Dalam dunia K3 (Keselamatan dan Keselamatan Kerja) terdapat beberapa standar safety sign yang menjadi pedoman dalam menjalankan aktivitas kerja, di antaranya Occupational Safety and Health Administration (OSHA) yang merupakan badan regulator K3 di Amerika Serikat dan American National Standards Institute (ANSI), badan penerbit standar di Amerika Serikat. OSHA dan ANSi menyatukan standar safety sign pada tahun 2013. Standar safety sign Indonesia juga menggunakan OSHA dan ANSI.

Standar Safety Sign Indonesia Mengacu Pada Standar Amerika Serikat

ANSI dan OSHA menciptakan standar rambu keselamatan terbaru pada tahun 2013, tujuannya adalah agar dapat mengkomunikasikan safety sign dengan lebih komunikatif dan mudah dipahami oleh para pekerja secara global.

Diharapkan standar rambu keselamatan yang terbaru ini dapat memuat banyak hal yang lebih substantif serta menjelaskan bahaya dan bagaimana cara menghindari bahaya tersebut. Standar safety sign OSHA/ANSI ini diklaim telah melalui riset terhadap faktor manusia sehingga tampak lebih efektif dan memotivasi. Terdapat beberapa komponen baru dalam standar rambu keamanan ini. Lebih detailnya, simak pembahasan berikut.

Related post: Serba-Serbi Perihal Desain Safety Sign Perusahaan

Simbol Safety Sign Standar OSHA/ANSI

Dalam aturan OSHA/ANSI terdapat pemilihan kata untuk melambangkan situasi, yaitu jika tidak terdapat kemungkinan terjadi cedera fisik, maka safety sign termasuk dalam kategori “Notice” dengan kode warna biru. Biasanya tanda ini digunakan untuk menyampaikan informasi penting yang tidak memiliki hubungan langsung dengan bahaya.

jasa safety sign jakarta

Apabila tidak terdapat kemungkinan terjadi cedera serius hingga kematian atau hanya terjadi cedera minor hingga menengah, maka tergolong kategori “Caution” yang memiliki kode warna kuning. Selanjutnya, jika terjadi situasi berbahaya dan kemungkinan dapat menyebabkan cedera serius atau kematian, maka termasuk kategori “Warning” dengan kode warna oranye, tapi jika dapat dipastikan menyebabkan cedera serius hingga kematian, safety sign masuk dalam golongan “Danger” yang menerapkan warna merah.

jasa safety sign

Terakhir, jika rambu dapat mewakili instruksi dan informasi yang panjang tentang keselamatan, maka termasuk kategori “Safety Instruction” atau kode warna hijau.

6 Elemen Penting dalam Menentukan Safety Sign

Sebelum memutuskan untuk menyewa jasa safety sign Jakarta, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya yaitu 6 elemen penting dalam melaksanakan kewajiban pemasangan safety sign di tempat kerja.

1.     Safety Sign Assessment

Safety sign assessment adalah kegiatan survey atau penilaian untuk menentukan kebutuhan safety sign di tempat Anda bekerja. Melalui tahap safety sign assessment ini Anda dapat mengetahui jenis, ukuran, desain, material, jumlah safety sign, hingga tempat pemasangan yang tepat.

2.     Desain dan Format

Sebelum Anda memesan rambu keamanan pada jasa safety sign, ada baiknya Anda memahami bentuk dan simbol, warna, hingga format safety sign seperti yang diatur dalam standar OSHA/ANSI.

3.     Pesan Tertulis

Anda perlu mempertimbangkan signal word atau teks yang terdapat pada safety sign. Pastikan teks mengacu pada regulasi OSHA/ANSI. Pertimbangkan pula ukuran huruf agar mudah dibaca dari jarak baca aman minimum atau dalam keadaan penerangan yang kurang memadai.

4.     Material

Pemilihan material safety sign juga perlu Anda perhatikan dengan menyesuaikan kondisi dan lokasi. Jika Anda salah dalam memilih material rambu keselamatan, Anda mungkin harus sering mengganti rambu tersebut karena material yang Anda pilih tidak tahan lama dan mudah rusak.

5.     Lokasi Penempatan Safety Sign

Anda harus menempatkan safety sign yang relevan dengan lokasi di sekitar rambu tersebut. Minimal, safety sign dapat dibaca dari jarak 1,52 meter sehingga orang masih memiliki waktu untuk mengikuti petunjuk yang terdapat pada safety sign.

6.     Pelatihan

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan sebelum menempatkan rambu keselamatan adalah memberikan seluruh pekerja pelatihan mengenai arti simbol-simbol safety sign serta memahami tindakan preventif yang disampaikan tiap rambu.

Demikian pembahasan mengenai detail standar rambu keselamatan di Indonesia. Semoga dapat menjadi  panduan Anda ketika akan memesan rambu keselamatan pada jasa safety sign yang terpercaya.

Sooca Design menjadi salah satu agensi profesional dan terpercaya yang menyediakan jasa safety sign dengan kualitas terbaik. Hubungi kami segera untuk mendapatkan penawarannya dengan cara klik DISINI.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.