cara memanfaatkan instagram reels untuk promosi bisnis

Instagram Reels untuk Promosi Bisnis, Efektifkah?

Seberapa efektif penggunaan instagram reels untuk promosi?

Baru-baru ini Instagram mengeluarkan sebuah fitur baru yang dinamakan Reels. Singkatnya, Reels adalah sebuah format konten berbentuk video yang mempunyai durasi maksimal 60 detik. Mungkin kamu mengenal Reels sebagai fitur yang mirip dengan media sosial yang juga populer belakangan ini yaitu TikTok. Tak jauh berbeda, Reels menyediakan tools bagi pengguna Instagram untuk dapat mengedit video dengan menambahkan latar belakang musik, filter, stiker, teks, dan lainnya. Dengan ini, proses pembuatan video akan lebih mudah, tidak perlu menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan lainnya. 

Video-video Reels akan muncul pada tab tersendiri, tepatnya di bagian bawah halaman beranda aplikasi Instagram. Sistemnya pun kurang lebih sama dengan halaman For You Page Tiktok dimana video-video yang populer akan masuk ke halaman teratas dan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk menjangkau audiens.

Fitur yang baru saja diluncurkan oleh Instagram ini mempunyai beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Pertama, video Reels tersimpan secara permanen pada akun kita, berbeda dengan story yang hanya bertahan selama 24 jam. Kedua, reels memberi brand kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Terakhir, reels membantumu untuk membuat video menarik yang mampu menunjukkan brand personality dengan lebih baik.

Cara Memanfaatkan Instagram Reels untuk Promosi Bisnis

memanfaatkan instagram reels untuk promosi bisnis
Image source: instagram.com

Melihat bahwa 60% persen bisnis menggunakan video sebagai bentuk pemasaran di tahun 2021, Reels menjadi salah satu strategi yang patut dicoba. Lalu bagaimana cara memanfaatkan Reels untuk bisnis? Simak tipsnya di bawah ini.

Bagikan Konten Edukasi

Pengikut Anda akan tertarik untuk belajar tips-tips baru yang bermanfaat. Video yang singkat, jelas, dan mudah diikuti akan disukai oleh para penonton Reels. Anda bisa membuat video seperti life hacks, atau tips-tips yang terkait dengan produk yang kamu jual. Apabila Anda menjual make up, coba pikirkan untuk membuat tutorial make up dengan produk kecantikan Anda. Selain lebih menarik, cara ini dapat membantu Anda untuk melakukan soft selling. Jangan lupa sertakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan reach.

Tunjukkan Produkmu

Keunggulan Reels yang bisa menjangkau banyak orang, termasuk yang tidak mengikuti akun Anda, menjadi peluang yang bagus untuk mempromosikan suatu produk. Hampir sama dengan poin pertama, coba masukkan produk Anda secara halus ke dalam konten-konten yang menarik. Pikirkan cara yang kreatif untuk menunjukkan produk Anda dalam video yang singkat. Sertakan juga deskripsi yang menarik dan hashtag yang mendukung untuk meningkatkan engagement dari unggahan.

Bagikan Konten di Balik Layar

Dapat menjadi salah satu alternatif, konten behind the scene akan membantu pengikut mengenal brand Anda lebih dalam. Konten ini sederhana tetapi menarik untuk dilihat. Hal ini dapat berguna untuk membentuk kepribadian brand, meningkatkan kepercayaan, dan membangun hubungan dengan audiens. Bahkan, eksperimen yang dilakukan oleh Hootsuite membuktikan bahwa adanya unsur “manusia” dalam Reels membantu mereka menjangkau lebih banyak orang. Beberapa ide konten yang bisa Anda buat adalah proses pembuatan produkmu di balik layar, atau aktivitas harian di kantor Anda.

Buat Konten yang Orisinil

Kemas dalam bentuk yang menyenangkan dan buat kontennya terlihat orisinil. Daripada memikirkan kualitas video yang baik dan terlalu profesional, video yang personal dan unik akan meningkatkan engagement dari unggahan. Selain itu, personalitas dari brand Anda akan terbentuk melalui video-video yang autentik. 

Pemilihan Sound Berpengaruh

Layaknya algoritma TikTok, pemilihan latar belakang musik yang tepat dapat membantu video Anda menjangkau lebih banyak orang. Gunakan musik yang sedang populer di Reels, tetapi tetap pastikan audio itu cocok dengan karakteristik video Anda.

Memakai Instagram Reels ads

Reels menawarkan cara baru bagi brand untuk menjangkau audiens yang ditargetkan dengan cara yang lebih engaging daripada bentuk Instagram ads pada umumnya. 

Nah, itu dia cara-cara yang bisa Anda terapkan dalam memanfaatkan Reels untuk promosi bisnis. Pastikan Anda memanfaatkan semua tools yang ada dengan optimal untuk hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!

Terakhir, apabila Anda membutuhkan jasa desain sosmed, jangan ragu untuk menghubungi Sooca Design. Dengan tim yang kompeten dan profesional, kami siap menjadi partner dalam memajukan promosi bisnis Anda melalui sosial media.

Hubungi kami DI SINI untuk mendapatkan penawaran jasa desain sosmed yang spesial dan khusus untuk Anda!

 

Referensi:

blog.hootsuite.com/instagram-reels/ 

blog.hootsuite.com/instagram-reels-experiment/ 

www.entrepreneur.com/article/367075 

GRATIS Mini Course

Kategori