Jenis kertas untuk cetak kalender

Mengenal Jenis-Jenis Kertas Untuk Cetak Kalender Perusahaan

Jenis Kertas Untuk Kalender – Saat ini kalender bukan hanya dijadikan sebagai penunjuk hari, tanggal, atau bulan saja, melainkan banyak orang yang menggunakan kalender sebagai media untuk promosi misalnya. Selain mampu menjangkau target yang luas, kalender juga dianggap lebih mudah dan efektif untuk digunakan. Apalagi saat ini cetak kalender bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

6 Jenis Kertas Untuk Kalender Perusahaan Anda

Meski saat ini mencetak kalender sudah lebih mudah dan bisa dilakukan di jasa pembuatan kalender mana saja. Namun dalam hal pembuatan kalender custom, diperlukan sedikit pengetahuan mengenai jenis kertas untuk kalender mana yang paling tepat untuk digunakan.

Jenis kertas untuk cetak kalenderSupaya nantinya tidak bingung dan tidak salah pilih saat membuat kalender custom baik untuk promosi bisnis perusahaan atau yang lainnya. Berikut adalah jenis kertas untuk kalender perusahaan:

1.     Art Paper

Jenis kertas yang sering digunakan dalam cetak kalender perusahaan adalah Art Paper. Jenis kertas ini memiliki efek kilau dengan laminasi glossy yang mampu menghasilkan cetakan kalender terlihat lebih mewah, tahan lama, dan tidak mudah berdebu.

Namun, jenis kertas art paper ini memiliki ketebalan yang lebih tipis, gramatur yang digunakan untuk cetak kalender mulai dari 100 gr – 150 gr dan lebih cocok digunakan untuk cetak kalender dinding. Dengan ketahanan yang lebih lama,tampilan gambar print pun juga tidak mudah luntur atau buram.

2.     Art Carton

Art Carton merupakan kertas yang biasa digunakan untuk cetak kalender karena memiliki lapisan laminasi, baik glossy maupun doff. Bila dibanding art paper, kertas ini lebih tebal dan tidak mudah rusak. Gramatur art carton yang digunakan untuk cetak kalender mulai dari 190 gr – 260 gr.

Jenis kertas untuk kalender ini kebanyakan digunakan untuk cetak kalender meja atau kalender duduk karena memiliki ketebalan yang lebih tinggi. Menciptakan efek eksklusif pada hasil cetakan kalender yang tidak mudah rusak dan juga tahan lama.

3.     Ivory Paper

Ivory paper hampir sama dengan kertas art carton. Kesamaan dari kertas ini bisa dilihat dari tekstur kehalusan maupun segi permukaan kertas. Yang membedakannya adalah dari segi kehalusan yang hanya ada pada satu sisi saja. Sedangkan untuk art carton tekstur halusnya ada pada dua sisi kertas (depan dan belakang).

Tekstur halus yang dimiliki kertas ini adalah hasil proses coating. Biasanya, kertas ini digunakan untuk kebutuhan cetak kalender custom, dus kemasan untuk kosmetik, paper bag, dan lain-lain. Gramatur yang digunakan untuk cetak kalender sendiri mulai dari 210 gr – 310 gr.

4.     Matte Paper atau Doff Paper

Kebalikan dari kertas art paper yang memiliki lapisan glossy, matte paper justru memiliki lapisan doff yang mampu meredam cahaya. Untuk tingkat ketebalan kertas hampir sama dengan art paper, tidak setebal art carton. Gramatur yang digunakan untuk cetak kalender mulai dari 100 gr – 150 gr dan lebih cocok digunakan untuk cetak kalender dinding dengan efek doff.

Kertas ini bisa jadi pilihan untuk yang tidak menyukai efek glossy yang terlalu berkilau. Namun, jenis kertas ini lebih mudah tertempel debu karena teksturnya yang sedikit lebih kasar dibanding kertas art paper.

5.     Duplex

Jenis kertas duplex ini lebih tebal dibanding kertas art paper dan matte paper. Tingkat ketebalannya hampir sama dengan art carton, yang membedakan adalah kertas ini hanya memiliki satu lapisan, yaitu glossy. Sisi lainnya hampir sama seperti kertas daur ulang biasa dengan tekstur yang lebih kasar.

Jenis kertas duplex ini biasanya digunakan sebagai kemasan karena lebih tebal dan tidak mudah peyok. Bila digunakan untuk cetak kalender custom, lebih cocok untuk jenis kalender dengan model poster atau kalender dengan ukuran besar.

6.     HVS

Meski jenis kertas HVS lebih sering digunakan sebagai kertas tulis atau kertas print, namun jenis kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak kalender. Walaupun tingkat ketebalannya sedikit lebih tipis, namun kertas HVS memiliki tekstur yang lebih kasar sehingga mudah menyerap tinta. Hasil printing-nya nampak lebih jelas dan natural.

Gramatur dari kertas HVS yang digunakan untuk cetak kalender mulai dari 80 gr – 100 gr. Jenis kertas ini lebih cocok digunakan untuk cetak kalender buku dan kalender dinding biasa.

jenis kertas untuk cetak kalender dan jasa pembuatan kalender profesional

Sumber Gambar: www.istockphoto.com

Related post: Kenali 7 Warna Keselamatan Kerja Dalam Safety Sign

Jasa Pembuatan Kalender Profesional

Setelah mengetahui jenis kertas untuk kalender yang cukup beragam, kini untuk Anda yang berencana ingin cetak kalender dinding, cetak kalender meja, atau jenis kalender custom untuk perusahaan.

Jasa pembuatan kalender profesional dari Sooca Design adalah pilihannya. Tidak perlu takut salah pilih kertas, karena tim kami akan memberi konsultasi sebelum proses pembuatan kalender dikerjakan.

Tunggu apalagi, cetak kalender perusahaan Anda disini untuk kebutuhan promosi yang lebih baik.

Klik pada bagian kontak di bawah berikut ini untuk mendapat penawaran jasa pembuatan kalender profesional dari Sooca Design:

JASA PEMBUATAN KALENDER PROFESIONAL





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





EnglishIndonesian

Kategori