Ketika menjalankan bisnis, itu artinya Anda juga memiliki sebuah tanggung jawab. Salah satu diantaranya yaitu membuat beberapa jenis report seperti laporan tahunan (annual report). Jenis laporan yang satu ini dapat membantu kelancaran bisnis atau organisasi yang tengah Anda jalankan. Umumnya, annual report ini dilampirkan secara berdampingan dengan sustainability report atau laporan keberlanjutan. Tahap pembuatan annual report memang tidaklah semudah yang dibayangkan, maka dari itu banyak perusahaan akan sangat membutuhkan bantuan dari jasa pembuatan annual report yang kompeten dan berpengalaman.

Tapi, apa Anda sudah pernah mendengar tentang annual report sebelumnya? Sudah tau apa saja fungsinya? Kalau belum, yuk simak informasinya dibawah sini!

Lebih Jauh Mengenal Annual Report Perusahaan

Annual report perusahaan atau laporan tahunan adalah sebuah laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih oleh perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Karena sifatnya yang resmi dan harus bisa dipertanggungjawabkan, maka data-data yang dimuat pada annual report juga harus relevan dan akurat.

Memahami Fungsi Annual Report

Pada dasarnya fungsi dari Annual Report yaitu, sebagai informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun. Serta sebagai media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain, dan untuk meningkatkan daya tarik perusahaan di mata konsumen. Annual report berfungsi juga sebagai dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan dan menjelaskan jobdesc serta fungsi masing-masing bidang kerja perusahaan.

Persyaratan Dalam Menyusun Annual Report

Tidaklah mudah untuk menyusun annual report secara profesional. Butuh waktu yang cukup lama serta keahlian khusus agar dapat mewujudkan laporan tahunan yang sesuai dengan detail informasi perusahaan. Berikut adalah beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan ketika menyusun annual report perusahaan:

  1. Laporan dibuat untuk memberikan informasi kepada publik mengenai prestasi perusahaan.
  2. Laporan tahunan ditujukan untuk calon investor, analis keuangan, karyawan, pemerintah, serta media massa.
  3. Menentukan poin-poin penting yang akan disampaikan kepada publik.
  4. Membuat ulasan yang disertai grafik, foto, serta desain yang lengkap dan menarik.
  5. Mengelompokkan laporan keuangan berdasarkan beberapa bagian seperti ringkasan keuangan, operasi perusahaan, surat kepada investor, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, hingga informasi tentang karyawan dan direksi perusahaan.
  6. Menyertakan komentar pimpinan perusahaan dengan tujuan menunjukan bahwa manajemen mempunyai komitmen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan

Baca Juga: Kapan Waktu Tepat Untuk Membuat Annual Report

Setelah mengetahui fungsi dan cara menyusun annual report yang baik. Sudahkah Anda juga mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dipelajari dari laporan tahunan? Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Tata Kelola Perusahaan, Etika Dalam Berbisnis, dan Manajemen Risiko

Annual report memuat informasi perkembangan dan pencapaian perusahaan. Untuk mengetahui informasi tersebut maka perlu mempelajari tata kelola perusahaan, yang di dalamnya terdapat struktur dan mekanisme untuk mengatur pengelolaan perusahaan. Anda juga bisa mempelajari banyak aspek lain, seperti prinsip bisnis yang patuh dan beretika, dan bagaimana menghadapi risiko juga solusi atas risiko tersebut.

  1. Perencanaa Strategis dan Proses Pengambilan Keputusan

Laporan dari direksi merupakan salah satu isi penting dari annual report. Karena biasanya direktur utama atau komisaris utama akan memberikan informasi langsung terkait kondisi perusahaan. Dengan adanya laporan tersebut, Anda dapat mempelajari bagaimana manajemen perusahaan dalam melakukan perencanaan strategis serta bagaimana proses mereka ketika melakukan pengambilan keputusan.

  1. Proses Pelaporan dan Analisis Keuangan

Dalam annual report, Anda dapat mempelajari bagaimana proses pelaporan yang baik, dan juga tata cara dalam menganalisis keuangan. Biasanya, laporan tahunan perusahaan akan memuat secara rinci informasi tentang keuangan perusahaan dalam periode satu tahun. Analisis keuangan tersebut sangatlah penting, terutama untuk manajemen investor dan calon investor. Melalui sebuah analisis keuangan, calon investor dapat menentukan besarnya investasi yang akan ditanamkan pada perusahaan Anda.

Mengenal 10 Tahap Pembuatan Annual Report Perusahaan

Tahap Pembuatan Annual Report Perusahaan

Menurut peraturan yang ada di Indonesia, semua perusahaan yang masuk dalam daftar pasar saham memiliki kewajiban untuk membuat annual report setiap tahunnya. Namun sayang, tidak semua perusahaan mengenal tahap pembuatan annual report secara baik dan benar. Tentu saja tahap pembuatan annual report tidak bisa berlangsung secara instan. Butuh waktu, keahlian, serta ketelitian yang saling berkaitan. Berikut adalah 10 tahap pembuatan annual report perusahaan yang telah dirangkum oleh Sooca Design.

