mengenal formula copywriting

Mengenal Formula Copywriting Agar Tulisan Lebih Menjual

Copywriting merupakan tulisan yang membutuhkan teknis khusus. Seperti yang sudah kita pahami, tujuan utama dari copywriting sendiri adalah untuk menarik engagement dari audiens yang bisa mengarah ke penjualan. Menulis copywrite sendiri cukup menantang, secara Anda perlu membuat tulisan yang menarik dan persuasif. Oleh karena itu, copywriting membutuhkan ‘racikan’ spesial sebagai teknik yang ampuh. Di artikel kali ini, kita akan membahas formula-formula copywriting yang dapat Anda pakai saat menulis konten!

5 Formula Copywriting

mengenal formula copywriting agar lebih menjual

Sumber: Donatello Trisolino via Pexels

Problem – Agitate – Solve (PAS)

Kita mulai dari salah satu yang populer. Walaupun sederhana, formula ini dapat menjadi tips ampuh untuk copywriting. Formula ini terdiri dari 3 poin yaitu problem, agitate, dan solve. Poin pertama meminta penulis untuk dapat mengidentifikasi masalah apa yang sedang dialami oleh target audiens. Dengan ini, audiens dapat merasa bahwa konten yang dibuat relevan dengan apa yang mereka alami. Setelah berhasil menemukan masalahnya, masuk lah ke poin kedua yaitu agitasi masalahnya. Buatlah audiens Anda merasa bahwa masalah itu penting dan perlu diatasi. Lalu tutup dengan poin solve. Jelaskan bagaimana brand Anda dapat membantu mereka menangani masalah ini.

Features – Advantages – Benefits (FAB)

Formula ini bertujuan untuk mengenalkan produk Anda ke audiens dan memberi audiens alasan kenapa mereka perlu membeli produk ini. Di awal paragraf, gunakan poin features dimana Anda mejelaskan apa fitur-fitur utama dari produk yang Anda jual. Kemudian masuklah ke poin advantages dimana Anda menjabarkan apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh produk Anda. Tutuplah kalimat dengan apa manfaat-manfaat yang bisa mereka dapat dengan manggunakan produk Anda.

Attention – Interest – Desire – Action (AIDA)

Formula ini merupakan salah satu formula standar dalam dunia copywriting. Dalam formula ini, yang pertama harus dilakukan adalah membuat copy yang menarik perhatian. Anda bisa memakai headline yang mengandung clickbait. Setelah berhasil mengambil perhatian audiens, Anda harus bisa menarik minat mereka dengan informasi yang menggugah (interest). Kemudian, jelaskan mengapa mereka harus rela mengeluarkan uang membeli barang/jasa yang Anda tawarkan (desire). Terakhir, tutup dengan copy yang mampu menggerakan audiens untuk melakukan suatu tindakan (action).

The 4C’s

Formula ini lebih berfokus pada pemaparan mengenai kriteria copy yang baik. The 4C’s sendiri terdiri dari clear, concise, compelling, dan credible. Clear, sebuah tulisan harus mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh orang yang membacanya. Concise, sebuah copy yang baik bisa menyampaikan informasi yang jelas dengan kata-kata yang efisien. Compelling, copy tersebut harus cukup menarik untuk dibaca oleh audiens. Pastikan Anda mengeri kebutuhan, masalah, dan keinginan mereka. Terakhir, credible, copy yang Anda buat harus bisa dipercaya oleh audiens. Komunikasi pesan dengan jelas, tanpa mengada-ngada dan terlihat berlebihan. Anda mungkin bisa menggunakan testimoni pelanggan untuk terlihat lebih terpercaya.

Before – After – Bridge

Formula ini berfokus untuk mengenalkan produk/jasa yang Anda tawarkan sebagai solusi dari masalah yang dialami oleh audiens. Singkatnya, Anda harus mengawali copy dengan menggambarkan masalah yang ada di kehidupan mereka. Kemudian, gambarkan keadaan dimana masalah itu terselesaikan. Sebagai penutup, jelaskan bagaimana cara mereka mencapainya dengan bantuan produk Anda.

4 U

Formula 4 U terdiri dari 4 poin utama yaitu useful, urgent, unique, dan ultra-specific. Sama dengan formula 4C’s yang kita bahas sebelumnya, formula ini juga membahas tentang kriteria penulisan copy yang baik. Pertama, copy yang dibuat harus mempunyai nilai informatif yang bermanfaat bagi pembaca. Kedua, ciptakan copy yang memberikan rasa urgensi sehingga audiens merasa adanya kepentingan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Ketiga, sampaikan gagasan yang unik tentang produk/jasa yang Anda tawarkan. Terakhir, jadilah ultra-spesifik dalam menyampaikan ketiga poin di atas.

Itulah 6 formula yang Anda bisa gunakan dalam copywriting untuk menaikkan engagement dari audiens yang terpapar dengan konten Anda. Sebenarnya masih ada formula-formula lainnya yang bisa dipakai, tapi kami rangkumkan formula-formula yang menarik dan sering diaplikasikan dalam menulis copy.

Selain itu, copywriting yang baik juga penting untuk dihadirkan dalam sebuah company profile, laporan tahunan (annual report) atau laporan keberlanjutan (sustainability report). SOOCADESIGN hadir bukan hanya untuk membantu proses desain, tetapi juga memberikan layanan yang lengkap meliputi penulisan (copywriting), penerjemahan (translate), hingga cetak (print).

Ingin mendapatkan penawaran paket lengkap seputar jasa pembuatan compro, annual report, atau sustainability report? Klik DI SINI.

 

Resources:

buffer.com

www.wordstream.com





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





GRATIS Mini Course

Kategori