5 tips membuat trade booth design yang menarik pengunjung

5 Tips Membuat Trade Booth Design Menyita Perhatian

Trade booth design atau desain booth pameran memiliki peranan penting dalam menarik perhatian pengunjung. Oleh karenanya, bagi Anda yang hendak mengikuti pameran, jangan sekali-kali menyepelekan desain booth pameran. Bahkan, dalam banyak kesempatan, pebisnis-pebisnis besar menggunakan jasa desain booth pameran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan meningkatnya persaingan dan stan yang lebih kompleks dari sebelumnya, Anda perlu menemukan keunggulan yang akan menarik banyak orang. Setiap brand perusahaan tentu akan berlomba-lomba untuk menarik perhatian pengunjung dengan membuat trade booth design yang unik dan menawan.

Ya, sebagai seorang pebisnis, Anda sebaiknya mengikuti pameran atau exhibition untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk/jasa. Satu hal yang perlu Anda pahami terkait pameran adalah adanya banyak kompetitor yang juga memiliki tujuan serupa, yakni memperkenalkan dan mempromosikan produk/jasa. Jadi, Anda harus menerapkan strategi tertentu agar pengunjung betul-betul terpikat pada produk/jasa yang Anda tawarkan. Atau, setidaknya pengunjung mampir ke stan Anda.

Salah satu strategi yang dapat Anda terapkan adalah membuat trade booth design yang bagus dan menarik. Strategi ini memang bukan hal baru, namun sejauh ini efektif untuk menyita perhatian pengunjung.

Apakah Anda siap untuk tampil menonjol dan membuat sesuatu yang “extraordinary” di antara lautan peserta pameran yang ketat akan persaingan? Ikuti tips membuat trade booth design yang tepat untuk pameran bisnis Anda berikutnya dan temukan cara terbaik untuk membuat dampak yang lebih besar.

Tips Membuat Trade Booth Design Menyita Perhatian

Berikut ini kami bagikan tips membuat trade booth design yang menyita perhatian. Anda dapat menerapkannya agar stan Anda ramai pengunjung.

1. Terapkan Warna Senada dengan Produk

membuat trade booth design
Image by Pinterest (marketinggenome.com)

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih warna booth yang senada dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Selain memiliki nilai artistik, cara ini juga dapat menunjukkan profesionalitas Anda dalam mendesain booth pameran.

Misalnya, produk Anda identik dengan warna biru dan putih, maka gunakanlah kedua warna itu untuk tampilan booth pameran Anda. Tampilan booth pameran seperti ini akan terlihat lebih berkarakter.

2. Tampilkan Produk dengan Baik

tips membuat trade booth design
Image by Pinterest (behance.net)

Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan pada poin kedua ini. Pertama, buat tampilan booth menyatu dengan tampilan produk yang ingin ‘dipamerkan’ ke pengunjung. Agar menyatu, Anda dapat menambahkan aksesoris penunjang seperti rak display, kursi, meja yang didesain sesuai dengan tema booth pameran.

Berikutnya, tampilkan produk secara bertingkat. Misalnya, menampilkan produk menurut yang paling diminati konsumen. Ini penting dilakukan agar pengunjung lebih mudah menemukan produk yang dibutuhkan.

Ketiga, sesuai dengan rekomendasi jasa desain booth pameran, hindari menempatkan terlalu banyak produk pada satu tempat. Ketahuilah, produk yang terlalu ‘ramai’ justru tidak enak dipandang, bahkan mengganggu pengunjung.

3. Beri Ruang yang Cukup

trade booth design
Image by Pinterest (deusjevoo.be)

Ruang booth pameran sebaiknya didesain dengan leluasa. Dengan kata lain, ruang harus ditata dengan baik agar pengunjung merasa nyaman menjelajahi semua produk-produk yang dipamerkan.

Ini tidak hanya berlaku bagi booth pameran yang berukuran besar. Booth pameran yang berukuran standar maupun kecil juga harus memiliki ruang yang leluasa dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Yang pasti produk yang dipamerkan sebaiknya terlihat dari semua sisi dan pengunjung mudah menjangkaunya.

4. Atur Pencahayaan dengan Baik

tips membuat trade booth design yang menarik pengunjung
Image by Pinterest (coroflot.com)

Jangan lupa juga untuk mengatur pencahayaan booth pameran dengan baik. Tambahkan beberapa lampu guna menyorot produk-produk yang dipamerkan. Jika perlu, pasang lampu khusus untuk menyorot produk unggulan Anda. Disebut lampu khusus berarti berbeda dengan lampu lainnya. Ini akan memberikan nilai kemenarikan tersendiri di mata pengunjung. Selain itu, Anda juga boleh menambahkan lampu-lampu aksesoris guna mempercantik booth pameran. Jadi, jangan merasa puas dengan lampu standar yang sudah disiapkan penyelenggara exhibition. Jelas hal itu kurang menarik!

5. Menggabungkan Desain Dengan Aktivitas Interaktif

jasa desain trade booth
Image by Pinterest (mackenzie-exhibit.com)

Tips membuat trade booth design yang terakhir adalah membuat aktivitas yang interaktif. Menggunakan aktivitas pasif untuk menarik orang, seperti melihat gambar desain, menonton layar video, tidak akan se-efektif menggunakan elemen interaktif untuk menarik pengunjung. Peserta akan senang berpartisipasi dalam permainan pameran, misalnya dengan cara memenangkan suatu hadiah. Tips ini akan membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di stan Anda. Di mana artinya, perwakilan Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.

Cobalah untuk menggabungkan video atau gambar desain yang membuat orang penasaran, pengadaan kuis berhadiah, atau menampilkan demo produk yang dapat diikuti orang untuk membuat mereka berinteraksi dengan konten Anda.

Itulah lima tips membuat trade booth design yang menyita perhatian calon pelanggan. Apabila Anda masih merasa kesulitan untuk merancang desain booth yang apik dan tepat sasaran, maka Anda dapat menggunakan jasa desain booth pameran dari Sooca Design.

Jangan ragu untuk menghubungi segera tim marketing Sooca Design untuk mendapatkan solusi dan penawaran spesial tentang jasa desain booth pameran secara lebih lanjut.

GRATIS Mini Course

Kategori