3 Aspek Utama Laporan Sustainability Untuk Growth Perusahaan

Apakah bisa sebuah laporan, seperti laporan sustainability, menjadi alat untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan? Jawabannya bisa. Tapi, bagaimana caranya? Pertumbuhan berkelanjutan adalah soal kinerja keberlanjutan secara berkesinambungan.

laporan Sustainability

Secara sederhana dan mengacu pada bisnis, pertumbuhan berkelanjutan adalah pertumbuhan yang dapat dicapai secara realistis yang dapat dipertahankan perusahaan tanpa mengalami masalah yang berarti.  

 

Saat ekonomi dunia mulai pulih dari krisis Covid-19, waktunya telah tiba bagi para pemimpin untuk melihat lebih dari sekadar melindungi kehidupan dan mata pencaharian, serta mengarahkan pandangan mereka pada tantangan yang lebih mendalam: memperbaikinya. Tantangan sosial ini mungkin 10 kali lebih besar dari pandemi dan bertahan 10 kali lebih lama. Tantangan itu adalah mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan.

Berikut merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan Sustainability yang berfokus pada pertumbuhan perusahaan:

Terlalu Cepat atau Lambat Tidak Bagus

Kinerja keberlanjutan menyangkut performa dalam jangka panjang. Pertumbuhan berkelanjutan bukanlah pertumbuhan yang cepat. Namun, bukankah pertumbuhan cepat itu bagus bagi bisnis? Bisnis yang tumbuh terlalu cepat mungkin akan kesulitan mendanai pertumbuhannya. 

 

laporan Sustainability

Berarti pertumbuhan lambat adalah ideal? Bisnis yang tumbuh terlalu lambat atau tidak tumbuh sama sekali dapat mengalami stagnasi.

 

Pertumbuhan berkelanjutan setidaknya memiliki tiga komponen utama, yakni pertumbuhan ekonomi, penataan lingkungan, dan keterlibatan sosial. Ketiganya saling terhubung mewujudkan kinerja keberlanjutan. Dengan begitu, kinerja keberlanjutan dapat memenuhi beragam kebutuhan masyarakat yang berbeda untuk menciptakan kualitas hidup dan masa depan yang lebih baik untuk semua.

 

Mulai dari yang Kecil di Sekitar Kita

Pertumbuhan berkelanjutan bisa dimulai dari hal kecil di sekitar perusahaan. Penyedian ruang hijau di lingkungan kerja bisa menjadi contoh. Ruang hijau, seperti taman kecil, sangat penting bagi perusahaan, terutama yang berada di kawasan perkotaan. 

 

Selain menghasilkan udara lebih bersih, ruang hijau yang dirancang dengan baik juga berperan penting dalam menyediakan ruang yang lebih aman untuk aktivitas fisik dan rekreasi.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia,Perkiraan terbaru menunjukkan bahwa kurangnya aktivitas fisik, terkait dengan kemampuan berjalan kaki yang buruk dan kurangnya akses ke area rekreasi, menyebabkan 3,3% kematian global”. 

 

Dengan demikian memiliki akses ke ruang hijau dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan dan bahkan membantu dalam pengobatan penyakit mental. 

 

Karyawan yang lebih sehat tentu berdampak pada perusahaan tempatnya bekerja. Karyawan yang lebih sehat berpotensi lebih produktif. Kinerjanya juga bertambah baik. Belum lagi biaya pengobatan yang harus dikeluarkan perusahaan akan terpangkas. Ruang hijau hanyalah sedikit dari sekian banyak contoh upaya menuju kinerja keberlanjutan.

 

Berapa jam kerja yang hilang bila karyawan jatuh sakit? Apakah itu bisa dikuantifikasi menjadi nominal? Bisa. Jumlahnya bisa diketahui melalui perhitungan cermat. 

 

Dalam kinerja keberlanjutan, perusahaan bertujuan untuk ketahanan lingkungan, yang dimulai dengan mengurangi risiko iklim. Kinerja keberlanjutan juga mencakup pelestarian modal alam yang lebih luas serta keadilan antargenerasi. Semuanya dipertimbangkan dalam hal biaya dan manfaat ekonomi dan sosial.

 

Respon Positif Dunia Usaha

laporan Sustainability

McKinsey dalam surveinya menemukan, banyak responden eksekutif percaya kinerja keberlanjutan akan membantu upaya mereka untuk mengelola dampak keberlanjutan dan menanggapi tren terkait keberlanjutan, seperti perubahan iklim dan kelangkaan air. Banyak investor mengatakan mereka mengharapkan standardisasi laporan sustainability untuk membantu mereka mengalokasikan modal dan melibatkan perusahaan secara lebih efektif.

 

The Global Sustainable Investment Alliance telah menemukan bahwa jumlah aset global yang dikelola sesuai dengan strategi investasi berkelanjutan meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun 2012 hingga 2018, meningkat dari $13,3 triliun menjadi $30,7 triliun. 

 

BlackRock melaporkan bahwa aset dalam reksa dana berkelanjutan dan dana yang diperdagangkan di bursa di Eropa dan Amerika Serikat (AS) meningkat lebih dari 67% dari 2013 hingga 2019 dan sekarang berjumlah $760 miliar.

 

Penelitian oleh Morgan Stanley menunjukkan bahwa mayoritas pemilik aset besar mengintegrasikan faktor keberlanjutan ke dalam proses investasi mereka. Banyak dari pemilik aset tersebut mulai melakukannya hanya selama empat tahun sebelum survei McKinsey.

 

Semua hal terkait keberlanjutan tertuang dalam laporan sustainability. Laporan sustainability membantu meningkatkan manajemen organisasi dengan mengidentifikasi risiko, menemukan peluang untuk menghemat energi, menghindari masalah kepatuhan dan lain-lain. Kesimpulannya, laporan berkelanjutan merupakan sumber informasi yang dapat diandalkan. 

 

Melalui laporan sustainability, para pemimpin perusahaan, pengambil kebijakan, pemerintah, konsumen, asosiasi, dan masyarakat luas akan mengetahui upaya apa saja yang telah, sedang, dan akan dilakukan suatu perusahaan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan. Seluruh stakeholder perusahaan dapat mendukung upaya ini setelah mereka mendapat informasi melalui laporan sustainability

 

Pertumbuhan memungkinkan keberlanjutan dengan mendorong investasi. Pertumbuhan ekonomi memperkuat kepercayaan, pengeluaran, dan permintaan konsumen, semua elemen penting dari iklim investasi yang sehat. 

 

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian McKinsey tentang negara-negara berkembang. inklusi dan keberlanjutan yang lebih besar mendorong pertumbuhan melalui permintaan baru dan peluang investasi. Keberlanjutan mendorong peluang bisnis baru dalam domain seperti teknologi bersih. 

 

Peluang bisnis baru berarti membuka lapangan kerja baru. Lapangan kerja yang tersedia dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Daya beli masyarakat meningkat. Permintaan pun meningkat. Kegiatan ekonomi berkelanjutan terus berputar.

 

Laporan sustainability berpotensi mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Tapi, laporan sustainability harus menampilkan pesan-pesan kuat, tingkat akurasinya tinggi, dan transparan dengan tetap mengikuti regulasi. Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

 

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

 

Sumber:

https://www.mckinsey.com/capabilities/sustainability/our-insights/more-than-values-the-value-based-sustainability-reporting-that-investors-want

https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpubh.2022.887680/full

 

GRATIS Mini Course

Kategori