pentingnya annual report sebagai marketing tools

Pentingnya Annual Report Sebagai Marketing Tools

Selain kewajiban tahunan, annual report juga dapat berfungsi sebagai marketing tools atau alat pemasaran yang efektif. Bagaimana bisa? Yuk ketahui jawaban tetang pentingnya annual report sebagai marketing tools di dalam pembahasan artikel ini.

Annual report adalah laporan yang harus disusun perusahaan legal di setiap tahunnya. Artinya, perusahaan legal tidak akan pernah melupakan penyusunan annual report sebagai kewajiban yang harus ditunaikan.

Pertanyaannya, apakah annual report membuat perusahaan repot mengingat wajib dibuat setiap tahun? Jawabannya tidak! Annual report justru dapat ‘mengepakkan sayap’ bisnis perusahaan menjadi makin lebar. Dalam arti lain, peran annual report sebagai marketing tools ternyata penting untuk diperhatikan.

Peran Annual Report Sebagai Marketing Tools

pentingnya annual report sebagai marketing tools (layanan pembuatan annual report)
Image source: freepik.com

Ketahui lebih lanjut pembahasan tentang peran pentingnya annual report sebagai marketing tools di bawah ini!

Definisi Annual Report

Sebelum menuju ke pembahasan inti, terlebih dahulu Anda mesti memahami apa itu annual report. Annual report adalah laporan yang berisikan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan dan perkembangan berikut laporan keuangan dalam setahun terakhir.

Ya, di dalam annual report, perusahaan menjelaskan secara detail seperti apa perkembangannya dalam setahun terakhir, apa saja yang berhasil dicapai, bagaimana kondisinya saat ini, bagaimana laporan keuangannya hingga seperti apa prospek perusahaan ke depannya. Tentunya, annual report memuat informasi yang valid alias sesuai dengan fakta di lapangan.

Perihal penyajiannya, tidak sedikit perusahaan saat ini yang menyajikannya dalam bentuk digital melalui website. Hal ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses dan menyimpan data annual report report dengan cara di-download. Selain itu, banyak perusahaan yang tetap menerbitkan annual report dalam bentuk konvensional. Hal ini dikarenakan annual report yang disajikan rupa kertas (buku laporan) dapat memaksimalkan fungsi sebagai marketing tools.

Annual Report Sebagai Marketing Tools

Membahas soal annual report sebagai marketing tools berarti kita harus membicarakan tentang fungsi dari annual report itu sendiri. Jika dijabarkan secara garis besar, fungsi annual report tidak saja untuk marketing tools, melainkan ada tiga fungsi lain. Di antaranya:

  • Menarik perhatian investor dan kreditur agar bersedia menyuntikkan dana ke perusahaan.
  • Memberikan informasi terkait pencapaian perusahaan dalam rentang waktu setahun terakhir.
  • Menjelaskan riwayat perusahaan, deskripsi bidang kerja dan fungsinya yang terdapat di internal perusahaan.

Nah, annual report dapat difungsikan sebagai alat pemasaran yang baik karena disajikan dalam bentuk integrasi tulisan, gambar, ilustrasi, infografis dan desain. Jika publik menyambutnya dengan antusias, pihak perusahaan (biasanya pihak manajemen) akan merilis produk terbaru atau gebrakan anyar yang disematkan pada produk lama.

Hal ini, tentunya, berguna untuk meningkatkan kualitas produk bisnis perusahaan di mata publik. Di sisi lain, juga berguna untuk meningkatkan angka penjualan dari produk yang baru dirilisnya itu.

Fungsi Lain Annual Report

Di atas adalah fungsi annual report bagi perusahaan. Sementara itu, annual report bagi pihak luar memiliki fungsi yang berbeda. Antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai acuan calon investor untuk mengetahui seberapa menguntungkan jika berinvestasi di perusahaan yang bersangkutan.
  • Sebagai alat pengambil keputusan bagi publik yang berniat melakukan pembelian saham.
  • Menjadi informasi penting bagi publik guna mengetahui tentang internal perusahaan, seperti tata kelola, etika bisnis, manajemen risiko dan lainnya.

Agar fungsi-fungsi di atas terwujud dengan baik, annual report harus disusun (juga) dengan baik. Disebut ‘baik’ di sini berarti annual report harus disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami (baik bahasa teks maupun bahasa visual) dan menarik dari segi desain dan layout.

Itulah pembahasan tentang annual report sebagai marketing tools. Anda dapat menggunakan Sooca Design untuk mendapatkan layanan pembuatan annual report dan sustainability report yang baik dan benar.

Dalam membuat annual report sebagai sarana marketing tools, diperlukan keahlian khusus dalam bidang desain hingga penulisan. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan jasa profesional dari Sooca Design yang telah teruji kualitasnya.

Kabar baiknya lagi, kami memiliki paket lengkap untuk membuat annual report perusahaan Anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan solusi dan penawaran layanan pembuatan annual report lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori