Transparansi Laporan Sustainability

Transparansi Laporan Sustainability dan Cara Cek Akurasinya

Lanskap pelaporan sustainability berubah dengan cepat, dengan lebih banyak perusahaan mengungkapkan informasi tentang masalah material daripada sebelumnya. Tapi, bagaimana memastikan akurasi dan transparansi laporan sustainability?

Transparansi Laporan Sustainability

Ada banyak alasan bagi suatu perusahaan atau organisasi untuk melaporkan kinerja keberlanjutannya. Namun seringkali, alasan utama pelaporan adalah untuk membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan yang kuat–akibat meningkatnya keinginan pemangku kepentingan.

 

Selain itu, survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa 43% eksekutif menyatakan ‘keselarasan dengan tujuan, misi, dan nilai bisnis’ sebagai alasan utama untuk membahas dan melaporkan topik keberlanjutan.

 

Biasanya, laporan keberlanjutan memiliki tipe data yang berbeda, termasuk data karbon, penggunaan air, donasi filantropi, jam kerja sukarela, serta informasi keragaman dan tata kelola. Dengan variabilitas tipe data yang begitu besar, akan sulit untuk mengumpulkan data secara akurat secara konsisten.

 

Pedoman pelaporan keberlanjutan saat ini berguna untuk menentukan subjek yang harus ditangani. Namun, tidak ada metodologi yang diakui mengenai bagaimana perusahaan harus mengumpulkan, memvalidasi, dan menganalisa data yang terkandung dalam laporan.

 

Cek Akurasi Laporan Sustainability

Cara meningkatkan akurasi laporan sustainability

Meskipun demikian, jika ada kekhawatiran tentang keakuratan data, sulit bagi pembuat keputusan untuk mendapatkan nilai bisnis nyata dari laporan berkelanjutan.

 

Survei KPMG tentang tren terkini dalam pelaporan keberlanjutan menemukan bahwa laporan dengan kualitas tertinggi berasal dari perusahaan yang tanggung jawab datanya ada pada CEO, Dewan Direksi, atau anggota dewan tertentu.

 

Ada beberapa cara bagus untuk meningkatkan akurasi laporan sustainability, seperti berikut ini:

  1. Perusahaan bisa menerapkan proses pemantauan berkelanjutan untuk melacak indikator kinerja utama. Hal ini juga memungkinkan tim untuk secara akurat melacak kemajuan terhadap target dan tolok ukur industri serta meminimalkan kebutuhan untuk kembali dan menyaring data saat waktunya melaporkan secara eksternal.
  2. Perusahaan perlu menetapkan serangkaian tujuan dan target yang kuat dengan metode standar untuk mengukur kemajuan, meningkatkan transparansi, dan mengurangi kesalahan dalam pengumpulan data.
  3. Menghasilkan laporan kemajuan secara teratur dan meningkatkan akuntabilitas data untuk merampingkan proses pengumpulan dan validasi data. 
  4. Tim audit internal dapat meninjau data keberlanjutan dari tiga perspektif: kualitas, relevansi, dan sumber. Tim dapat memberikan tinjauan data internal dan independen sebelum laporan dipublikasikan.

 

Beberapa perusahaan menggunakan jasa firma jaminan eksternal yang berspesialisasi dalam memverifikasi keakuratan seluruh laporan sustainability, klaim kinerja tertentu, dan/atau data laporan. 

 

Perusahaan seperti ini memberikan pendapat eksternal dan independen tentang keandalan informasi. Mereka juga dapat mempertimbangkan proses pelaporan yang mendasarinya seperti keterlibatan pemangku kepentingan, penilaian materialitas, atau sistem data. Studi GRI baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah laporan yang dijamin secara eksternal oleh perusahaan Amerika Serikat (AS) meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak 2008.

 

Tim assurance eksternal memerlukan akses ke pengumpulan data perusahaan dan proses peninjauan internal serta orang yang bertanggung jawab atas konten laporan. Setelah audit selesai, pernyataan jaminan yang ditandatangani biasanya disajikan dalam laporan sustainability atau di situs web perusahaan.

 

Seiring tuntutan pemangku kepentingan untuk transparansi meningkat, perusahaan dapat mengharapkan lebih banyak tekanan untuk melaporkan masalah material selengkap dan seakurat mungkin. Mengingat konteks ini, kualitas laporan sustainability hanya dapat tumbuh dari waktu ke waktu. Perusahaan perlu memikirkan dengan hati-hati tentang perubahan proses yang diperlukan untuk meningkatkan keakuratan data dalam laporan sustainability mereka.

 

Metode apapun yang dipilih perusahaan untuk meningkatkan akurasi laporan mereka, tren menerbitkan laporan sustainability dengan kualitas yang lebih baik dan terjamin secara eksternal pasti akan terus berlanjut.

 

Cara meningkatkan transparansi laporan sustainability

Transparansi bukan hanya masalah komunikasi, tetapi juga masalah moral dan etika. Dilema dan keputusan etis sangat penting dalam kasus bisnis berkelanjutan atau regeneratif yang muncul ke dunia melalui laporan sustainability. Mengingat perusahaan-perusahaan dianjurkan fokus untuk bertanggung jawab dan menangani dampak lingkungan dengan serius, keaslian dan transparansi menjadi faktor utama untuk membangun kesuksesan dan kepercayaan merek.

 

Transparansi adalah jumlah informasi yang ingin dibagikan oleh bisnis. Lantas, apa yang dimaksud dengan transparansi data? Transparansi data adalah prosedur membuat data dapat diakses oleh semua.

 

Transparansi bukan berarti memberi akses ke semua data. Tapi, data apapun yang dapat diakses publik harus otentik.  

 

Transparansi membangun kepercayaan. Bersikap transparan tentang kinerja lingkungan, sosial, dan produk adalah kunci untuk membangun kepercayaan dengan para pemangku kepentingan dan memperbaiki kesalahan informasi. 

 

transparansi laporan berkelanjutan

Sejumlah cara untuk meningkatkan transparansi laporan sustainability antara lain:

  1. Data berkelanjutan diaudit oleh pihak ketiga dan dilaporkan sesuai dengan standar tertentu, misalnya Global Reporting Initiative (GRI).
  2. Memastikan investor memiliki akses ke informasi yang memadai untuk mendukung keputusan investasi mereka.
  3. Memastikan bahwa organisasi masyarakat sipil, serikat pekerja, dan lainnya memiliki akses ke informasi non-keuangan yang memadai untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan atas dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

Suatu perusahaan harus menampilkan laporan sustainability secara akurat dan transparan dengan tetap mengikuti regulasi. Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

 

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

 

Sumber:

https://www.workiva.com/blog/data-accuracy-sustainability-reports

https://www2.deloitte.com/ie/en/pages/audit/articles/transparent-reporting-for-sustainability-frb.html

 

GRATIS Mini Course

Kategori