal ini, tentunya, dapat dijadikan sarana bagi perusahaan untuk memperoleh kepercayaan publik sehingga reputasi makin melejit.

Oleh karenanya, pembuatan annual report harus betul-betul sesuai dengan kondisi perusahaan. Jika tidak sesuai, sangat mungkin publik tidak akan menaruh kepercayaan kepada perusahaan yang bersangkutan karena dianggap melakukan kebohongan.

  1. Memberikan Informasi Pencapaian Perusahaan

Annual report juga dapat dijadikan sarana untuk menyampaikan informasi pencapaian perusahaan. Pencapaian perusahaan yang dimaksud tidak hanya sebatas peningkatan laba bersih, melainkan juga kualitas layanan, performa kerja hingga penghargaan yang diterima dalam rentang waktu satu tahun terakhir.

Hal ini, tentunya, dapat meningkatkan reputasi perusahaan sebagai dampak dari kepercayaan publik yang (juga) meningkat.

  1. Media Promosi

Terakhir, mengapa annual report penting bagi perusahaan? Ketahuilah annual report juga memuat identitas perusahaan secara detail, termasuk riwayat perusahaan dari awal berdiri hingga terkini. Hal ini bisa dijadikan media perusahaan untuk memperkenalkan atau mempromosikan diri ke publik, termasuk apa saja produk/jasa yang ditawarkannya.

Itulah empat alasan mengapa annual report penting bagi perusahaan. Oleh karenanya, annual report tidak boleh dibuat asal-asalan. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan jasa laporan tahunan profesional.

Sooca Design memberikan layanan terbaik untuk jasa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan. Segera hubungi kami untuk mendapatkan solusi lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori