tips buat design kemasan produk yang unik

5 Tips Membuat Design Kemasan Produk Unik & Menarik

Ketika akan meluncurkan sebuah produk, pemilik brand harus aware dengan design kemasan atau packaging produk mereka. Jadi, sebelum memutuskan untuk mencetak design kemasan produknya, akan lebih baik jika Anda sebagai pemilik brand melakukan riset pasar dan menyesuaikannya dengan target audience Anda.

Butuh ide untuk menentukan design kemasan? Tidak perlu khawatir, saat ini banyak situs yang memberikan referensi ide design kemasan yang unik. Atau jika diperlukan, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan jasa desain kemasan produk yang berpengalaman dan ahli di bidangnya seperti soocadesign.

Kenali Tips Membuat Design Kemasan Produk

Visual merupakan kekuatan utama yang dapat memikat audience pada pandangan pertama. Maka dari itu, design kemasan memegang peranan penting bagi kesuksesan sebuah produk. Tidak jarang para pebisnis rela mengeluarkan banyak budget demi mendapatkan design kemasan seperti yang mereka inginkan. Bonusnya, design kemasan yang baik dapat dengan mudah diingat oleh konsumen, sehingga tidak kalah saing dengan brand kompetitor.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik brand terhadap pembuatan design kemasan produknya. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan brand awareness serta image produk yang nantinya akan diluncurkan. Berikut 5 tips membuat design kemasan untuk produk agar tampil menarik sekaligus unik:

1. Komposisi Warna

jasa design kemasan produk profesional
Photo by Good Skin Club on Unsplash

Pilih kombinasi serta gradasi warna yang tepat sesuai jenis produl pemilik brand. Misalnya, jika produk tersebut merupakan sebuah minuman, maka pilihlah warna warna menyegarkan seperti biru, hijau, atau sesuai warna natural komposisi utama produk tersebut.

Sedangkan untuk produk make up maupun perawatan kulit, pilih design kemasan dengan kombinasi warna kalem atau pastel dengan bentuk yang unik, cantik, elegant dan handy (mudah dipegang dan compact) sehingga konsumen selain mendapatkan fungsi dari produk tersebut juga bangga untuk membawa produk tersebut kemana-mana. Hal ini bisa mencontoh dari design kemasan produk kecantikan korea yang begitu cantik dan menarik. Kawaii!

Butuh konsultasi untuk menentukan komposisi warna design kemasan Anda? Ayo segera konsultasikan dan kunjungi website soocadesign.

2. Pilih Material Kemasan yang Berkualitas

Banyak penelitian yang membahas mengenai pengaruh design kemasan produk dan daya tarik terhadap brand awareness serta dampaknya terhadap keputusan pembeli.

Berdasarkan hasil survei dari sebuah perusahaan kemasan bernama “Supernova Digipack“, sejumlah 97% konsumen setuju jika kemasan berkualitas adalah hal penting dalam menentukan kualitas produk.

Misalnya, sebuah produk kecantikan baik serum, ampoule, essence dan lainnya lebih baik menggunakan kemasan botol kaca dibanding dengan kemasan plastik. Namun, pemilik brand harus memilih kaca dengan kuliatas bagus agar kemasan produknya tidak mudah pecah.

Penggunaan material kaca akan meningkatkan nilai produk dan menciptakan kesana ekslusif serta elegan ketimbang dengan kemasan plastik. Namun tentu setiap material kemasan harus disesuaikan dengan ketersediaan budget dari produsen.

Nah jika saat ini Anda membutuhkan rekomendasi spesifikasi tersebut dengan harga terjangkau, soocadesign siap membantu memberikan penawaran jasa design kemasan produk yang spesial.

3. Design Kemasan yang Eksklusif

5 tips membuat design kemasan produk
Photo by MK +2 on Unsplash

Sebuah produk lebih baik memiliki design kemasan yang sederhana namun dengan memasukan ikon atau ciri khas sehingga dapat menggambarkan image produk dengan kuat. Jangan sampai kemasan dibuat dengan kombinasi warna yang terlalu banyak dan menggunakan warna yang terlalu pop up!

Pilihlah warna dan ilustrasi yang tidak begitu meriah sehingga dapat menampilkan citra ekslusif dan elegan produk tersebut. Bisa juga dengan menggandeng brand ambassador yang tengah digandrungi oleh target konsumen. Kemudian tampilkan gambar mereka dalam desain kemasan produk Anda. Voila! Dengan membuat design kemasan yang eksklusif, maka konsumen pun akan semakin bersemangat untuk membeli produk Anda,

4. Cantumkan Data Legalitas Dari Pemerintah dan Penghargaan

Hal yang tidak boleh ketinggalan dalam kemasan produk adalah mencantumkan legalitas produk yang didapatkan dari lembaga pemerintah yang berwenang mengeluarkannya.

Dengan mencantumkan legalitas tersebut, produk tersebut akan membuat konsumen semakin yakin jika produk pilihannya terjamin dan terpercaya.

Misalnya mencantumkan komposisi produk yang disertai dengan legalitas dari Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM), Dinas Kesehatan, dan sertifikasi halal MUI.

5. Tampilkan Juga Ciri Khas Dari Produk Anda

referensi packaging design
Photo by Tarah Dane on Unsplash

Saat ini dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, membuat masyarakat selaku konsumen lebih aware dan selektif dan memilih produk yang digunakannya.

Pemilik brand dapat memasukan sertifikasi cruelty free yang didapat oleh produk serta kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti dapat didaur ulang sehingga pemilik brand serta produk yang diluncurkan memiliki image yang baik karena telah ikut serta dalam memproduksi produknya sebagai pendukung program berkelanjutan yang ramah lingkungan.

At least, hasil penelitian Bo Rundh dalam literatur yang berjudul How Packaging Is Influencing the Marketing Strategy, design kemasan yang bagus dapat menarik perhatian konsumen terhadap brand tertentu, meningkatkan image, serta merangsang persepsi konsumen tentang produk yang diproduksinya.

Demikian beberapa tips membuat design kemasan produk dari kami. Namun pada akhirnya, setiap produsen tentu membutuhkan jasa design kemasan yang berpengalaman untuk dapat mewujudkannya.

Apakah sekarang Anda sedang mencari jasa design kemasan profesional untuk membuat design packaging yang unik? Yuk serahkan pada ahlinya yaitu SOOCADESIGN.

GRATIS Mini Course

Kategori