Integrasi nilai keberlanjutan

Mengintegrasikan Nilai Keberlanjutan dalam Ekonomi dan Bisnis

Integrasi nilai keberlanjutan

Integrasi nilai keberlanjutan dalam ekonomi dan bisnis perlu bagi keberlanjutan perusahaan serta lingkup yang lebih luas lagi. Pada akhirnya, Integrasi nilai keberlanjutan dalam ekonomi dan bisnis akan membentuk masyarakat keberlanjutan.

 

Pada tahun 2018, Chairman BlackRock Larry Fink, menulis surat kepada ribuan CEO anak perusahaan. Ia menyatakan, “Untuk menjadi makmur dari waktu ke waktu, setiap perusahaan tidak hanya harus memberikan kinerja keuangan, tetapi juga menunjukkan bagaimana perusahaan itu menghasilkan kontribusi positif bagi masyarakat. Perusahaan harus menguntungkan semua pemangku kepentingan mereka, termasuk pemegang saham, karyawan, pelanggan, dan masyarakat di mana mereka beroperasi. Inilah mengapa kami semakin mengintegrasikan masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola ke dalam proses investasi kami”.

 

Dalam buku Learning The Sustainable Ways, World Wide Fund (WWF) for Nature mengategorikan ada tiga dimensi masyarakat keberlanjutan. Ketiga dimensi itu ialah ekologis, sosial, dan ekonomi. 

 

Ekologis berhubungan dengan ekosistem yang terjaga serta berfungsi dengan baik dengan keanekaragaman hayati yang banyak jumlahnya. Dimensi sosial berhubungan dengan manusia. Artinya, manusia hidup dalam lingkaran masyarakat lokal dan global dalam hubungan yang saling bergantung satu sama lain. Dimensi ekonomi menjelaskan aspek penting tentang penghematan sumber daya alam. 

 

Keberlanjutan Menjadi Syarat Investasi

Keberlanjutan sebagai kemampuan untuk menciptakan nilai jangka panjang telah menjadi syarat untuk investasi keuangan. Keberlanjutan juga mampu menciptakan nilai bagi perusahaan karena bermanfaat bagi bisnis. 

 

Bisnis akan lebih sukses dalam ekonomi global ketika perusahaan mengurangi intensitas sumber daya dan mengoptimalkan produktivitas sumber daya di seluruh operasi serta rantai pasokan. Untuk melakukannya dengan cara transformatif, perusahaan perlu mengadopsi strategi dan metode lanjutan untuk:

  • Secara signifikan mengurangi jejak karbon mereka
  • Mencapai tingkat produksi bersih yang lebih tinggi
  • Mengintegrasikan manajemen material yang berkelanjutan
  • Menerapkan teknologi bersih
  • Menerapkan desain untuk proses lingkungan
  • Menggunakan sumber energi terbarukan
  • Menawarkan produk unggulan lingkungan sebagai pilihan utama
  • Memberi solusi untuk tantangan lingkungan dan sosial

 

Ini tentang Penciptaan Nilai Keberlanjutan dan Kemakmuran Bersama

Penerapan pendekatan bersih, hijau, dan berkelanjutan sangat penting bagi kemakmuran bisnis dan masyarakat. Keberlanjutan adalah nilai bersama bagi karyawan. Lalu, diterjemahkan ke dalam produktivitas kerja. 

 

Integrasi nilai keberlanjutan

Orang-orang muda yang memasuki dunia bisnis saat ini menginginkan pekerjaan yang bermanfaat dan membuat perbedaan di perusahaan, negara, dan dunia. Perusahaan yang mengabaikan nilai-nilai ini berisiko kehilangan orang-orang berbakat. 

Mendorong mereka akan menginspirasi kreativitas dan komitmen dari karyawan pelanggan, dan pemangku kepentingan lain. Nilai-nilai ini akan menjadi landasan kesuksesan yang semakin penting di pasar global.

