cara menulis annual report (jasa annual report)

Bagaimana Menulis Annual Report yang Baik?

Bagaimana menulis annual report yang baik? Menulis annual report bukanlah pekerjaan yang mudah dan menguras waktu. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menulis annual report yang baik. Pembahasan artikel ini akan menjawab pertanyaan di atas.

Annual report atau laporan tahunan biasanya dibuat jelang akhir tahun. Isi annual report sangat komprehensif terkait perusahaan dan perkembangannya selama setahun terakhir. Mulai dari laporan keuangan, kondisi perusahaan terkini, pencapaian perusahaan hingga prospek perusahaan ke depannya.

Untuk menulis sebuah annual report atau laporan tahunan, operasi bisnis (business operation) dan posisi keuangan (financial position) perlu dicatat dan diringkas dengan detail. Annual report sendiri merupakan dokumen keuangan yang diberikan bisnis kepada pemegang saham, calon investor, dan analis. Laporan tahunan inilah yang menjadi sumber informasi terbaik tentang kinerja bisnis dan kesejahteraan finansial bisnis.

Annual report ditujukan untuk pengguna eksternal yang ingin mengerti kondisi perusahaan ter-update, aktivitasnya dan rencana yang akan dilakukan di kemudian hari. Salah satu pengguna eksternal yang dimaksud adalah investor.

Dengan mengetahui laporan tahunan yang disusun perusahaan, investor nantinya dapat menentukan langkahnya, apakah memberikan suntikan dana yang makin besar atau justru ‘ogah’ memberikan suntikan dana kepada perusahaan. Oleh karenanya, penulisan annual report tidak boleh sembarangan mengingat fungsinya dapat menentukan nasib perusahaan.

Cara Menulis Annual Report yang Baik

cara menulis annual report (jasa annual report dan sustainability report)
sumber: istock.com

Anda harus mengetahui bagaimana cara menulis annual report yang baik. Yang dimaksud baik berarti isi annual report dapat tersampaikan dengan baik, menarik dan mampu menarik dan meyakinkan pengguna eksternal untuk meningkatkan kerja sama dengan perusahaan.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis annual report yang baik. Simak dengan saksama ya!

1. Menggunakan Bahasa dengan Baik dan Benar

Penulisan annual report dapat dijadikan dalam dua bahasa sekaligus, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kedua-duanya tentu harus menggunakan kaidah penulisan yang baik dan benar. Dengan kata lain, tata bahasa atau grammar yang digunakan harus sesuai dengan aturan yang ada.

Lebih lanjut, penulisan annual report harus menyerupai karya ilmiah. Jadi, tanda bacanya jelas, konjungsi yang digunakan tepat dan (tentunya) terang dalam pemaparan.

2. Mulai Untuk Memikirkan Konten

Perencanaan yang baik sangat penting jika Anda ingin mempermudah tahap penulisan. Salah satu langkah awal yang penting untuk dilakukan dalam menulis annual report adalah mulai untuk memikirkan isi konten. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda sampaikan sebelum mulai untuk menulis. Ada tiga aspek utama dalam hal ini: apa yang ingin Anda sampaikan, apa yang harus Anda sampaikan, dan apa dikatakan orang lain di industri Anda.

3. Menentukan Key Messages

Kemungkinan besar, manajemen Anda akan memiliki poin-poin penting yang mereka ingin audiens Anda pahami tentang bisnis, strategi, kinerja, dan prospeknya. Sepeti contohnya, apakah tahun ini adalah tahun dengan pencapaian yang baik, atau hanya memperoleh hasil rata-rata? Atau mengenai optimisme perusahaan di masa depan, atau bisa juga tentang strategi keberlanjutan.

Setiap perusahaan akan memiliki topik hangat-nya sendiri. Dengan menentukan key messages di awal tahap menulis annual report, maka Anda akan menghemat lebih banyak tenaga di tahap-tahap penulisan selanjutnya.

4. Mudah Dipahami

Selain menggunakan bahasa yang baik dan benar, penulisan laporan tahunan juga wajib memerhatikan aspek bahasa yang mudah dipahami. Bahasa yang mudah dipahami yang dimaksud berlaku untuk semua kalangan, terutama pengguna eksternal.

Dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, pengguna eksternal dapat lebih mudah memahami isi annual report. Sehingga, tidak terjadi salah pemahaman isi.

Lebih lanjut, annual report sebaiknya juga memuat bahasa visual, seperti infografis, gambar dan ilustrasi. Tidak saja menarik, bahasa visual juga dapat membuat pembaca cepat paham dengan isi yang disampaikan.

5. Menghindari Kalimat Persuasif Terlalu Banyak

Annual report memang sebaiknya diselipi kalimat persuasif. Namun, sebaiknya kalimat persuasif yang dimasukkan tidak terlalu banyak sehingga mengganggu pembaca.

Sebagai tips, kalimat persuasif dapat dimasukkan dalam beberapa bagian saja. Misalnya, informasi umum dan profil perusahaan.

6. Transparansi Informasi

Penulisan annual report yang baik adalah mengedepankan prinsip transparansi atau keterbukaan informasi. Jadi, semua isi yang dimuat harus betul-betul sesuai dengan kondisi perusahaan, tanpa ada hal-hal yang ditutupi kecuali memang hal itu termasuk rahasia perusahaan yang tidak dapat diketahui oleh pengguna eksternal.

Keterbukaan informasi dapat lebih meyakinkan pengguna eksternal, terutama investor dalam memberikan suntikan dana. Sebaliknya, jika ternyata investor menemukan informasi yang tertulis dalam annual report tidak sesuai fakta di lapangan, mereka sangat mungkin mengurungkan niatnya untuk memberikan suntikan dana.

Itulah cara bagaimana menulis annual report yang baik. Menulis annual report memang memakan waktu yang tidak sebentar karena memuat isi yang komprehensif, sehingga Anda dapat menggunakan jasa pihak lain. Sooca Design memberikan layanan terbaik untuk jasa annual report dan sustainability report.

Segera hubungi kami untuk mendapatkan solusi dan penawaran menarik tentang jasa annual report dan sustainability report lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori