fungsi desain kemasan produk yang menarik

5 Fungsi Desain Kemasan Produk Menentukan Daya Tarik Konsumen

Fungsi desain kemasan produk salah satunya adalah menjadi kunci sekaligus “pemicu” yang berhadapan langsung dengan peningkatan daya tarik konsumen.

Saat ini, seiring dengan adanya globalisasi, perkembangan zaman serta perilaku positif konsumen, fungsi desain kemasan pun berubah. Dari awalnya sekadar menjadi pembungkus, sekarang menjadi berkembang lebih jauh daripada itu. Sejatinya, desain kemasan produk harus mampu berperan secara fungsional, sekaligus menciptakan respon yang emosional dari konsumen kita.

5 Fungsi Desain Kemasan Produk Menentukan Daya Tarik Konsumen

Sebelum memutuskan untuk berkonsultasi pada jasa desain kemasan Semarang yang profesional, ada baiknya Anda mengetahui dasar-dasar tentang fungsi desain kemasan produk yang berikut ini:

1. Meningkatkan Daya Tarik Produk

jasa desain kemasan semarang
Photo by Charles Gao on Unsplash

Fungsi desain kemasan produk yang pertama adalah meningkatkan daya tarik dari konsumen. Sebaik apapun kualitas suatu produk dari sebuah brand, jika dijual di pasar bebas, pasti tidak akan memiliki daya tarik atau menarik minat beli bagi kosumen jika dikemas dengan “seadanya” saja.  Oleh karena itu, baik swalayan maupun pusat perbelanjaan menjadikan desain kemasan sebagai salah satu aspek penilaian perihal akan diterima atau tidaknya suatu produk dari supplier.

Dalam hal ini, supplier sekaligus pemilik brand harus memutar otak untuk bisa memenuhi prasyarat tersebut agar produknya bisa diketahui dan diterima khalayak luas.

2. Meningkatkan Citra Produk

Desain kemasan yang memiliki tampilan begitu menarik dan berciri khas akan mengesankan citra dan kualitas brand dari sebuah produk. Dengan desain kemasan produk yang memenuhi kriteria tersebut, ketika melihatnya konsumen akan langsung tertarik dan terus teringat terhadap apa yang telah dilihatnya mengenai kemasan produk tersebut.

Hal itu akan memicu tindakan positif dari konsumen yang cenderung akan mencari dan membelinya baik saat itu maupun di kemudian hari. Dan inilah yang menjadi salah satu fungsi desain kemasan produk, yaitu membantu meningkatkan citra produk kita.

3. Teknik Marketing dan Sarana Promosi

5 fungsi desain kemasan produk
Photo by fashinza.com

Desain kemasan bisa berfungsi sebagai sarana promosi produk yang cukup efektif. Karena itu, dalam desain kemasan sebuah produk dapat pula mencantumkan alamat lengkap maupun kontak dari produsen produk. Tujuannya tentu saja agar konsumen dapat mengenali siapa pemilik produk atau produk tersebut bernaung dibawah brand tertentu.

Selain produk makanan, seperti nama toko atau tempat penjualan dari sebuah produk juga dapat menjadikan kemasan sebagai sarana promosi.

Misalnya apabila kita datang ke pusat perbelanjaan dan mendatangi merchant Victoria Secret, maka Sales Assistant berbaju hitam akan memberikan rekomendasi dan setelah pembayaran produk yang dipilih, mereka akan memberikan paper bag eksklusif Victoria Secret dengan motif garis berwarna pink fuschia dan pink merah jambu.

Dengan begitu terkenalnya merk tersebut, maka akan membuat konsumen yang menenteng paper bag belanja merasa “bangga”. Hal tersebut tentu memungkinkan untuk membuat setiap orang yang melihatnya akan merasakan suatu ketertarikan yang sama terhadap brand tersebut. Secara tidak langsung, fungsi desain kemasan telah bertransformasi menjadi sarana promosi produk yang cukup ampuh.

4. Mempengaruhi Daya Beli Konsumen

Sejalan dengan adanya kemasan suatu produk makanan maupun minuman ataupun produk lainnya yang memiliki waktu kadaluarsa yang lebih panjang, sehingga memungkinkan produk tersebut untuk dipasarkan ke wilayah yang lebih jauh.

Misalnya sebagai contoh, di kepualauan Riau banyak beredar di kalangan konsumen produk berupa layer cake merek Apollo produksi sebuah perusahaan di Malaysia. Cake tersebut atau produk lainnya merupakan sebuah produk yang dikemas dalam suatu plastik berkualitas bagus dan disertai desain kemasan menarik berukuran kecil.

5. Menunjukkan Prestige

fungsi desain kemasan produk
Photo by Jasmin Schuler on Unsplash

Masing-masing produk yang beredar luas di masyarakat tentu memiliki citra atau image tententu. Kemasan menjadi sebuah hal cukup penting untuk menjaga prestige konsumen yang membelinya. Misalnya, sebuah produk tertentu yang memiliki ukuran cukup besar dan harus dibawa oleh konsumen akan meningkatkan kebanggaan konsumen terhadap produk apa yang telah dibelinya. Suatu contoh adalah waralaba Starbucks. Seseorang yang menenteng kopi berlogo wanita-duyung tersebut memiliki kebanggaan tersendiri. Bahkan kerap kali konsumen akan memotret dan mengunggahnya ke laman sosial media mereka.

Terlebih, starbucks juga meluncurkan tumbler atau tempat minum dengan berbagai tema tertentu. Cara tersebut tentu akan membuat pemiliknya merasakan kebanggaan yang lebih. Hebatnya lagi, program waralaba Starbucks yang memberikan air mineral secara gratis terhadap konsumen yang menggunakan tumbler Starbucks menjadi sarana marketing yang begitu efektif.

Desain kemasan tumbler yang mereka buat secara eksklusif juga turut berperan menciptakan “prestige” bagi para konsumennya.

Jasa Desain Kemasan Semarang

Demikianlah beberapa fungsi desain kemasan produk yang bisa Anda ketahui. Pastikan untuk mempersiapkan pembuatan desain kemasan produk dengan sebaik mungkin.

Tunggu apa lagi, konsultasikan segera kepada jasa desain kemasan Semarang yaitu SOOCADESIGN.

GRATIS Mini Course

Kategori