Jasa konsultan pembuatan pedoman gcg

Jasa Konsultan Pembuatan Pedoman Tata Kelola Perusahaan 

Jasa Konsultan Pembuatan Pedoman GCG

Pembuatan pedoman tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) memerlukan pemikiran dan analisa mendalam. Selain kompleksitas isu yang terkandung di dalamnya, pedoman GCG diperuntukkan untuk mendukung bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Penggunaan jasa konsultan pembuatan pedoman GCG dapat membantu perusahaan dalam menerapkan GCG di lingkungannya.

 

konsultan pembuatan gcg

Mendukung organ perusahaan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan berlandaskan nilai moral yang tinggi juga bisa menjadi tujuan penyusunan pedoman GCG berikutnya. 

Tujuan selanjutnya yakni mendorong pengelolaan perusahaan lebih profesional dan efisien. Lebih jauh, pembuatan pedoman GCG juga dapat bertujuan meningkatkan citra perusahaan. Citra perusahaan yang positif dapat menopang daya saing perusahaan di tingkat nasional maupun internasional.

Pengelolaan risiko usaha perusahaan dengan penerapan prinsip kehati-hatian (prudent) juga bisa dicapai melalui pedoman GCG. Tujuan-tujuan lainnya, misalnya, mendorong timbulnya kesadaran dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar serta mengembangkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha menuju budaya perusahaan yang lebih baik.

Sebagai permulaan, konsultan pembuatan pedoman GCG akan berupaya perusahaan bahwa pembentukan dan penerapan pedoman GCG secara konsisten dan berkesinambungan merupakan bagian penting dari kesuksesan jangka panjang. 

Konsultan pembuatan pedoman GCG akan menyesuaikan karakteristik perusahaan yang ditanganinya sebelum memulai menyusun pedoman GCG. Hal ini penting mengingat seluruh kegiatan perusahaan harus berdasarkan pada Pedoman GCG yang mengacu pada standar internasional yang kemudian diadaptasikan ke dalam budaya perusahaan. Penyesuaian karakteristik ini mencakup perencanaan, pelaksanaan hingga tata cara pelaporan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

jasa konsultan pembuatan gcg

Saat penyusunan pedoman GCG, konsultan pembuatan pedoman GCG akan melakukan analisa atas kondisi perusahaan dan pasar yang digelutinya. Hal ini bertujuan untuk membuat perencanaan bisnis di masa yang akan depan. Jasa ini mencakup roadmap, inisiatif proyek, dan anggaran.

Jasa konsultan pembuatan pedoman GCG juga mencakup memberikan pelatihan internal kepada perusahaan mengenai GCG. Pelatihan ini dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berwawasan mendalam mengenai GCG. Wawasan mendalam ini diperlukan agar SDM di perusahaan tersebut siap mengimplementasikan GCG sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Lebih lanjut, jasa konsultan pembuatan pedoman GCG meliputi memberikan penilaian atas penerapan GCG oleh perusahaan. Jasa ini termasuk pemberian saran dan rekomendasi untuk peningkatan kualitas penerapan GCG oleh perusahaan.

Sebuah perusahaan sangat mungkin beroperasi dalam berbagai industri. Oleh sebab itu, konsultan pembuatan pedoman GCG akan membantu penyusunan pedoman GCG dengan mengacu kepada regulasi yang berlaku, misalnya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 21/POJK.04/2015 tentang Penerapan Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka, dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) No. 32 /SEOJK.04/2015 tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka. 

Meski begitu, konsultan pembuatan pedoman GCG juga akan selalu memonitor pertumbuhan lingkungan bisnis yang demikian cepat dan dinamis. Hal ini mencakup kajian pedoman GCG secara berkesinambungan.

agensi jasa konsultan pembuatan gcg

Pentingnya Konsultan Pembuatan Pedoman GCG

Tak kalah penting, dalam penyusunan pedoman GCG, jasa konsultan pembuatan pedoman GCG senantiasa turut berupaya memperkuat struktur tata kelola dan hubungan perusahaan dengan para pemangku kepentingan. Bagaimana caranya? Caranya antara lain melalui pelaporan materi informasi secara tepat waktu dan akurat. Cara lainnya ialah menyelenggarakan paparan publik dan kegiatan untuk meningkatkan interaksi dengan para pemangku kepentingan.

Begitu kompleksnya jasa yang ditawarkan oleh konsultan pembuatan pedoman GCG berbanding lurus dengan dampak besar yang bisa digapai oleh sebuah perusahaan. Dalam lingkup luas, perusahaan yang dikenal luas telah menerapkan GCG mampu meningkatkan kepercayaan pasar yang dapat mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Ingin mendapatkan penawaran jasa konsultan pembuatan pedoman GCG? Segera hubungi Sooca Design!

Sebagai agensi desain profesional yang memiliki pengalaman lebih dari 11 tahun, Sooca Design hadir menjadi pilihan jasa konsultan pembuatan pedoman GCG terbaik untuk perusahaan Anda.

Segera klik pada bagian kontak di bawah berikut ini agar bisa terhubung langsung dengan tim marketing kami:

KONTAK

 

Sumber:

  • www.ptsmi.co.id/wp-content/uploads/2015/10/gcg.pdf  
  • www.emtek.co.id/files/Charters/GCG%20bilingual%20-%20website%20final.pdf
  • vedapraxis.com/bpr/jasa-konsultansi-penerapan-tata-kelola-gcg/  

GRATIS Mini Course

Kategori