Implementasi CSR Perusahaan Venture Capital

Cara Implementasi CSR Perusahaan Venture yang Tepat

Implementasi CSR Perusahaan

Implementasi CSR dapat dilakukan oleh perusahaan venture melalui tahapan-tahapan kerja agar kegiatan CSR berjalan dengan lancar, efektif dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Perusahaan venture dapat memilih bentuk implementasi mana yang dapat dijalankan tentunya dengan melihat kondisi internal perusahaan terlebih dahulu. 

Pengertian Corporate Social Responsibility atau yang biasa disebut CSR memiliki pemahaman yang berbeda di setiap perusahaan, mengingat tujuan dan kondisi internal perusahaan yang berbeda-beda.  Pada umumnya, CSR diartikan sebagai suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menjalankan tanggung jawab sosialnya, terhadap pemangku kepentingan (stakeholder) maupun masyarakat. Namun, pengertian ini bisa dipahami secara berbeda oleh setiap perusahaan. Berbeda pengertiannya, berbeda pula implementasinya.  

Implementasi CSR di Indonesia semakin meningkat dari waktu-waktu. Dunia usaha sudah menyadari pentingnya kontribusi industri untuk lingkungan sekitar, publik, internal perusahaan, stakeholder, juga regulator. Dengan menjalankan program CSR, perusahaan telah terbukti mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan salah satunya berkaitan dengan corporate image, yang dampaknya positif bagi perusahaan.  


Implementasi CSR Perusahaan

Maka dari itu, banyak kegiatan CSR yang mengusung konsep sustainable development telah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan-perusahaan besar. Hal ini didukung oleh diterbitkannya beberapa undang-undang yang menjadi dasar hukum implementasi CSR di setiap perusahaan yakni UU Nomor 40 Tahun Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT).  

Seperti halnya pada perusahaan venture capital. Perusahaan yang dikenal sebagai pemodal utama para perusahaan rintisan atau startup ini sedang berlomba-lomba dalam mengefektifkan program CSR-nya. Hal ini bukan tidak beralasan. Tren perkembangan startup global meningkat dengan pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Tentu hal ini diminati para investor untuk menyertakan dananya ke perusahaan venture capital untuk membantu perkembangan startup potensial. 

Cara implementasi CSR di perusahaan venture agar efektif tidak terlepas dari tahap perencanaan terlebih dahulu. Tahap ini berarti dimana perusahaan venture harus membangun kesadaran manajemen perusahaan akan pentingnya CSR, seperti dengan melakukan seminar. Agar mudah membangun kesadaran pihak manajemen, sesuaikan program CSR dengan visi dan misi perusahaan. Hal ini akan menciptakan keseragaman berpikir yang akan memudahkan implementasi CSR. Setelah itu, perusahaan venture bisa memetakan kondisi internal perusahaan agar manajemen bisa merumuskan langkah-langkah yang tepat untuk menjalankan program CSR.  

Setelah langkah-langkah dirumuskan dengan tepat, saatnya perusahaan venture memulai tahap pelaksanaan dalam implementasi CSR. Tahap pelaksanaan ini perlu diperhatikan oleh perusahaan venture karena tahap ini menentukan keberhasilan program CSR yang dijalankan. Di tahap ini, perusahaan butuh memperhitungkan dengan baik sumber daya yang dibutuhkan mulai dari menyiapkan dana hingga SDM serta penyusunan tim kerja sesuai tugasnya masing-masing.  

Berikutnya, terdapat tahap evaluasi yang wajib dilakukan perusahaan venture dalam implementasi CSR. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur sejauh mana efektivitas implementasi CSR. Hal ini akan membantu perusahaan venture untuk merancang kembali kondisi perusahaan setelah diadakannya CSR dan menilai capaian perusahaan dalam implementasi CSR sehingga hal-hal yang perlu perbaikan dapat diupayakan kedepannya.  

Setelah sepakat dengan rumusan program CSR yang akan dijalani, perusahaan venture tentu dapat memilih bentuk implementasi CSR-nya. Pertama, bentuk CSR yang berorientasi pada mitra yakni perusahaan rintisan atau startup yang dibiayai. Melakukan kegiatan CSR bersama startup binaan akan menimbulkan kepercayaan berbagai pihak yang berkepentingan. Semangat startup-startup ini akan terpacu sehingga terbukanya akses yang menghasilkan keuntungan dapat lebih mudah digapai.  

Cara implementasi CSR ini apabila dijalankan dengan tepat, maka perusahaan venture akan mendapat berbagai macam keunggulan seperti akses ke modal dan pasar yang mudah, produktivitas serta kualitas yang meningkat, SDM yang efisien, reputasi perusahaan positif, pengambilan keputusan yang lebih bijaksana, serta kepercayaan stakeholder.  

Bentuk implementasi CSR yang kedua ialah fokus pada karyawan perusahaan venture. Perkembangan perusahaan venture dewasa ini sangat pesat. Maka, tidak sedikit perusahaan venture yang melakukan rekrutmen karyawan besar-besaran demi menjalankan bisnis ini. Implementasi CSR di perusahaan venture juga bisa dimulai dari pihak manajemen sendiri yang harus berlaku adil kepada para karyawannya tanpa membedakan ras, suku, agama, maupun golongan. 

Selanjutnya adalah bentuk kegiatan kemanusiaan dan lingkungan hidup. Perusahaan venture dapat bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang bergerak di bidang tersebut. Implementasi CSR seperti ini telah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan venture besar di seluruh dunia. Bentuk CSR tersebut adalah yang paling mudah dijalankan dan diterima oleh siapapun sehingga citra positif perusahaan venture otomatis terbangun.  

Berikutnya, perusahaan venture dapat mengimplementasikan CSR di bidang kesehatan. CSR di bidang ini rama-ramai dilakukan perusahaan venture di masa pandemi Covid-19 kemarin. Hal ini menunjukkan kepedulian perusahaan venture akan isu kesehatan dan pencegahan virus Covid-19 baik di lingkungan perusahaan maupun masyarakat. Biasanya, perusahaan venture akan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan, brand obat-obatan, maupun pemerintah.  

Implementasi CSR Perusahaan Venture Capital

Cara implemetasi CSR di perusahaan venture ini perlu dipelajari oleh semua kalangan, namun tentu saja utamanya bagi para pemain di bisnis tersebut. Cara ini dapat dilakukan untuk menghasilkan implementasi yang efektif di perusahaan venture sehingga tujuan-tujuan perusahaan dapat tercapai demi keberlangsungan bisnis modal ventura.  

Hal yang tak kalah penting setelah mengimplementasikan program CSR adalah perusahaan perlu untuk mendokumentasikannya dalam bentuk laporan sustainability.

Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

 

 Referensi:
https://www.idx.co.id/tentang-bei/laporan-keberlanjutan/

 

GRATIS Mini Course

Kategori