mengenal Program Green & Sustainability

Mengenal Program Green & Sustainability Bagi Perusahaan

Isu lingkungan semakin marak disuarakan oleh berbagai pihak di seluruh dunia. Salah satu konsep yang dibuat untuk mendukung isu ini adalah konsep program Green & Sustainability. Namun, tahukah Anda bahwa Green dan Sustainability mempunyai makna yang cukup berbeda? Lalu bagaimana kedua hal tersebut dapat digabungkan ke dalam satu konsep?

Mengenal Program Green & Sustainability

mengenal program green & sustainability bagi perusahaan
Sumber Gambar: WorldAtlas

Penggunaan kata “Green” dan “Sustainable” secara terus menerus membuat kedua kata ini kerap kali disalahpahami. Memang, keduanya merujuk kepada kesadaran mengenai tanggung jawab pengelolaan lingkungan. Keduanya juga menyentuh aspek preservasi sumber daya alam. Itulah sebabnya sering terjadi pertukaran makna antar kedua kata ini.

Secara konsep, “Green” mengacu kepada lingkungan. Meskipun secara harafiah berarti “Hijau”, kata ini tidak lagi mengacu kepada warna, melainkan kepada semua yang dapat membawa benefit bagi lingkungan. Dalam beberapa tahun terakhir, ahli lingkungan dan aktivis secara aktif mendorong manusia untuk “go green” sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap preservasi sumber daya alam.

Di lain pihak, “Sustainability” tidak hanya mengacu kepada lingkungan saja, melainkan lebih dari itu. Sustainable atau keberlanjutan memiliki sisi yang lebih luas namun lebih spesifik daripada kata “Green”. Sustainability melibatkan aktivitas dalam skala besar yang berfokus pada bagaimana generasi di masa mendatang dapat terpenuhi kebutuhan energi dan lingkungannya.

Lantas, bagaimana mendefinisikan program Green & Sustainability? Secara sederhana, program ini mengusung konsep sustainable sembari di waktu yang bersamaan memperhitungkan aspek “Green”. Beberapa program yang dapat dikategorikan sebagai program Green & Sustainability yaitu:

1. Kegiatan Penghijauan

Semenjak usia muda, kita selalu diperdengarkan istilah penghijauan. Penghijauan lingkungan sudah menjadi salah satu momok yang cukup ramai dilakukan sejak dahulu. Kegiatan ini menjadi salah satu opsi terlaris yang pasti dilakukan oleh perusahaan. Manfaat kegiatan penghijauan dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, program ini termasuk dalam long-term project.

program green & sustainability
Sumber Gambar: freepik.com

2. Kegiatan CSR Perusahaan

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) berfokus pada transparansi tanggung jawab perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk stakeholder, dengan melaksanakan program-program yang bermanfaat. Kegiatan ini nantinya akan dibukukan dan disusun dalam laporan CSR. Pada akhirnya, CSR yang berhasil akan membawa perusahaan menerima citra baik yang akan mendukung keberlanjutan perusahaan ke depannya.

mengenal program green sustainability perusahaan
Sumber Gambar: freepik.com

Kedua kegiatan tersebut termasuk dalam program Green & Sustainability. Tentu saja masih banyak program lain yang bisa dikategorikan ke dalam Green & Sustainability. Semua kegiatan dari program tersebut memiliki tujuan yang sama.

Tujuan utama di balik program ini sebenarnya menyangkut reputasi positif perusahaan. Program Green & Sustainability yang berhasil akan memberikan reputasi yang baik bagi perusahaan. Reputasi yang baik tentunya akan membawa perusahaan ke dalam kesempatan-kesempatan bisnis yang lebih luas. Selain itu, perusahaan dapat menerima berbagai kemudahan dan kelancaran dalam berbagai keperluannya.

Program Green & Sustainability juga membawa perusahaan menjalin relasi yang baik dengan stakeholder. Dampaknya, semakin banyak keuntungan di masa mendatang yang dapat diterima. Perusahaan turut berpartisipasi aktif dalam program pengembangan masyarakat sambil menjaga profit tetap stabil bahkan terus meningkat.

Program-program baru terkait Green & Sustainability juga menjadi salah satu keunggulannya. Green & Sustainability menuntut perusahaan untuk menjadi agen kreatif dan inovatif dalam menciptakan program yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan sosial. Program kreatif ini nantinya akan mendapat evaluasi dan menjadi salah satu aset penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan utamanya.

Pembuatan Sustainability Report

Sustainability Report berisikan laporan mengenai kegiatan atau program berkelanjutan apa saja yang dilakukan perusahaan. Perusahaan dapat menyertakan program Green & Sustainability ke dalam laporan ini. Untuk mempermudah, Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan Sustainability Report. Melalui Soocadesign, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam penyusunan-nya. Tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut? Kunjungi soocadesign.com segera dan dapatkan penawaran menarik.

GRATIS Mini Course

Kategori