manfaat kontribusi program sosial bagi perusahaan

Manfaat Kontribusi Program Sosial Bagi Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR) telah berkembang dari yang asalnya hanya berupa saran bahwa perusahaan mengalokasikan sebagian dari keuntungan mereka untuk dimasukkan ke dalam inisiatif filantropi, menjadi komponen dasar dari cara banyak perusahaan menjalankan bisnis mereka.  Sekarang, CSR adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan upaya perusahaan untuk meningkatkan masyarakat dalam beberapa cara. Upaya mendapatkan kontribusi program sosial ini dapat berkisar dari menyumbangkan uang ke organisasi nirlaba hingga menerapkan kebijakan ramah lingkungan di tempat kerja.  

Fungsi dari Kontribusi Program Sosial Bagi Perusahaan 

fungsi dari kontribusi program sosial (laporan keberlanjutan)
Photo by OCG Saving The Ocean on Unsplash

Secara garis besar, fungsi dari kontribusi sosial perusahaan atau CSR dapat dilihat pada UU Perseroan No. 40 Tahun 2007 yang mengatur tentang Perseroan Terbatas. Dalam Peraturan tersebut, dikatakan bahwa fungsi dari Corporate Social Responsibility adalah “sebagai bentuk tanggung jawab suatu perusahaan terhadap pihak yang terlibat dan terdampak baik secara langsung atau tidak langsung atas aktivitas perusahaan”.  

Hal tersebut mengimplikasikan bahwa fungsi program sosial perusahaan adalah transparansi wujud tanggung jawab perusahaan terhadap siapapun yang ikut, baik secara sengaja atau tidak sengaja, terlibat di dalam kegiatan operasional perusahaan. “Siapapun” yang dimaksudkan di sini tidak hanya merujuk pada manusia, namun juga lingkungan dan sekitarnya. Itulah yang menjadi fungsi CSR pada perusahaan. 

Manfaat Melakukan Program Sosial Bagi Perusahaan 

manfaat kontribusi program sosial perusahaan
Photo by Freepik

1. Membangun kepercayaan publik 

Banyak konsumen mengatakan bahwa mereka lebih cenderung membelanjakan uang pada perusahaan yang mendukung dan terlibat dalam kegiatan untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Dengan mengambil peran partisipasi dalam pengembangan masyarakat, baik dengan melakukan donasi atau volunteer-work, perusahaan akan memperoleh kepercayaan lebih dari konsumen-nya.  

Dalam jangka panjang, perusahaan akan menjadi lebih dan lebih populer. Dan suatu hari, hal itu mungkin akan mendatangkan liputan berita dari organisasi pers, yang merupakan dorongan besar di sisi hubungan masyarakat perusahaan. Karena itulah, CSR berperan penting dalam membentuk reputasi yang positif untuk perusahaan.

2. Meningkatkan hubungan positif 

Saat perusahaan membangun kepercayaan publik, perusahaan juga membangun rasa komunitas di antara konsumen-nya. Meskipun masyarakat tidak terhubung langsung dengan perusahaan melalui CSR-nya, mereka akan ikut merasa bangga karenanya. Dengan demikian, CSR dapat mengarah pada hubungan perusahaan dan konsumen yang jauh lebih sehat.  

Sementara itu, secara internal, perusahaan juga menarik dan mempertahankan karyawan. Ketika perusahaan menunjukkan perilaku filantropi atau berbuat baik untuk masyarakat, mereka cenderung menyediakan lingkungan kerja yang positif bagi karyawan. Akibatnya, mereka merasa terlibat dan produktif ketika mereka mulai bekerja setiap hari.  

3. Keberlanjutan (Sustainability) 

Sustainability adalah salah satu manfaat jangka panjang yang paling penting untuk bisnis. CSR membantu perusahaan menjadi lebih berkelanjutan. Salah satu cara yang jelas untuk menjadi bertanggung jawab secara sosial adalah dengan mengurangi emisi karbon dan mulai menggunakan energi terbarukan. Perusahaan juga dapat melakukannya dengan mendorong pekerjanya untuk mematikan perangkat saat tidak digunakan dan mematikan lampu dan AC setelah bekerja.  

4. Meningkatkan keuntungan 

Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan profit perusahaan sambil turut aktif melakukan program sosial. Begitu banyak konsumen bersedia membayar lebih untuk produk dari perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial. Akibatnya, keuntungan akan meningkat karena CSR yang lebih tinggi akan menarik lebih banyak pelanggan. 

5. Mendorong pertumbuhan profesional dan pribadi 

Perusahaan yang memiliki budaya tanggung jawab sosial perusahaan dapat dengan mudah mempromosikan kesukarelaan kepada karyawan mereka dan mendorong mereka untuk menyumbang ke organisasi nirlaba. Karyawan lebih cenderung menjadi individu yang berpikiran filantropis jika perusahaan mereka mendorong perilaku itu.  

Sementara itu, karyawan tahu bahwa perusahaan mereka berkomitmen untuk memperbaiki komunitas lokal dan global mereka. Mereka kemudian akan merasa lebih cenderung untuk menjadi produktif dan kreatif secara mandiri. Akibatnya, karyawan dapat berkembang secara profesional dan pribadi sebagai hasil dari tanggung jawab sosial perusahaan. 

Beberapa poin di atas adalah contoh manfaat kontribusi program sosial bagi perusahaan. Perusahaan yang bertanggung jawab akan lingkungan tidak akan lepas dari laporan keberlanjutan atau sustainability report.

Bersama SOOCADESIGN, Anda akan memperoleh banyak kemudahan dalam penyusunan berbagai macam laporan seperti laporan tahunan (annual report), laporan keberlanjutan (sustainability report), hingga laporan terintegrasi (integrated report). Mulai dari laporan yang sistematis dan informatif, hingga penggunaan desain yang menarik dan efisien, akan Anda peroleh. Kunjungi sooocadesign untuk mengetahui informasi dan mendapatkan penawaran jasa pembuatan laporan keberlanjutan lebih detail. 

GRATIS Mini Course

Kategori