jasa desain interior toko retail

6 Trik Mengonsep Desain Interior Toko Retail Keren

Tidak sedikit orang saat ini yang mengabaikan desain interior toko retail dan hanya berfokus pada persaingan harga. Padahal, salah satu faktor yang mendorong peningkatan angka penjualan adalah penerapan desain interior toko retail yang nyaman dan enak dipandang. Tidak harus mengonsepnya sendiri, Anda bisa menyerahkan urusan tampilan interior ini kepada jasa desain interior toko retail profesional.

Tata letak toko ritail yang baik adalah yang memberikan dua pengaruh, yaitu pendapatan dan pengalaman pelanggan. Terkadang, para pebisnis melupakan komponen kedua, dan hanya fokus mengejar yang pertama alias mengejar pendapatan semata.

Ini merupakan kesalahan besar, karena penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memberikan pengalaman lebih baik biasanya mendulang pendapatan yang lebih tinggi. Toko Anda mungkin menjual barang, tetapi pengalaman pelanggan Anda merupakan persyaratan penjualan yang tidak berwujud namun penting adanya.

Perlu diingat, desain interior toko retail dimaksudkan untuk memengaruhi perilaku pelanggan. Dengan mempertimbangkan tata ruang dan desain interior toko retail secara cermat, Anda dapat menjaring lebih banyak penjualan.

jasa desain interior toko retail profesional
Photo by Tiff Ng from Pexels

Seperti diketahui, di era teknologi ini, masyarakat mulai menyukai berbelanja secara online via e-commerce. Bahkan, beberapa pemilik memutuskan untuk menutup toko retailnya gara-gara kalah saing dengan e-commerce.

Sebagai pebisnis yang cerdas, sebaiknya Anda memasarkan produk baik secara offline (mendirikan toko fisik) dan online. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Trik Mengonsep Desain Interior Toko Retail Keren

Nah, di bawah ini kami akan membagikan beberapa trik mengonsep desain interior toko retail yang bagus dan memikat pelanggan. Anda bisa mengadopsi konsep berikut ini agar toko retail Anda makin banyak didatangi pelanggan.

1. Buat Desain Bagian Depan Toko yang Keren

Bagian depan terkadang menjadi yang ‘terabaikan’ dalam mengonsep desain toko retail. Padahal, bagian depan toko retail yang keren dapat memikat orang yang lewat untuk masuk ke dalamnya.

Sebagai tips, Anda bisa memamerkan produk-produk terbaik pada bagian depan toko Anda. Sesuaikan juga konsep yang diterapkan bagian eksterior ini dengan desain interior toko yang Anda adopsi. Ini agar toko Anda terlihat serasi dan keren.

2. Sesuaikan Tema dengan Produk

Memang Anda dapat dengan bebas menentukan tema desain toko retail Anda. Namun, kami merekomendasikan untuk mengadopsi tema yang ‘senada’ dengan produk Anda jual atau bisnis yang Anda jalankan. Hal ini dapat menunjukkan bisnis Anda makin berkarakter.

Misalnya, Anda menjual pakaian, maka tema desain toko yang paling cocok adalah industrial.  Contoh lainnya, jika Anda menjual buku, maka tema desain toko yang paling cocok adalah kontemporer.

3. Perhatikan Tata Letak Produk

Jasa desain interior toko retail selalu mengutamakan kenyamanan pengunjung dalam mengonsep desain untuk kliennya. Hal ini penting dilakukan agar pengunjung betah berlama-lama di dalam toko dan melakukan pembelian pertama, kedua, ketiga dan kesekian kalinya.

Sebagai tips, saat pengunjung masuk ke dalam toko, arahkan dia untuk langsung melihat produk-produk unggulan Anda. Anda bisa meletakkan produk-produk tersebut di rak display atau rak dinding terbuka.

Nah, jika menggunakan rak display, Anda bisa memasangnya berhadap-hadapan agar pengunjung makin mudah menemukan produk yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk memberi jarak yang cukup antar rak display agar pengunjung dapat dengan leluasa menjelajahi toko Anda.

4. Perhatikan Pencahayaan Interior

Trik berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengoptimalkan pencahayaan interior toko. Terapkan pencahayaan yang dapat memperlihatkan tampilan dan warna asli dari produk-produk yang Anda jual. Atau, membikin produk-produk yang Anda jual terlihat makin menarik dari aslinya.

Bagaimana caranya? Pencahayaan toko dapat didapatkan melalui lampu gantung dan lampu sentral yang mumpuni. Selain itu, (jika perlu) tambahkan lampu dekoratif yang dipasang di dinding dan rak display.

5. Perbarui Desain Secara Berkala

Meng-update produk dengan yang lebih baru memang harus dilakukan. Namun, Anda juga tidak boleh mengabaikan update konsep desain toko secara berkala. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak bosan melihat konsep desain toko Anda yang begitu-begitu saja.

Memperbarui desain toko bisa dilakukan sebulan atau dua bulan sekali. Tidak harus secara keseluruhan, cukup ubah penataan rak dan produk saja serta tambahkan atau ganti elemen dekor yang baru. Begitu saja sudah cakep lho!

6. Tampilan Pintu Masuk & Jendela

Banyak penjual yang mengabaikan tampilan pintu dan jendela tokonya. Menurut seorang ahli desain visual retail, “setiap jendela harus menceritakan sebuah cerita”. Sama halnya seperti mata adalah jendela jiwa seseorang, demikian juga jendela toko retail yang menawarkan sekilas “harta karun” di dalamnya. Begitu pula dengan pintu masuknya. Kesatuan tampilan jendela dan pintu masuk ini perlu diselaraskan dengan desain interior toko retail secara harmonis.

konsep desain interior toko retail
Photo by Valeria Odnovol on Unsplash

Itulah enam trik mengonsep desain interior toko retail yang keren. Jika merasa kesulitan, Anda bisa menyerahkan urusan desain interior ini kepada ahlinya. Bagi Anda yang membutuhkan jasa desain interior toko retail, langsung saja hubungi Sooca Design untuk mendapatkan solusi terbaik.

GRATIS Mini Course

Kategori