ide kemasan unik dan kreatif

6 Ide Kemasan Unik & Kreatif Untuk Beragam Produk

Sebuah kemasan tidak hanya membuat produk didalamnya terlihat lebih cantik dan menarik, namun juga harus mencantumkan dan memberikan berbagai informasi penting terkait produk yang dikemas. Sehingga, dapat membuat para konsumen lebih tertarik dan merasa lebih aman dalam menggunakannya. Jika dibandingkan dengan kemasan tanpa informasi atau tidak mencantumkan label apapun, tentunya konsumen akan lebih percaya dan memilih produk yang kemasan-nya dilengkapi dengan label berbagai informasi tersebut. Namun bagaimana cara mendapatkan ide kemasan yang unik dan kreatif, namun tetap bisa memuat informasi penting terkait produk? Mari kita bahas bersama.

Ide Kemasan Unik & Kreatif

6 ide kemasan unik dan kreatif
Image Source by Freepik

Idealnya, sebuah kemasan didesain dengan tujuan untuk mempromosikan produk, namun tetap harus menjaga fungsi dan memberikan kemudahan konsumen saat menggunakan produk tersebut.

Sebelum menyerahkan desain pada jasa cetak kemasan, mari melihat lebih banyak ide kemasan unik dan kreatif:

1. Multifungsi dan Bersifat 3R (Reuse-Reduce-Recycle)

Penting untuk melihat sisi estetika dan fungsionalitas kemasan sebagai satu kesatuan konsep. Namun, jangan karena ingin nilai estetika tinggi, kemasan produk jadi kurang fungsional. Tetap usahakan untuk berkreasi agar antara fungsi dan keindahan bisa saling mendukung satu sama lain.

Ambil contoh kemasan kentang goreng salah satu restoran fast food di Indonesia. Bagian penutupnya bisa dilipat ke arah luar, sehingga bisa dipakai untuk menuang saus. Lalu, ada juga kemasan saus makanan yang bagian tutupnya bisa digunakan sebagai sendok. Satu lagi contoh lain yaitu kantong kacang dari duplex yang menyediakan dua ruang di dalam kemasan untuk menampung sisa kulit kacang. Sungguh sebuah ide kemasan unik dan kreatif bukan?

2. Memiliki Kearifan Lokal

jasa cetak kemasan dari soocadesign
Image Source by casemakes.com

Konsumen biasanya tertarik dengan kemasan yang dibuat secara personalisasi atau dibuat khusus dengan ciri khas tertentu secara handmade. Kemasan yang dibuat dengan personal akan terasa lebih menyentuh dan dekat dengan pelanggan. Contohnya kemasan sabun herbal, biji kopi, dan kantong teh. Dari sekian banyak produk yang sama, kemasan produk handmade akan tampil lebih stand-out dan terlihat berbeda. Desain kemasan dengan konsep personalisasi akan membuat brand Anda terlihat lebih profesional dan kreatif. Ini mampu memudahkan Anda dalam pemasaran produk ke pasar yang lebih luas.

3. Ide Desain Kemasan Unik Sekaligus Praktis

Saat ini, semua orang mencari hal-hal yang praktis. Mereka suka dengan produk yang mudah dibawa atau digunakan di mana saja. Konsumen juga senang dengan desain kemasan yang memungkinkan untuk disimpan kembali setelah dibuka. Contohnya seperti desain kemasan produk berupa plastik ziplock untuk membungkus produk makanan dan minuman agar lebih awet dan praktis disimpan. Anda bisa juga mengambil inspirasi desain kemasan rice box beserta sendok yang memungkinkan untuk dimakan di mana saja.

4. Material Berkualitas yang Anti Mainstream

Ide desain unik dan kreatif selanjutnya adalah yang memiliki material berkualitas. Desain kemasan produk anti mainstream? Bagaimana kalau menggunakan bahan daur ulang saja? Out of the box sekaligus ramah lingkungan. Konsep desain kemasan ramah lingkungan ini akan menarik perhatian pelanggan karena produk sekaligus brand Anda menunjukkan kepedulian terhadap program keberlanjutan. Bahan utamanya adalah seperti kantong plastik daur ulang, kertas daur ulang, dan bahan organik lainnya. Beberapa brand juga sudah memakai kertas murbei, kertas berbahan rumput liar, hingga kertas dari bahan rami untuk membuat kemasan yang lebih mudah terurai.

5. Model Kemasan Unik

6 ide kemasan unik dan kreatif untuk produk
Image Source by bxlcreativedesign.com

Bosan dengan model kantong teh celup yang itu-itu saja? Anda bisa berkreasi dengan desain kemasan produk yang lebih unik dengan membuatnya seperti bentuk gantungan baju. Bayangkan kantong teh adalah baju yang sedang digantung menggunakan hanger. Tentu cara ini juga akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi konsumen saat menikmati produk Anda.

Agar visualnya semakin menonjol, Anda juga bisa mendesain kantong teh seperti baju dengan tambahan lengan di sisi kiri dan kanan. Lalu, di bagian atas, alih-alih hanya memasang satu benang, ganti dengan kertas yang bentuknya mirip hanger pakaian. Hanger ini bisa digantung ke pinggiran gelas, dengan begitu kantong teh tidak perlu dipegang lagi selama proses penyeduhan. Unik dan efisien, bukan?

6. Ide Kemasan Imajinatif

Desain kemasan imajinatif tidak akan pernah gagal menarik perhatian konsumen. Jika Anda termasuk orang dengan imajinasi tinggi, tuangkan ide kreatif tersebut pada kemasan produk Anda. Misalnya, ada sebuah brand kuas cat yang mengibaratkan kuas tersebut sebagai jenggot atau kumis laki-laki.

Pemilik brand kemudian menambahkan ilustrasi wajah seseorang dengan berbagai karakter dan ekspresi untuk semakin mendukung visual kuas sebagai kumis. Permainan warnanya juga sangat apik, sehingga kuas terlihat persis seperti kumis dari orang yang berbeda-beda.

Dengan menawarkan model desain yang seperti itu, Anda pun dapat meningkatkan brand awareness produk yang dijual, karena dapat membuat pelanggan lebih mudah mengingat signature produk yang Anda tawarkan. Sehingga, ketika mudah diingat, meskipun banyak sekali kompetitor produk sejenis, konsumen akan tetap memilih dan membeli produk milik Anda.

Jasa Cetak Kemasan

Demikianlah beberapa ide kemasan unik dan kreatif. Dalam mewujudkannya tentu membutuhkan bantuan dari desainer dan jasa cetak kemasan yang terpercaya.

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa cetak kemasan yang berpengalaman?

Konsultasikan segera proses pembuatan kemasan produk Anda kepada SOOCADESIGN sebagai penyedia jasa cetak kemasan yang profesional.

GRATIS Mini Course

Kategori