manfaat kegiatan penghijauan bagi citra perusahaan

Manfaat Kegiatan Penghijauan Bagi Citra Perusahaan

Sebuah perusahaan yang memilih pohon sebagai opsi untuk strategi keberlanjutan akan mendapatkan banyak manfaat. Pohon memberikan sejumlah manfaat yang besar, selain memberikan oksigen yang tidak dapat diberikan oleh hal lainnya. Sejauh ini, produksi manufaktur dan supply chain menjadi semakin ramah lingkungan dengan cara yang lebih terukur dan berdampak seiring regulasi, brand image, dan permintaan konsumen serta investasi mendorong penerapan keberlanjutan dari perusahaan.

Tahukah Anda bahwa satu pohon dapat menghasilkan sebanyak 200-kilogram karbon dioksida selama hidupnya? Jumlah itu cukup untuk menyerap emisi mobil yang menempuh jarak sekitar 800 km. Sekarang bayangkan jika Anda menjalankan program penanaman pohon yang menanam lebih dari satu miliar pohon.

Kegiatan penghijauan berperan amat sangat penting karenanya, dan banyak instansi pemerintah menyadari hal ini dan mulai melakukan bagian mereka. Lantas, apa saja manfaatnya bagi citra perusahaan?

Manfaat Kegiatan Penghijauan Bagi Citra Perusahaan

5 manfaat kegiatan penghijauan bagi citra perusahaan
Photo by Ron Lach from Pexels

Sebelum berfokus pada manfaat kegiatan penghijauan bagi citra perusahaan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat umum dari penghijauan. Manfaat melakukan kegiatan penghijauan dapat disimak dari beberapa poin di bawah ini:

1. Peluang Pekerjaan

Pekerjaan akan tersedia untuk penanam pohon profesional lokal, operator peralatan, dan pembibitan. Dengan demikian, dasar sumber daya multi guna yang terbarukan dan berkelanjutan, akan tercipta untuk masa depan.​

Sumber: Dirjen Sumber Daya Air

2. Habitat Alam Liar dan Keanekaragaman Hayati

Kegiatan penghijauan menghadirkan ruang yang lebih ramah bagi satwa liar dengan cara menyediakan makanan dan tempat tinggal, serta menciptakan konektivitas yang lebih baik ke kawasan hutan lainnya.

3. Peningkatan Kualitas Air

Mengurangi pemadatan tanah memungkinkan terjadinya infiltrasi dan penyimpanan air yang lebih besar, yang mengurangi limpasan permukaan yang mengangkut sedimen. Pohon juga menyerap dan menahan curah hujan, yang selanjutnya mengurangi masukan ke sungai dan pohon dapat menyerap logam dan mineral yang menimbulkan masalah kualitas air.

4. Penyerapan Karbon

Penghijauan sebagai salah satu kegiatan CSR perusahaan meningkatkan kerapatan pohon dari kurang dari 10 pohon/hektar menjadi beberapa ratus pohon/hektar, lebih banyak karbon dapat diserap oleh hutan yang tumbuh. Tanah yang gembur juga memungkinkan pohon tumbuh lebih kuat, yang meningkatkan laju akumulasi karbon di jaringan tanaman dan tanah.

Sumber: Mangrovemags.com

5. Pendidikan & Pengembangan Masyarakat

Melibatkan masyarakat lokal dalam penanaman pohon memberikan kepuasan bagi para sukarelawan untuk membantu memulihkan warisan alam yang kaya di daerah mereka, serta memberikan latihan fisik dan memupuk rasa kebersamaan.

Lalu, apa manfaat kegiatan penghijauan bagi citra perusahaan? Secara sederhana, perusahaan yang berhasil dalam program penghijauan akan meningkatkan citra baiknya di mata para stakeholder serta masyarakat sosial. Perusahaan dengan citra yang baik akan membawa banyak benefit, diantaranya:

  • Memberikan spotlight kepada perusahaan di antara persaingan yang ketat
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan
  • Dengan citra yang baik, perusahaan bisa menetapkan harga yang “pantas” untuk produknya
  • Mendatangkan customer loyal
  • Mendapatkan rekomendasi dari banyak orang
  • Mendatangkan customer sesuai target pasar
  • Memberikan efisiensi terhadap biaya produksi dalam jangka panjang
  • Memberikan identitas dan rasa percaya diri bagi seluruh warga perusahaan
  • Mempermudah perkenalan produk atau jasa baru
  • Memberikan strategi yang jelas sebagai arah bergerak perusahaan

Sumber: Sosiakita

Nah, beberapa poin di atas merupakan manfaat kegiatan penghijauan bagi citra perusahaan. Jadi sudah jelas bukan, alasan mengapa penghijauan dan branding perusahaan sangat penting? Pada akhirnya, seluruh perusahaan di Indonesia akan dituntut untuk bertanggung jawab terhadap pengelolaan lingkungan, dan salah satunya adalah penghijauan. Jadi, mengapa tidak melakukannya dari sekarang?

Pembuatan Sustainability Report

jasa pembuatan sustainability report by soocadesign
created by SOOCADESIGN

Kegiatan penghijauan maupun kegiatan apapun yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan haruslah disusun ke dalam laporan sustainability report. Apakah saat ini perusahaan Anda sedang mencari memakai jasa pembuatan sustainability report? Jika iya, maka Sooca Design adalah pilihan yang paling tepat.

Telah berkecimpung di dunia desain pelaporan selama lebih dari 10 tahun, Sooca Design memiliki tim profesional yang ahli di bidangnya. Menawarkan harga yang fleksibel serta hasil pengerjaan yang maksimal, soocadesign mampu membantu pembuatan sustainability report perusahaan Anda menjadi lebih efisien dan berkualitas.

Ingin mendapatkan penawaran jasa pembuatan sustainability report yang unggul dan terpercaya dari kami? Tunggu apalagi, kunjungi segera dengan klik DI SINI.

GRATIS Mini Course

Kategori