seberapa penting peran corporate communication dalam perusahaan

Seberapa Penting Peran Corporate Communication dalam Perusahaan?

Sebuah perusahaan yang baik memiliki rencana komunikasi yang strategis dan kuat untuk membentuk hubungan yang baik secara internal maupun eksternal. Mungkin tidak terlihat terlalu krusial, tetapi peran corporate communication berpengaruh penting untuk menjembatani perusahaan dengan masyarakat.

Peran corporate communication mengacu pada sebuah metode yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, baik internal atau eksternal, seperti pelanggan, karyawan, media, stakeholders, masyarakat sampai regulator. 

Departemen ini memiliki beragam fungsi dalam perusahaan. Karena sebuah perusahaan perlu terlibat dengan begitu banyak orang setiap harinya, sistem komunikasi yang ada perlu dibangun dengan kuat dan efektif untuk mencakup seluruh pemangku kepentingan. 

Tugas Utama & Peran Corporate Communication dalam Perusahaan

pentingnya peran corporate communication dalam perusahaan
Photo by fauxels from Pexels

Apa saja yang menjadi tugas utama dari corporate communication? Pada kesempatan kali ini, Sooca Design akan membahasnya khusus untuk Anda. Yuk simak bersama pembahasannya!

Hubungan dengan Media dan Masyarakat

Tugas ini mengacu pada cara sebuah perusahaan menampilkan diri ke masyarakat, termasuk pemangku kepentingan dari industri media. Fungsi ini sangat penting untuk membangun citra yang baik di depan khalayak. Beberapa tugas yang sering dilakukan adalah mengeluarkan siaran pers, mengadakan konferensi, dan menyiapkan paket media. Ada tiga komponen utama dalam fungsi ini:

1. Membangun reputasi

Reputasi berbicara tentang bagaimana masyarakat memandang atau menilai suatu persuahaan. Hal ini juga mencakup tentang bagaimana pendapat pihak internal dan pemangku kepentingan lainnya. Tugas corporate communication di sini adalah memastikan komunikasi berlangsung dengan baik sehingga reputasi yang terbangun pun positif.

2. Menjalankan tanggung jawab perusahaan

Tanggung jawab yang dimaksud di sini adalah tentang bagaimana sebuah perusahaan berkontribusi pada lingkungan sosial dan juga kewarganegaraan. Oleh karena itu, corporate communication mempunyai peran untuk menjembatani hubungan dengan pihak-pihak yang terkait.

3. Membentuk identitas 

Identitas perusahaan terbentuk dari cara perusahaan berkomunikasi. Dengan ini, corporate communication memliki tanggung jawab untuk mengelola identitas yang ada.

Komunikasi Krisis

Setiap perusahaan pasti pernah dan akan mengalami masa-masa kriss yang datangnya tidak terduga-duga dan berpotensi untuk merusak reputasi yang sudah sekian lama dibangun. Oleh karena itu, penanganan krisis menjadi salah satu hal yang sangat krusial dalam perusahaan. Pada masa-masa ini, komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Peran corporate communication diperlukan untuk membuat strategi komunikasi yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada. 

Beberapa tugas yang terkait dengan krisis komunikasi adalah mengeluarkan siaran pers kepada masyarakat, dan berhubungan dengan media untuk menciptakan publikasi yang baik. Ada kemungkinan juga untuk berinteraksi dengan pengacara atau bahkan pemerintah, tergantung dengan masalah yang dihadapi. Kerja yang cepat sangat dibutuhkan pada situasi ini, dan kesiapan komunikasi seorang corporate communication akan teruji.

Komunikasi Internal

Kalau dari tadi kita membahas tentang hubungan perusahaan dengan pihak eskternal, poin ketiga ini akan lebih mengarah pada fungsi internal. Komunikasi internal menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pada praktiknya, departemen ini akan menjalin hubungan dengan karyawan, manajer, bahkan pemimpin perusahaan. Ada tiga komponen utama dalam fungsi ini:

1. Komunikasi dengan karyawan

Beberapa tugas yang dilakukan untuk fungsi ini adalah memberi informasi pada karyawan dan memastikan komunikasi berjalan dengan efektif secara internal.

2. Budaya organisasi 

Budaya organisasi adalah nilai-nilai utama yang dipegang oleh suatu perusahaan, Tugas corporate communication di sini adalah untuk membangun pemahaman yang sama antar karyawan. Tugas-tugas yang dijalankan di sini adalah membuat kegiatan yang mempererat hubungan internal, atau membuat sesi pengembangan karyawan. 

3. Komunikasi dengan stakeholders

Komunikasi dengan pemangku kepentingan mengacu pada hubungan yang dijalin dengan investor atau pun pihak yang berpotensi untuk menjadi pemangku kepentingan. Tujuannya adalah untuk menciptakan hubungan yang positif, membangun reputasi organisasi, dan sumber pendanaan yang berpotensi aman.

Itu dia tiga fungsi utama corporate communication dalam suatu perusahaan. Karena perannya yang penting, anggota departemen ini perlu memiliki kemampuan baik dalam berkomunikasi yang mencakup kemampuan berpikir kritis, melakukan riset, menulis, dan yang paling utama, public speaking.

 

Referensi:

www.indeed.com/career-advice/career-development/corporate-communications-functions 

smallbusiness.chron.com/functions-corporate-communication-department-23716.html 

GRATIS Mini Course

Kategori