5 tren desain kemasan 2022

Tren Desain Kemasan 2022 untuk Inspirasi Bisnis Anda

Setiap tahun, tentu akan ada inovasi baru dalam tren desain kemasan. Demikian pula dengan tahun ini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tren desain kemasan 2022 memiliki konsep yang sedikit “berbeda” dalam menyampaikan kesan yang mewah.

Inspirasi Tren Desain Kemasan 2022

Dari waktu ke waktu, desain kemasan dan estetika desain berkembang pesat. Tahun 2022 diharapkan menjadi tahun yang sangat baik untuk memperoleh tren desain yang lebih “fresh”.

Warna, font, bentuk, dan fitur desain yang menakjubkan digabungkan untuk menciptakan desain yang luar biasa untuk membantu perusahaan mencapai lebih banyak penjualan dan meningkatkan brand awareness mereka.

Maka dari itu, soocadesign akan memberikan beberapa inspirasi tren desain kemasan 2022 yang kami rangkumkan spesial untuk Anda:

1. Pola Desain Kemasan Bergambar dan Transparan

tren desain kemasan 2022
Photo by Tarah Dane on Unsplash

Pola desain kemasan bergambar dan transparan lebih dari sekadar hiasan. Desain tersebut dapat mengungkapkan image produk di dalamnya. Saat ini banyak yang tertarik untuk melihat pola yang rumit dan ilustrasi kecil pada kemasan. Selanjutnya, desain kemasan seperti itu tetap diharapkan dapat memberi petunjuk mengenai isi apa yang ada di dalamnya.

Tren desain kemasan yang transparan dan berpola gambar ini sering dibuat sederhana atau abstrak, dan menonjolkan ciri khas yang lain. Konsep ini akan mengutamakan nilai artistik dari apa yang ada di dalam kemasan daripada tampilan luar pada produk itu sendiri. Misalnya, daripada pemilik brand perawatan kulit tersebut menggunakan kemasan plastik, mereka lebih memilih menggunakan material kaca transparan untuk memberi kesan mewah dan design dengan pola kecil dan sederhana untuk lebih menonjolkan karakteristik produk mereka.

2. Tren Desain Kemasan 2022 Ala Vintage yang Otentik

inspirasi design packaging vintage
Photo by Maor Attias from Pexels

Kemasan yang terinspirasi hal-hal vintage telah menjadi trend beberapa waktu ke belakang hingga saat ini. Lantas, apa yang menjadi pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya? Faktanya ialah bahwa seluruh pengalaman membuka design packaging vintage yang terlihat begitu otentik, memberikan kesan seolah Anda dapat menjelajahi waktu.

Tahun ini, Anda tidak akan melihat banyak inspirasi design packaging vintage saja. Namun, Anda akan melihat kemasan yang memiliki tampilan dan nuansa retro yang otentik dengan menciptakan pengalaman imersif yang menyeluruh. Pada akhirnya, Anda akan menemukan desain packaging yang terlihat sangat mirip dari sesuatu yang pernah digunakan kakek nenek Anda pada masanya. Hal itu tentu akan membawa kenangan ke momen waktu yang berbeda.

Berarti juga termasuk pembuatan logo dan label, serta mencakup seluruh pengalaman merek, memanfaatkan tekstur yang terinspirasi dari hal vintage, bentuk botol, bahan, kemasan luar, dan image merk.

3. Tren Desain Simetris

tren desain kemasan simetris
Photo by Freepik

Bukan hal yang aneh jika trend teratas tahun ini saling bertentangan. Bahkan, hal itu terjadi hampir setiap tahunnya. Demikian pula dengan tren desain kemasan 2022. Sementara beberapa desainer bermain dengan bentuk yang tidak sempurna secara organik dalam desain mereka, yang lain melangkah jauh ke arah yang berlawanan dan menciptakan potongan dengan simetris yang sempurna. Tren desain ini menarik rasa keteraturan kita, memberi kita sebuah kepastian di tengah “ketidak-beraturan” yang ada.

4. Warna Gradient yang Cerah

jasa desain kemasan Semarang
Photo by Studio Blackthorns on Unsplash

Warna gradient yang cerah memiliki potensi untuk memikat para desainer dan konsumen. Gradient memberi desainer variasi dan prospek yang lebih luas untuk mengembangkan desain yang elegan namun tetap terkesan alami.

Saat ini banyak brand besar terkemuka yang sudah mulai menerapkan tren desain kemasan berupa gradien dalam packaging mereka. Dengan menerapkan kombinasi warna yang cerah dan “bersemangat”, desainer bisa mulai mengeksekusi elemen gradient dalam desain.

5. Tren Desain Kemasan 2022 Dengan Bahan Kemasan Interaktif

inspirasi tren desain kemasan 2022
Photo by amazonaws.com

Teknologi modern seperti pemindai kode QR menjadi format yang akan sering muncul di dalam tren desain kemasan 2022. Penggunaan QR code untuk pengemasan sangatlah cerdas, karena dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan brand Anda. Hal ini juga akan memperkuat kepercayaan dan meningkatkan persepsi merek secara luar biasa.

Selain QR Code Scanner, teknologi seperti NFC (Near-Field Communication) dan RFID (Radio Frequency Identification) juga terbukti memiliki potensi besar dalam industri “smart packaging”.

Teknologi semacam itu akan lebih membantu pelanggan dalam mengetahui lebih banyak tentang produk bahkan tanpa perlu membuka kemasannya.

Kemasan yang berkelanjutan adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Pada tahun 2022, konsumen akan lebih memperhatikan bagaimana mereka mengonsumsi barang sehari-hari dan dampaknya terhadap alam.

Karena industri berubah dengan cepat untuk mendukung program berkelanjutan sebagai inti dari penawaran mereka, kemasan yang etis dan dapat dibuat kompos adalah salah satu dari banyak hal yang dapat Anda lakukan sebagai produsen untuk menunjukkan bahwa Anda serius tentang mendukung program berkelanjutan.

Bahan bertekstur daur ulang berwarna putih pudar juga memberikan latar belakang yang indah untuk tinta cetak, menciptakan distorsi warna yang halus.

Jasa Desain Kemasan Semarang

Penerapan tren desain kemasan tentu saja tetap membutuhkan bantuan dari ahlinya. Sebagai penyedia jasa desain kemasan Semarang yang berpengalaman dan terpercaya, SOOCADESIGN ingin memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan desain kemasan Anda.

Apakah saat ini Anda tertarik untuk mendapatkan penawaran jasa desain kemasan Semarang dari SOOCADESIGN? Apabila iya, jangan ragu untuk segera terhubung dengan tim kami DI SINI.

GRATIS Mini Course

Kategori