mengenal implementasi ESG dan manfaatnya untuk perusahaan di Indonesia

Manfaat & Implementasi ESG untuk Perusahaan di Indonesia

Maraknya virus Covid-19 membawa perubahan baru bagi cara berjalannya bisnis dan perekonomian dunia. Pengaruh pandemi ini dirasakan di seluruh sektor bisnis. Isu perubahan iklim yang terus digalakkan juga menjadi salah satu pemicu gerakan peduli lingkungan yang dilakukan di seluruh dunia. Salah satu wujudnya adalah penerapan dan implementasi ESG di perusahaan-perusahaan.

Penerapan ESG (Environmental, Social, and Governance) menjadi tolak ukur yang baru bagi para investor modal untuk menanamkan saham mereka pada perusahaan-perusahaan. Perusahaan dirasa kurang layak apabila belum memenuhi standar konsep ESG. Sebab itu, semakin banyak perusahaan yang mencoba menerapkan implementasi ESG.

Mengenal Implementasi ESG dan Manfaatnya

Implementasi merupakan penerapan atau wujud aksi dari suatu konsep yang dipegang. Implementasi ESG berarti penerapan konsep ESG dalam aspek operasional perusahaan. Implementasi ESG bisa merujuk ke berbagai kegiatan atau upaya yang dilakukan perusahaan untuk menjalankan konsep pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kinerja mutu tata kelola.

Beberapa contoh implementasi ESG yang dapat dilakukan perusahaan berdasarkan masing-masing aspek antara lain:

1. Aspek Environmental

manfaat dan implementasi esg

Salah satu contoh implementasi ESG perusahaan pada aspek Environmental atau lingkungan adalah green sustainability. Green sustainability berfokus pada upaya pengelolaan lingkungan dalam fokus keberlanjutan, misalnya penggunaan energi yang efektif dan efisien, upaya pengelolaan limbah, dan sebagainya. Secara ringkas, semua yang berhubungan dengan kehijauan lingkungan.

Manfaat Green Sustainability dapat dirasakan secara langsung oleh seluruh warga perusahaan. Beberapa di antaranya adalah penurunan cost production, berkurangnya limbah baik B3 maupun limbah padat, sumber daya alam yang lebih terawat, serta karyawan menjadi lebih produktif.

2. Aspek Social

penerapan esg di perusahaan
Sumber: Morningstar

Aspek Sosial merujuk kepada partisipasi aktif perusahaan dalam upaya pengembangan masyarakat sosial. Hal ini ditunjukkan dari berbagi program atau kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial. Beberapa contohnya antara lain pemantapan K3 dalam pekerjaan, melakukan volunteer work untuk kegiatan sosial, dan pemilihan supplier yang juga menerapkan aspek ESG.

3. Aspek Governance

jasa laporan keberlanjutan
Sumber: Forbes

Aspek Governance atau tata kelola merefleksikan pengelolaan perusahaan terhadap pengaturan regulasi antar direksi dan karyawan. Beberapa topik yang menyangkut aspek ini adalah memastikan tidak adanya kegiatan ilegal yang berjalan di bawah perusahaan, pengaturan regulasi mengenai konflik kepentingan antar berbagai pihak, dan regulasi yang mengatur perlakuan perusahaan terhadap KKN.

Manfaat Implementasi ESG bagi perusahaan dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Keberlangsungan bisnis yang lebih lancar, meningkatkan level kompetitif perusahaan, minimalisir business risk, memberikan citra yang positif, membuka peluang-peluang investasi baru, dan memastikan kesejahteraan karyawan.

Manfaat-manfaat yang sudah disebutkan itu tentunya akan membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis dan ekonomi di seluruh Indonesia. Sebab itu diperlukan suatu pemahaman yang baik bahwa konsep ESG bukan hanya sebuah persyaratan, namun juga wujud tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan.

Penyusunan Laporan ESG

Setelah mengetahui apa saja bentuk implementasi ESG dan manfaatnya, perlu dibuat suatu laporan implementasi ESG. Laporan ini nantinya disusun dan dibagi menjadi tiga bagian sesuai aspek ESG, yaitu Aspek Lingkungan, Aspek Sosial, dan Aspek Tata kelola. Pada masing-masing aspek kemudian haruslah terdapat perincian mengenai strategi dan upaya, target dan pencapaian, serta program apa saja yang telah, sedang, atau akan dilakukan.

Soocadesign merupakan salah satu andalan yang terpercaya sebagai penyedia jasa pembuatan laporan implementasi ESG. Tidak hanya itu, Soocadesign juga menyediakan jasa laporan keberlanjutan (sustainability report/SR) dan sustainability report BPR. Sooca Design juga menawarkan jasa pembuatan pedoman GCG bagi perusahaan Anda.

Melalui tangan-tangan yang handal dan profesional, laporan implementasi ESG dan laporan keberlanjutan akan akan dikemas menjadi suatu laporan yang sistematis dan informatif, namun juga simple dan menarik sehingga memaksimalkan informasi yang disampaikan di dalamnya.

Tertarik untuk mengetahui dan mendapatkan penawaran jasa laporan keberlanjutan lebih lanjut? Segera kunjungi di soocadesign.com dan dapatkan segera penawaran terbaik Anda.

GRATIS Mini Course

Kategori