Saat ini telah banyak agency yang menyediakan layanan pembuatan desain safety sign hingga proses instalasinya. Pemasangan safety sign memang merupakan langkah sederhana yang efektif untuk memperingatkan para pekerja, tamu, atau kontraktor dari risiko dan bahaya di tempat kerja. Namun, sebelum Anda melakukan pemesanan pada safety sign agency, ada baiknya Anda memahami standar ukuran rambu keamanan agar Anda yakin bahwa produk yang Anda pesan sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Ketahui Standar Ukuran Safety Sign yang Efektif untuk Perusahaan

Selain memperhatikan warna, simbol, dan huruf, Anda juga perlu memperhatikan standar ukuran safety sign agar mudah dibaca dan dipahami. Akan menjadi sia-sia jika Anda telah membuat safety sign sesuai standar, tapi tidak bisa terbaca dengan baik.

Standar ukuran safety sign erat kaitannya dengan jarak baca aman minimum dan penggunaan tinggi huruf. Jarak baca aman minimum merupakan jarak terdekat di mana seseorang dapat membaca peringatan yang ada pada safety sign dan masih memiliki waktu untuk menghindari bahaya tersebut. Sementara penggunaan huruf menggunakan besaran poin dengan besaran konversi 1 mm = 3,9 poin.

Terdapat hubungan antara ukuran huruf dan jarak baca aman minimum safety sign yaitu, untuk jarak baca aman minimum kurang dari 1,2 meter, tinggi huruf yang digunakan adalah 0,4 cm atau setara 16 poin. Kemudian untuk jara baca 3 meter, tinggi huruf yang sesuai sebesar 1 cm atau setara 39 poin.

Pada jarak baca aman sejauh 30,5 meter, Anda harus menggunakan tinggi huruf 10,2 cm atau sama dengan 398 poin. Anda dapat mengetahui ketentuan detail tentang standar ukuran safety sign termasuk ukuran huruf dan jarak baca yang paling efektif. Apabila dirasa masih kesulitan dalam memahami standar ukuran yang tepat, Anda juga bisa berkonsultasi pada safety sign agency profesional seperti Sooca Design.

Cara Membuat Desain Safety Sign Yang Tepat

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat desain safety sign, yaitu pertama Anda harus mengenali potensi bahaya atau informasi yang ingin Anda sampaikan melalui safety sign. Pastikan standar yang akan Anda gunakan untuk membuat rambu keselamatan tersebut, apakah Anda akan menggunakan ISO, BSI, ANSI atau standar lainnya.

Desain Safety Sign (Safety Sign Agency)

Kemudian carilah gambar piktogram sesuai pesan yang akan Anda sampaikan melalui desain safety sign tersebut. Setelah Anda menemukan gambar yang pas, tentukan jarak baca aman minimum agar Anda dapat menentukan seberapa besar huruf yang digunakan, lalu Anda dapat menyesuaikan ukuran safety sign yang nyaman dan mudah dibaca. Anda dapat menambahkan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas sesuai gambar safety sign.

Jasa Pembuatan Safety Sign yang Sesuai Standar

Jika Anda ingin memiliki desain safety sign untuk melengkapi program Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang telah memenuhi standar, Anda dapat memanfaatkan jasa dari safety sign agency yang terpercaya dan profesional. Jasa pembuatan rambu keselamatan ini memproduksi kebutuhan safety sign untuk indoor maupun outdoor.

Untuk kebutuhan jalanan kota atau umum, biasanya standar ukuran safety sign adalah sebesar 60 x 60 cm, sementara untuk proyek dan pertambangan berukuran 90 x 90 cm. Anda juga dapat memesan safety sign untuk keperluan malam hari dengan bahan mika akrilik yang disertai lampu penerangan.

Pengerjaan safety sign menggunakan material khusus yakni sticker 3M EGP dan reflective 3M sheeting. Sementara untuk bagian daun safety sign menggunakan material plat aluminium yang memiliki ketebalan sesuai standar yaitu 1-1,2 mm.

Besi bracket pada safety sign menggunakan besi siku yang berukuran lebar 1 inci dan panjang 2,5-3 cm. Untuk tiang penyangga, menggunakan tiang besi galvanis berukuran 2-3 inci atau sesuai pesanan. Sementara pemasangan di lokasi menggunakan sistem tanam dengan semen cor.

Baca juga: Memahami Pentingnya Safety Sign di Tempat Kerja

Pemesanan desain safety sign dapat berupa produk yang lengkap beserta tiang sekaligus jasa pemasangan di lokasi, atau Anda hanya memesan daun safety sign saja. Beberapa faktor yang menentukan harga safety sign adalah ukuran, material yang digunakan, jumlah unit pesanan, serta menggunakan jasa pemasangan atau tidak. Anda juga harus jeli ketika memilih jasa pembuatan safety sign dan berkompeten di bidangnya.

Demikian pembahasan tentang serba-serbi rambu keselamatan untuk perusahaan. Pastikan perusahaan Anda telah memiliki safety sign yang tepat untuk mengurangi risiko PAK dan kecelakaan kerja.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.