strategi membangun brand recognition (jasa konsultan branding)

Strategi Membangun Brand Recognition

Tentu saja, pengakuan konsumen sangat berkaitan erat dengan seberapa populer suatu merek di pasaran. Brand recognition atau pengenalan merek yang lebih tinggi umumnya dapat diartikan sebagai popularitas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pangsa pasar juga otomatis menjadi lebih besar, dan begitu juga sebaliknya.

Bagian paling ekstrem dari skala brand recognition atau pengenalan merek adalah Anda memiliki perusahaan yang hampir identik dengan layanan yang ditawarkan oleh brand kompetitor. Misalnya saja seperti Apple dengan Samsung, BMW dengan Merchedes Benz, atau Pepsi dengan Coca-Cola, dan lain sebagainya. Brand-brand tersebut tentu sudah memiliki “sesuatu” yang sangat dikenal baik oleh pelanggan setianya. Sudahkah bisnis Anda memiliki brand recognition yang baik? Secara sederhana, brand recognition atau pengakuan merek menjadi salah satu tolak ukur apakah sebuah produk menarik di mata konsumen.

Bagi perusahaan atau start-up yang baru memulai bisnis, brand recognition atau pengakuan merek menjadi sebuah hal penting yang perlu diperhatikan. Pengakuan merek dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan kampanye promosi yang dilakukan.

Lalu, bagaimana cara ampuh membangun pengakuan merek? Di bawah ini kami akan membagikan strategi membangun brand recognition untuk segala sektor bisnis. Namun, sebelumnya kami akan mengenalkan lebih jauh lagi terkait apa itu pengakuan merek.

Apa itu Brand Recognition?

strategi membangun brand recognition
Photo by Jonny Caspari on Unsplash

Brand recognition atau pengakuan merek adalah acuan yang menunjukkan konsumen telah mampu mengidentifikasi merek melalui atributnya di antara merek lainnya (milik kompetitor). Atribut yang dimaksud dapat berupa logo, tagline, slogan, warna dan lainnya.

Misalnya, Apple yang memiliki logo mirip apel. Sebagian besar orang pasti tahu laptop dan ponsel yang tersemat logo apel adalah produk besutan Apple. Padahal, bisa saja ada produk tiruan yang menggunakan logo menyerupai Apple untuk meningkatkan penjualannya.

Nah, itu-lah pentingnya pengakuan merek. Produk akan ‘menancap’ pada ingatan banyak orang hanya dengan mengenali atributnya.

Untuk diketahui, saat ini konsumen lebih suka membeli barang yang sebelumnya sudah dikenalinya. Sehingga, produk yang memiliki pengakuan merek bisa dikatakan memililiki keunggulan kompetitif dari produk besutan pesaing.

Strategi Membangun Brand Recognition

jasa konsultan branding
Photo by Andrea Rondon on Unsplash

Sedikitnya ada empat strategi membangun brand recognition yang bisa Anda adopsi. Di antaranya sebagai berikut:

1. Membagikan Konten Sesering Mungkin

Tidak bisa dimungkiri, orang akan lebih cepat memutuskan untuk membeli produk ketika mereka sudah mengenal jauh suatu produk dan bagaimana nilai serta manfaat dari produk tersebut. Nah, cara terbaik untuk mengenalkan produk berikut nilai dan manfaatnya adalah dengan membagikan konten sesering mungkin.

Agar lebih bernilai positif, sebisa mungkin hadirkan konten yang informatif dengan membagikan pengetahuan terkait produk Anda. Anda dapat membagikan konten di website dan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

2. Berinteraksi dengan Konsumen

Strategi selanjutnya merujuk pada cara berkomunikasi dengan konsumen secara bijaksana. Untuk membangun hubungan baik dengan konsumen, sebaiknya gunakan brand voice yang otentik.

Anda juga dapat membangun keterlibatan konsumen dalam usaha promosi melalui kontes, program rujukan, maupun hadiah yang relevan. Ya, dengan keterlibatan konsumen secara langsung maupun tidak langsung dapat membangun pengakuan merek produk Anda dengan baik.

4. Menjadi Bagian dari Event dan Campaign

Buatlah promosi yang mengandung nilai-nilai yang lebih besar dari apa yang ingin Anda capai dan wujudkan sebagai suatu merek. Mungkin nilai tersebut tidak tampak berkaitan langsung dengan produk Anda. Namun, hal tersebut dapat menciptakan loyalitas merek melebihi apa yang dilakukan oleh produk sederhana.

Anda dapat memanfaatkan event dan campaign besar yang relevan dengan produk Anda untuk mempromosikan nilai-nilai tersebut.

5. Membangun Komunitas

Agar merek Anda dapat cepat dan mudah dikenali oleh banyak orang, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan membangun komunitas. Buatlah komunitas pengguna yang bisa memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan produk Anda.

Melalui komunitas, Anda akan lebih mudah terhubung dengan konsumen. Begitu juga konsumen akan mudah bertukar pengetahuan dengan konsumen lainnya terkait topik yang penting untuk dibahas. Semakin dikenalnya merek Anda, semakin baik pula pengakuan merek yang Anda peroleh.

Itulah pembahasan tentang strategi membangun brand recognition atau pengakuan merek berikut langkah-langkah untuk mewujudkannya.

Kembali lagi pada pertanyaan awal, sudah kah perusahaan Anda memiliki brand recognition yang baik di mata konsumen? Jika Anda merasa jawabannya adalah belum, maka izinkan kami untuk memberikan solusinya.

Ya, tentu saja berkonsultasi dengan jasa konsultan branding yang terpercaya dan berpengalaman. Mereka akan membantu Anda untuk “membedah” strategi brand recognition yang paling tepat untuk bisnis atau perusahaan Anda. Segala pertanyaan dapat Anda konsultasikan secara profesional.

Tingkatkan performa branding dan marketing bisnis Anda dengan layanan jasa konsultan branding dari Sooca Design. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang spesial.

GRATIS Mini Course

Kategori