tips membuat web banner (jasa desain banner website)

Tips Membuat Web Banner Bagus dan Menarik

Apabila ingin meningkatkan online traffic pada iklan website banner, Anda perlu bertanya pada diri sendiri: bagaimana saya bisa membuat desain web banner yang ingin menarik? Desain web banner berfokus pada pembuatan iklan banner yang yang efektif dan sistematis melalui penerapan pedoman desain yang cermat. Kali ini, Sooca Design akan memberikan beberapa tips membuat web banner khusus untuk Anda!

membuat web banner desain banner website
Banner psd by freepik

Membuat web banners tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan, apalagi hanya menggunakan template tanpa melihat kecocokannya dengan kebutuhan Anda. Hal ini bertujuan agar apa yang dipromosikan atau pesan yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik dan menarik perhatian. Di era serba praktis saat ini, Anda tidak perlu menjadi seorang desainer handal untuk membuat desain banner untuk website. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan jasa desain banner website profesional.

Seperti diketahui, fungsi utama banner website adalah untuk menarik perhatian pengunjung atau visitor website. Oleh karenanya, apa yang disampaikan dalam banner website harus jelas, enak dilihat dan dapat menggerakkan pengunjung untuk mengklik-nya.

Pada umumnya, banner website digunakan untuk mengabarkan promosi, diskon atau potongan harga, acara penting dan pengumuman terbaru. Adapun bentuk banner website biasanya memanjang dan menyesuaikan dengan tampilan website.

Tips Membuat Web Banner Bagus dan Menarik

Sebelum masuk pada pembahasan tips membuat web banner, mari kita kenali lebih dalam tentang desain web banner. Pada dasarnya, desain web banner merupakan salah satu bentuk pemasaran online paling produktif yang hadir dalam berbagai bentuk serta ukuran. Desain web banner berbicara tentang membuat sebuah iklan banner yang menarik untuk diklik.

Sedangkan, banner ads adalah gambaran iklan yang disematkan pada halaman web yang menampilkan produk maupun merek atau tautan menuju situs website pengkiklan. Di era digital ini, sebagian perusahaan menggunakannya dalam satu atau beberapa bentuk, dikarenakan harganya terjangkau, terukur dan efektif dalam meningkatkan brand awareness.

tips membuat web banner (banner website)
Photo by Igor Miske on Unsplash

Jika Anda ingin membuat web banner sendiri tanpa bantuan jasa desain banner website, di bawah ini kami bagikan langkah-langkahnya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar hasil web banners bagus dan menarik perhatian.

1. Buat Desain Sekreatif Mungkin

Tentunya, Anda dituntut untuk membuat desain banner website sekreatif mungkin. Agar makin menarik, desain banner website sebaiknya disesuaikan dengan karakter bisnis Anda. Hal ini dapat menjadikan banner website lebih berkarakter dan khas.

Perlu diingat, desain yang menarik tidak berarti terlihat ramai. Buat desain yang simpel saja, dengan menyertatakan kalimat atau kata-kata pendek yang bermakna. Dengan harapan, pengunjung website mudah mengingat apa yang termuat dalam banner website yang Anda buat.

2. Tambahkan CTA

Jangan lupa untuk menambahkan CTA atau call to action (ajakan untuk melakukan sesuatu) di dalam desain web banner Anda ya! Bentuk CTA yang bisa digunakan cukup variatif, seperti misalnya ajakan untuk membeli dan melihat produk, menghubungi, mengikuti event dan lainnya. Tentunya, bentuk CTA harus disesuaikan dengan isi dari banner website yang Anda buat.

Sebagai tips, buatlah CTA dengan tampilan lebih menonjol dari berbagai segi, seperti segi bentuk, warna dan pemilihan font. Ini dapat memengaruhi pengunjung mudah tertarik terhadap apa yang Anda promosikan.

3. Beri Watermark

Saat ini, banyak pengguna internet yang ‘suka’ mencuri gambar dan foto, termasuk banner website. Nah, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan itu, Anda sebaiknya menambahkan watermark di dalam banner website yang Anda buat.

Penambahan watermark mungkin tidak banyak yang melakukannya. Padahal, jasa desain banner website profesional menyarankan tips ini untuk menunjukkan profesionalitas dan keseriusan dalam mempromosikan bisnis.

4. Letakkan di Tempat Terbaik

Banner website yang menarik tidak saja berkaitan desain, melainkan juga letaknya di dalam website. Anda diharuskan meletakkan banner website pada ruang kosong yang pas dari segi ukuran.

Misalnya, Anda membuat banner website yang berisikan promosi acara tertentu. Maka, tempat yang terbaik untuk banner website itu adalah di halaman depan. Dengan meletakkan di halaman depan, banner website yang Anda buat dapat mudah dilihat pengunjung.

5. Update Berkala

Jangan lupa untuk memperbarui banner website secara berkala ya! Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Anda profesional dan serius dalam membuat banner website.

Selain itu, pengunjung tidak akan merasa bosan dengan tampilan banner website yang itu-itu saja. Dengan kata lain, mereka sangat mungkin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang termuat di dalam banner website yang Anda buat. Tentunya, memperbarui banner website berarti juga memperbarui tampilan desainnya.

Itulah lima tips membuat web banner yang bagus dan menarik. Jika merasa kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa desain banner website profesional. Jika saat ini Anda membutuhkannya, silakan hubungi SOOCA DESIGN untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait jasa desain banner website.

GRATIS Mini Course

Kategori