Proses Pengenalan Perusahaan Secara Singkat

Tahap pembuatan annual report yang pertama yaitu proses pengenalan perusahaan secara singkat. Pesan apa yang ingin disampaikan perusahaan dalam laporan tahunan, tujuan dan sasaran apa saja yang akan dituju? Proses ini nantinya akan mempermudah dalam penentuan kreativitas desainer di tahap berikutnya.

Proses Brainstorming

Mayoritas annual report memiliki satu tema besar yang mewakili pesan perusahaan. Dalam menentukan tema yang menarik dan tepat sasaran, tentu saja dibutuhkan proses brainstorming atau pertukaran ide. Tahap ini juga termasuk pengumpulan data-data laporan kegiatan dan laporan keuangan sebagai informasi pendukung.

Proses Pengembangan Desain

Setelah melalui proses brainstorming, tahap pembuatan annual report selanjutnya yaitu pengembangan desain. Biasanya desainer akan membuat beberapa alternatif desain, kemudian perusahaan memilih mana yang dirasa paling sesuai. Nah kalau masih belum sesuai juga dengan keinginan klien, maka desainer akan menerima revisi.

Proses Pengaturan Tampilan dan Typesetting

Jika sudah selesai dengan desain awal dari annual report, maka para desainer akan melanjutkan ke tahap pengaturan tampilan serta typesetting. Inilah saatnya merefleksikan karakteristik perusahaan melalui elemen-elemen penting seperti bentuk huruf, tampilan data berupa angka dan gambar, tabel, atau bisa juga berupa infografis.

Proses Copywriting dan Penerjemahan

Tahap pembuatan annual report tidak hanya berbicara tentang desain, tapi juga penulisan. Copywriting adalah seni untuk membuat laporan dan data menjadi sebuah bentuk tulisan yang menarik serta mudah dipahami. Jika sesuai dengan peraturan OJK, maka annual report harus dibuat dalam dua bahasa. Disinilah peran penting dari para penerjemah.

Proses Proof Reading

Apakah sudah selesai sampai disitu? Tentu saja tidak! Tahap pembuatan annual report ini masih berlanjut pada proses proof reading. Pengecekan terhadap isi konten annual report biasanya dilakukan oleh beberapa pihak dan ikut melibatkan pihak perusahaan agar tidak terjadi kekeliruan informasi sebelum naik cetak.

Proses Produksi Pra-Cetak

Tugas desainer sudah rampung? Jangan salah! Sebelum benar-benar naik cetak, seorang desainer harus memastikan desain warna, ukuran serta berapa jumlah cetak yang diinginkan oleh perusahaan. Biasanya pihak agensi akan mengirimkan dummy (contoh hasil cetak), jika belum sesuai, tentu saja akan revisi dan lembur lagi.

Proses Pencetakan Annual Report

Jika sudah masuk proses pencetakan, itu tandanya sudah tidak ada revisi dari segi desain maupun penulisan. Catatan tambahan untuk perusahaan agar tidak memesan jasa pembuatan annual report secara dadakan, karena proses cetaknya sendiri memakan waktu yang cukup lama. Lebih baik mencegah dari pada menanggulangi bukan?

Proses Quality Control

Sesudah proses cetak selesai, masih ada hal yang perlu dilakukan oleh desainer dan project manager. Mereka akan melakukan quality control atau penjaminan mutu cetakan. Setiap hasil cetak harus dipastikan sesuai dengan kualitas dummy yang sudah disepakati. Jika terjadi kesalahan, tentu saja akan menjadi tanggung jawab dari pihak percetakan.

Proses Distribusi Annual Report

Cetak beres, inikah saatnya untuk lega? Tahan sebentar! Masih ada satu tahapan lagi yaitu proses pengiriman dan distribusi. Penyerahan hasil pekerjaan annual report ini bisa saja dikirimkan ke beberapa lokasi. Pihak agensi jasa pembuatan annual report harus memastikan bahwa hasil cetak annual report telah sampai dengan selamat!

Baca juga: Agensi Jasa Pembuatan Annual Report Badan Usaha Jalan Tol

Itu tadi merupakan 10 tahap pembuatan annual report yang standard dan sesuai prosedur. Tapi bisa saja ada perubahan dalam proses eksekusinya. Baik itu proses desain, penulisan, cetak hingga pendistribusian tidak bisa dipandang sebelah mata. Selalu ada proses, kerja keras, kreativitas, dan juga komunikasi yang baik. Jika semua pihak bekerjasama dengan kooperatif, hasil pembuatan annual report yang maksimal akan lebih mudah dicapai! Masih ada yang belum dimengerti? Jangan ragu untuk berkonsultasi pada Sooca Design sebagai agensi penyedia jasa pembuatan annual report yang profesional dan terpercaya!

 

Salam hangat,

Para pejuang desain dan seluruh tim yang bertugas.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.