mengenal perbedaan SEO (search engine optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

SEO vs SEM, Apa Perbedaannya?

Banyak orang masih kurang memahami perbedaan antara SEO dan SEM. Singkatnya ,Search Engine Optimization (SEO) merupakan penggunaan metode organik untuk membuat website terperingkat dengan baik di hasil pencarian. Sementara Search Engine Marketing (SEM) merupakan penggunaan metode berbayar untuk memunculkan website di halaman teratas hasil pencarian.

Mengenali Perbedaan SEO dan SEM

Lantas apa perbedaan antara SEO dan SEM, dan bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan dua pendekatan ini? Yuk simak artikelnya sampai habis!

Search Engine Optimization

perbedaan SEO (search engine optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)

Sumber: Pixabay via Pexels

SEO adalah praktik mengoptimalkan situs web secara terus-menerus untuk mendapatkan peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP) secara organik dan tidak berbayar. Ada empat pilar utama dalam SEO. Pertama, SEO teknis yang berfokus pada peningkatan struktur teknis situs web. Kedua, SEO on-page yang berfokus untuk mengoptimalkan faktor-faktor pada halaman web yang dapat membantu mesin pencari memahami konten dalam konteks. Ketiga, konten yang baik untuk mempengaruhi peringkat sebuah website. Terakhir, SEO off-page yang bertujuan untuk membangun otoritas dari suatu website. Strategi SEO yang berhasil membutuhkan kombinasi dari empat pilar ini.

Search Engine Marketing

perbedaan seo dan sem (jasa website profesional)

Photo by Merakist on Unsplash

Search Engine Marketing adalah strategi yang menggunakan taktik berbayar untuk mendapatkan visibilitas di mesin pencari atau biasa dikenal dengan pay-per-click. Berbeda dengan SEO yang memang menggunakan berbagai macam taktik untuk membantu web terperingkat, SEM menggunakan platform beriklan seperti Google Ads untuk menjangkau target yang disasar. Jika SEO membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil nyata, SEM dapat mendorong konversi dalam waktu yang singkat.

SEO vs SEM, Mana yang Harus Anda Gunakan?

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih pendekatan mana yang ingin dijadikan fokus dalam strategi Anda.

1. Budget

Apabila Anda memiliki bisnis kecil dengan anggaran yang terbatas, Anda bisa mulai dengan SEO terlebih dahulu. Ini lebih efektif daripada mengeluarkan biaya untuk PPC yang hanya berjalan seminggu. Namun jika bisnis Anda mampu menyediakan anggaran bulanan untuk PPC, maka bisa menggunakan SEM. Salah satu hal yang menyenangkan dari PPC adalah Anda dapat membatasi anggran dengan ketat sehingga Anda tidak mungkin menghabiskan biaya lebih besar daripada yang direncanakan.

2. Tujuan spesifik dari strategi Anda

Jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas dan konversi yang cepat ke penjualan, maka Anda harus menggunakan SEM untuk hasil yang instan. Sedangkan SEO digunakan untuk membangun pertumbuhan website dalam jangka panjang.

3. Hasil kinerja yang sudah Anda miliki

Jika Anda sudah memiliki visibilitas organik yang kuat, SEM bisa menjadi cara yang bagus untuk melengkapi ini dengan visibilitas tambahan.

Menggabungkan SEO dan SEM

Gunakan data yang Anda dapatkan dari penggunaan SEM untuk mengoptimalkan pendekatan SEO. Hal ini termasuk mendapatkan data mengenai tingkat konversi yang diharapkan, kinerja dari sebuah kata kunci, perkiraan peluang untuk mendapatkan traffic, dan masih banyak lagi. Dalam kata lain, Anda bisa gunakan SEM sebagai tempat pengujian untuk SEO.

Anda juga bisa memaksimalkan upaya SEO yang sudah Anda kerjakan dengan memasarkannya ulang menggunakan strategi SEM. Hal ini membantu untuk menjangkau target audiens yang sebelumnya tidak berhasil terkonversi menjadi pelanggan. Anda dapat menargetkan ulang dengan memakai iklan penelusuran, iklan bergambar, dan lainnya.

Pastikan website Anda dapat terperingkat baik di mesin pencarian dengan menggabungkan dua taktik ini. Dan juga, pastikan Anda terlihat baik di ruang iklan ataupun hasil pencarian organik.

Satu hal yang harus Anda ingat saat menggunakan SEO dan SEM adalah, kedua strategi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan berpikir bahwa SEO adalah strategi yang benar-benar ‘gratis’. Walaupun Anda tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk beriklan, SEO perlu dibangun dalam jangka waktu yang panjang dengan konsistensi. Ini akan menghabiskan banyak waktu, energi, dan biaya untuk menggunakan hal-hal seperti keyword research tools.

Di lain sisi, walaupun SEM menghasilkan hasil yang instan, Anda perlu menjalankannya secara reguler dan berkelanjutan. Saat SEM berhenti dan Anda tidak menjalankan strategi SEO yang kuat, traffic-mu akan kembali menurun drastis. Itu lah mengapa SEO dan SEM lebih baik dijalankan secara bersamaan.

Siap untuk mengaplikasikannya? Konsultasikan segera pada jasa website profesional dari Sooca!

 

References:

Semrush

Backlinko





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





GRATIS Mini Course

Kategori