mengapa perusahaan membutuhkan laporan tahunan

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Laporan Tahunan?

Laporan tahunan atau dikenal dengan sebutan annual report merupakan laporan yang diwajibkan oleh undang-undang di hampir setiap negara bagian. Khusus di Singapura, perusahaan diwajibkan untuk mengajukan Laporan Tahunan mereka berdasarkan Companies Act (CA) Pasal 197. Dan bagi perusahaan yang terlambat menyampaikan Laporan Tahunan, maka harus membayar denda keterlambatan. Perusahaan menyediakan lembaga negara atau Otoritas Pengatur Akuntansi dan Perusahaan dengan informasi terbaru tentang entitas yang terdaftar di negara bagian mereka. Lalu mengapa perusahaan membutuhkan laporan tahunan?

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Laporan Tahunan?

mengapa perusahaan membutuhkan laporan tahunan
Photo by Alexander Suhorucov from Pexels

Setiap perusahaan wajib membuat laporan tahunan untuk menjaga reputasi baik mereka di hadapan para pemegang saham dan publik. Pembuatan laporan tahunan juga akan membantu perusahaan agar bisa terus beroperasi dalam jangka waktu yang panjang. Jika kesulitan dalam pembuatannya, Anda bisa bekerja sama dengan jasa penyusunan laporan tahunan yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, seperti soocadesign misalnya.

Masih dengan pertanyaan yang serupa, mengapa perusahaan membutuhkan laporan tahunan di waktu yang tepat? Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kegagalan untuk mengajukan laporan tahunan tepat waktu dapat mengakibatkan biaya keterlambatan. Biaya denda untuk keterlambatan pengajuan Annual Report yang dikenakan terhadap perusahaan adalah sebesar $300 (Second Schedule of Companies Act) (Peraturan Biaya dan Denda Keterlambatan Pengajuan 2015).

Contoh Keterlambatan Penyampaian Laporan Tahunan

Contoh: Sifulan Company Private Limited’s Financial Year End (FYE) tanggal 31 Desember 2019. Rapat Umum Tahunan (RUPS) telah diselenggarakan pada 29 Juni 2020 dan penyampaian Laporan Tahunan dilakukan pada 20 Agustus 2020. Artinya, perusahaan telah melanggar pasal 197 dari UU Perusahaan. Denda yang dikenakan adalah sebagai berikut: Berdasarkan Pasal 197, tanggal jatuh tempo pada 31 Juli 2020 sedangkan tanggal pengajuan laporan tahunannya adalah 20 Agustus 2020 sehingga akan dikenakan denda sebesar $300.

Berdasarkan Companies Act (CA), semua perusahaan berbadan hukum Singapura diwajibkan untuk mengajukan pengembalian tahunan ke agen layanan laporan tahunan atau Otoritas Pengatur Akuntansi dan Korporat untuk memastikan bahwa informasi perusahaan pada daftar Otoritas Pengatur Akuntansi dan Korporat adalah yang terbaru. Perusahaan juga harus menyampaikan tanggal rapat umum tahunan (RUPS) jika telah menyelenggarakan RUPS, serta laporan keuangan perusahaan (jika ada).

Di samping itu, pejabat perusahaan dapat menghadapi tindakan penegakan hukum karena gagal mengajukan pengembalian tahunan perusahaan mereka. Membuat laporan tahunan perusahaan artinya melihat perkembangan teknologi dan informasi. Saat ini, laporan tahunan juga menjadi media komunikasi yang efektif bagi semua pihak untuk menjelaskan kinerja dan prospek perusahaan mereka secara luas kepada publik.

Tidak hanya itu, membuat laporan tahunan perusahaan tidak lagi hanya dianggap sebagai laporan pertanggungjawaban pengurus suatu perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dengan menjadikan laporan tahunan sebagai sumber transparansi informasi, artinya kita juga telah membawa harapan akan terciptanya tata kelola perusahaan yang baik dan bermanfaat bagi kemajuan suatu perusahaan.

Mengapa Perlu Mengikuti Ajang Annual Report Award?

Setelah mengetahui mengapa perusahaan membutuhkan laporan tahunan, mari beralih pada pembahasan ajang annual report award (ARA).

Annual Report Award sendiri bukan hanya sekadar pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan, melainkan untuk mendorong dan meningkatkan penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG) bagi perusahaan. Pelaksanaan Annual Report Award merupakan salah satu agenda strategis untuk mendorong penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam aturan Good Corporate Governance, yaitu transparansi dan akuntabilitas. Dalam penjelasan singkatnya, perusahaan harus transparan dan memiliki akuntabilitas yang baik jika ingin dikatakan memiliki Good Corporate Governance (GCG) yang sangat baik, agar mendapatkan kepercayaan dari publik.

Ingin meraih kepercayaan publik melalui laporan tahunan Anda? Cari tahu DI SINI.

Melihat fungsinya yang sangat strategis, laporan tahunan yang dilombakan dalam ajang Annual Report Award haruslah tampil prima dan tersusun rapi. Tentunya tidak boleh seperti asal-asalan menebak angka saja. Semuanya harus disajikan dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Alasannya tentu saja untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan mitra bisnis dalam suatu perusahaan.

Apalagi Annual Report Award merupakan penghargaan yang sangat bergengsi, karena dilaksanakan dan didukung oleh kombinasi berbagai institusi yang dapat menjadi representasi lengkap dalam melakukan penilaian komprehensif terhadap aspek kinerja suatu perusahaan.

Ada beberapa manfaat positif bagi perusahaan dengan mengikuti ARA (Annual Report Award). Yaitu, perusahaan akan mendapatkan penilaian yang berbobot terhadap kualitas pelaksanaan keterbukaan informasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Selain itu, dengan mengikuti ajang Annual Report Award, perusahaan akan mendapatkan respon positif jika menerapkan keterbukaan informasi yang bertanggung jawab. Selain itu, membantu menumbuhkan kepercayaan publik dan mitra bisnis, sehingga dapat menciptakan citra merek yang positif dari suatu perusahaan.

Jasa Penyusunan Laporan Tahunan

jasa penyusunan laporan tahunan by soocadesignApakah perusahaan Anda sudah menemukan jasa penyusunan laporan tahunan yang profesional dan terpercaya? Jika belum, maka SOOCADESIGN adalah pilihan yang terbaik.

Segera dapatkan penawaran jasa penyusunan laporan tahunan dengan harga spesial dari kami. Caranya mudah, cukup klik DI SINI.

GRATIS Mini Course

Kategori