Content Hacks untuk Dapat Ide Konten

Bingung Mau Bikin Konten Apa? Ini Content Hacks untuk Dapat Ide Konten!

Sumber: Brands&People via Unsplash

Merasa bingung dan terjebak ketika membuat konten memang sering dialami oleh para konten kreator. Apalagi jika Anda harus menulis konten setiap harinya. Akan ada satu saat dimana Anda kehabisan ide dan butuh referensi-referensi baru. Di artikel ini, kami akan memberi beberapa content hacks untuk kamu yang bingung mau membuat konten apa!

Content Hacks Untuk Dapatkan Ide Konten Kreatif

Content Hacks untuk Dapat Ide Konten kreatif

Sumber: Brands&People via Unsplash

Kehabisan ide memang menjadi permasalahan mereka yang berkecimpung dalam dunia kreatif, termasuk juga para content creator. Meskipun ide tidak bisa diperoleh secara instan, namun kami akan menyajikan beberapa tips content hacks yang akan membantu Anda dalam proses pencarian ide konten. Berikut ulasan selengkapnya.

Cari Tau Apa yang Audiens Inginkan

Mencari ide konten langsung dari audiens Anda merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Selain memudahkan, kamu dapat membuat konten yang sudah pasti tepat sasaran. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apa yang audiens Anda inginkan. Pertama, adakan survei interaktif kecil-kecilan di media sosial dan tanyakan audiens Anda, hal apa yang mereka ingin Anda bahas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur question box atau polling di Instagram story. Dari sana, Anda bisa mengembangkan ide yang ada menjadi beberapa topik untuk konten. 

Melihat apa yang Kompetitor Bahas

Anda bisa mengunjungi laman media sosial atau blog dari kompetitor dan melihat konten apa yang sudah mereka buat. Tentu saja jangan menirunya secara persis ya. Gunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk membuat konten versi Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda juga bisa mengetahui konten mana yang berhasil dan konten mana yang tidak mendatangkan banyak traffic. Selain melihat kontennya, bacalah komentar-komentar dari audiens mereka untuk melihat tanggapan audiens yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam membuat konten. Anda akan menemukan banyak request dari pengikut mereka terkait konten yang ingin dibahas kedepannya.

Memanfaatkan Fitur Mesin Pencarian

Saat Anda pergi ke Google atau mesin pencarian lainnya, mereka akan memberi rekomendasi topik-topik lain yang berhubungan untuk Anda baca. Sebagai contoh, Anda mencari tentang tips content writing di Google. Anda akan menemukan segmen “people also ask” untuk melihat hal-hal apa yang biasa orang cari seputar content writing. Selain itu, Google juga menyediakan fitur related searches untuk memberikan rekomendasi topik-topik yang masih terkait dengan topik utama yang Anda cari. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda bisa membahas tema yang akan diangkat secara lebih spesifik dan mendalam.

Ikutri Tren yang Ada

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh konten kreator adalah kepekaan dan kemampuan untuk mengikuti tren-tren yang ada saat ini. Itu lah mengapa Anda harus selalu up to date dan mengetahui hal-hal apa yang sedang ramai dibahas di media sosial. Konten-konten populer seperti ini bisa mendatangkan traffic yang tinggi dengan penggunaan strategi yang tepat. Meskipun begitu, Anda harus tetap bisa menyesuaikannya dengan brand voice Anda ya!

Menggunakan Quora 

Pernah bermain di forum-forum diskusi seperti Reddit dan Quora? Di sana, Anda dapat melihat banyak orang yang berbincang-bincang seputar topik yang menarik perhatian mereka. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan keyword yang ingin Anda fokuskan dalam membuat konten. Nantinya, semua pertanyaan dan pembahasan terkait dengan topik tersebut akan keluar. Pro tips: Anda bisa menggunakan fitur filter by topics untuk menampilkan pilihan topik yang berhubungan langsung dengan topik yang Anda cari.

Membuat Persona Audiens

Persona adalah representasi dari audiens yang menjadi target utama pemasaran Anda. Membangun persona menjadi hal yang penting dilakukan untuk membantu Anda mengenal target audiens dengan lebih baik. Dengan mengenal karakteristik mereka dan apa yang mereka sukai, Anda dapat mengolah konten yang tepat untuk mereka.

tips content hacks untuk dapatkan ide konten

Sumber: Buffer Blog

Selanjutnya, Anda bisa membangun persona berdasarkan demografi, psikografi, dan geografi mereka. Sebagai contoh, jika Anda melihat gambar di atas, Anda bisa merincikan hal-hal seperti usia, pendidikan, tingkat ekonomi, gender, tempat tinggal, value atau ketakutan mereka, apa hobi mereka, dan masih banyak lainnya. 

Itu dia 6 cara yang bisa Anda gunakan dalam mencari ide konten baru. Pastikan untuk tetap mengolahnya dengan versi Anda sendiri ya! Coba cari angle lain yang menarik dari ide-ide konten yang Anda temukan.

Jika ingin lebih cepat dan praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan konten instagram yang profesional dari Sooca Design. Tidak hanya terbatas untuk konten instagram, kami juga menyediakan layanan jasa desain konten sosial media lainnya serta website.

Tertarik untuk mendapatkan penawarannya? Klik DI SINI sekarang!

 

Reference:

buffer.com

backlinko.com





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





GRATIS Mini Course

Kategori