Untuk bisnis, nilai keberlanjutan adalah tentang memahami di mana nilai bisnis berada, biasanya diterjemahkan ke dalam cara memberikan nilai kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. 

Mengadopsi solusi keberlanjutan substantif dan mengintegrasikan kesadaran sosial ke dalam aktivitas bisnis akan menghasilkan lebih banyak pelanggan yang terlibat yang akan mendapatkan nilai keberlanjutan lebih. Menjadi mitra yang baik dalam mengejar keadilan sosial menjadi norma baru untuk bisnis yang baik.

 

Keberlanjutan yang Bertahap

Kepemimpinan keberlanjutan berada di depan kurva. Bisnis keberlanjutan bukanlah strategi adaptasi jangka pendek, melainkan perjalanan berkelanjutan menuju kinerja triple bottom line yang unggul. 

Integrasi nilai keberlanjutan

Ini dimulai secara bertahap dan seringkali melibatkan transformasi eksponensial ke pemikiran yang berbeda, sistem baru, dan model organisasi yang lebih terintegrasi. Tingkat inovasi baru diperlukan, mulai dari manajemen dan kepemimpinan di seluruh organisasi. Begitu pula dengan dukungan dari semua kelompok pemangku kepentingan, model bisnis baru, dan berbagai tingkat alokasi modal, manusia, serta budaya dari waktu ke waktu. 

 

Untuk mencapai nilai keberlanjutan jangka panjang, transformasi dan inovasi ramah lingkungan di sektor industri sangat penting. Ini tidak akan mudah dan membutuhkan pengurangan besar dalam intensitas sumber daya dan emisi dari sistem produksi yang dirancang ulang dan mencapai tingkat pemulihan lingkungan yang baru. 

 

Adopsi Ekonomi Sirkular dan Hijau abad ke-21 sebagai sarana untuk meningkatkan dan memulihkan sistem alami menjadi sistem yang berkelanjutan bukan hanya tentang cara baru dalam melakukan bisnis. Adopsi Ekonomi Sirkular dan Hijau juga menghadirkan peluang penting untuk meningkatkan kemakmuran, penciptaan lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang dihasilkan dari apa yang akan menjadi permintaan eksponensial untuk solusi terhadap tantangan lingkungan dan sosial.

 

Langkah Kunci Keberlanjutan

Tidak ada jalan tunggal untuk mengadopsi inisiatif yang didorong oleh nilai keberlanjutan. Tapi, ada langkah-langkah kunci yang dapat membantu mengintegrasikan keberlanjutan dengan sukses ke dalam strategi bisnis.

 

Langkah pertama adalah edukasi tim kepemimpinan dan karyawan. Semua anggota organisasi perlu memahami bagaimana memasukkan keberlanjutan ke dalam praktik kerja sehingga dapat memberikan banyak manfaat dalam jangka panjang.

 

Langkah kedua penting untuk mendefinisikan apa nilai keberlanjutan untuk setiap area perusahaan dan untuk mengidentifikasi manfaatnya. Dari mengembangkan produk baru, keputusan investasi atau layanan, hingga mengubah praktik pengadaan, bisnis perlu menunjukkan bagaimana keberlanjutan memiliki peran yang semakin sentral dalam keputusan ini. Organisasi harus mengidentifikasi masalah yang memiliki dampak terbesar dan paling relevan bagi pemangku kepentingan dan bisnis.

 

Bagaimana suatu perusahaan atau organisasi mengintegrasikan nilai keberlanjutan dalam ekonomi dan bisnis tertuang dalam laporan sustainability. Suatu perusahaan harus menampilkan laporan sustainability secara akurat dan transparan dengan tetap mengikuti regulasi. Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

 

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

 

Sumber:

https://www.enel.com/company/stories/articles/2019/10/economic-value-sustainability-companies

https://procurementmag.com/sustainable-sourcing/3-key-steps-integrating-sustainability-business

 

GRATIS Mini Course

Kategori